MSME Tutorial

Cara Menghitung Diskon Disertai Contohnya

Penjelasan terkait pengertian diskon, jenis, rumus hitung hingga contoh perhitungannya.

Diskon lumrah dijumpai saat berbelanja, baik secara langsung di toko maupun secara online di platform e-commerce. Pada aktivitas jual beli dalam dunia bisnis, diskon menjadi hal yang dapat menguntungkan pelanggan sekaligus pelaku bisnis.

Dari sisi pelanggan, diskon dianggap menguntungkan karena dapat menghemat pengeluaran, sehingga budget dapat dialihkan untuk keperluan lain. Sedangkan, dari sisi pelaku bisnis, diskon menjadi media promosi penjualan yang efektif untuk menggaet pelanggan.

Maka dari itu, pengetahuan tentang diskon penting untuk dipahami baik oleh pelanggan maupun pelaku bisnis. Berikut ini penjelasan terkait pengertian diskon, jenis, rumus hitung hingga contoh perhitungannya.

Apa Itu Diskon?

Definisi diskon adalah pengurangan atau potongan harga dari sebuah barang dan jasa yang diberikan oleh pelaku bisnis sebagai produsen kepada pelanggan sebagai konsumen. Dalam dunia bisnis, diskon sering diterapkan oleh pelaku bisnis sebagai bentuk strategi marketing.

Diskon dianggap mampu mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli produk diskon. Semakin besar diskon yang diberikan, semakin besar pula minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Hingga akhirnya, dapat meningkatkan keuntungan penjualan bisnis.

Tak hanya itu, diskon juga kerap kali diterapkan oleh pelaku bisnis sebagai reward atau penghargaan terhadap respon pelanggan. Tujuannya agar semakin meningkatkan loyalitas pelanggan tersebut.

Rumus Hitung Diskon Berdasarkan Jenis

Umumnya, besaran diskon dinyatakan dalam bentuk persentase (%). Guna mengetahui besaran diskon dari bentuk persentase dalam bentuk rupiah, dan sebaliknya, terdapat perhitungan yang dapat diketahui dengan menggunakan rumus hitung, sebagai berikut:

Rumus Diskon Tunggal

Diskon tunggal adalah bentuk potongan harga yang diberikan tanpa perhitungan bertingkat. Misalnya, diskon 50%. Untuk mengetahui besaran diskon ini, dapat dihitung menggunakan rumus berikut:

  • Rumus pertama:

  • Rumus kedua:

Sebagai catatan, sangat menghitung harga produk diskon, persentase diskon dapat dikonversikan ke dalam bentuk desimal. Caranya, dengan persentase diskon dikalikan dengan 1/100.

Rumus Diskon Ganda

Diskon ganda adalah bentuk potongan harga yang diberikan secara bertingkat. Misalnya, diskon 60% + 40%. Cara membaca diskon satu ini, tidak dengan menjumlahkan persentase diskonnya.

Cara yang benar yakni dengan mencari tahu terlebih dahulu nilai persentase diskon pertama. Setelah itu, nilai tersebut dikalikan lagi dengan persentase diskon yang kedua. Dengan kata lain, diskon ganda merupakan diskon yang diberikan dua kali.

Untuk mengetahui besaran diskon ini dalam rupiah, dapat dihitung menggunakan rumus berikut:

Langkah Perhitungan Diskon Beserta Contoh Kasusnya

Berikut adalah langkah perhitungan diskon berdasarkan jenisnya, dengan menggunakan contoh kasus.

Contoh Diskon Tunggal

Diketahui pelaku bisnis di bidang kuliner memberikan diskon 40% pada produk makanannya yang seharga Rp100.000. Untuk mengetahui jumlah uang yang perlu dikeluarkan oleh konsumen saat membeli produk makanan yang diskon tersebut, dapat dihitung menggunakan dua cara.

  • Perhitungan dengan rumus pertama:

Diskon dalam Rupiah = (Persentase Diskon x Harga Asli Produk dalam Rupiah)

= 40% x 100.000 = 40.000

Maka, diketahui potongan harga yang diberikan oleh pelaku bisnis adalah Rp40.000. Selanjutnya, hitung harga produk setelah diskon agar konsumen mengetahui jumlah uang yang perlu dikeluarkan saat membeli produk makanan yang diskon tersebut.

Harga Produk Diskon = Harga Asli Produk dalam Rupiah – Diskon dalam Rupiah

= 100.000 – 40.000 = 60.000

Maka, jumlah uang yang perlu dikeluarkan saat membeli produk makanan yang diskon tersebut adalah Rp60.000.

  • Perhitungan dengan rumus kedua:

Harga Produk Diskon = (100% - Persentase Diskon) x Harga Asli Produk dalam Rupiah

= (100% - 40%) x 100.000 = (60%) x 100.000 = 60.000

Maka, jumlah uang yang perlu dikeluarkan saat membeli produk makanan yang diskon tersebut adalah Rp60.000.

Contoh Diskon Ganda

Diketahui pelaku bisnis yang bergerak di bidang fashion memberikan diskon 50% + 20%  pada produk unggulannya yakni jaket seharga Rp500.000. Untuk mengetahui jumlah uang yang perlu dikeluarkan oleh konsumen saat membeli jaket yang diskon tersebut, dapat dihitung dengan langkah berikut:

Harga Produk Diskon Pertama = (100% – Persentase Diskon Pertama) x Harga Asli Produk

= (100% - 50%) x 500.000 = 50% x 500.000 = 250.000

Maka, diketahui harga produk setelah dipotong oleh diskon pertama yakni menjadi Rp 250.000. Untuk mengetahui jumlah uang yang perlu dikeluarkan konsumen saat membeli jaket dengan diskon bertingkat, dapat dilanjutkan dengan menghitung diskon kedua.

Harga Produk Diskon Kedua  = (100% – Persentase Diskon Kedua) x Harga Produk Diskon Pertama

= (100% - 20%) x 250.000 = 80% x 250.000 = 200.000

Maka, jumlah uang yang perlu dikeluarkan konsumen saat membeli jaket dengan diskon bertingkat tersebut adalah Rp200.000.

Demikian penjelasan terkait pengertian, jenis, rumus hitung hingga contoh perhitungannya diskon. Semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter