1. DScovery

Cara Log Out dan Hapus Akun Google di Perangkat Lain

Langkah ini diambil untuk mencegah resiko pelanggaran privasi dan penyalah-gunaan lainnya

Seperti yang diketahui, akun Google memiliki kelebihan  yaitu kamu bisa login dengan akun yang sama di banyak perangkat. Sehingga data-data seperti kontak, aplikasi, unduhan, browser, dan email akan tersimpan dengan sama persis.

Fitur penyimpanan digital membuat kamu bisa mengsinkronisasikan data-data yang tersimpan lewat Google. Sayangnya, kemudahan ini punya resiko mengancam ketika perangkatmu beralih tangan entah karena hilang atau dijual sebelum sempat menghapusnya.

Buruknya, bisa saja akun Googlemu yang terkoneksi di banyak aplikasi kan disalahgunakan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab Google sendiri juga menyediakan fitur yang dapat menghapus atau log out akun Google dari perangkat lain secara jarak jauh.

Berikut langkah-langkah untuk menghapus atau log out akun Google secara remote atau jarak jauh.

  • Buka halaman https://myaccount.google.com atau klik di sini.
  • Kemudian Sign in menggunakan akun Google yang kamu ingin hapuskan.
  • Setelah login, klik Login & keamanan.
  • Geser layar ke bawah, temukan heading Aktivitas & notifikasi perangkat. Bagian ini memuat daftar perangkat yang telah atau pernah mengakses akun tersebut. Kamu bisa perhatikan ada tidak perangkat yang sudah dijual atau hilang. Jika ada, klik Tinjau Perangkat.
  • Pilih perangkat yang ingin dihapus, kemudian klik tombol Hapus.
  • Berikan konfirmasi dengan mengklik tombol Hapus sekali lagi.
  • Berhasil, perangkat sudah dihapus. Maka, secara otomatis perangkat tersebut akan logout dari akunmu.

Beberapa Hal Penting Terkait Akun Google di Android

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan terkait akses akun Google dalam perangkat Android

  • Perlu sobat ketahui, bahwa data-data seperti kontak, email, catatan, kalender, unduhan aplikasi bisa kamu akses di perangkat berbeda dengan syarat kamu harus login dengan email yang sebelumnya dipakai. Misalnya kamu membeli smartphone Android baru. Kamu tidak perlu repot memindahkan kontak, karena begitu login dengan akun yang sama, maka kontak juga otomatis ikut berpindah ke perangkat yang baru.
  • Sinkronisasi data bisa dimatikan dengan cara masuk ke menu Settings - Akun - Google - Sync kemudian hilangkan tanda centang pada data yang ingin dikeluarkan dari item-tem sinkonisasi.
  • Data kontak bisa eksport ke smartphone, ke cloud bahkan ke email lainnya selama UI perangkatmu menyertakan tool untuk melakukannya. Tapi, secara default, Android memungkinkan hal itu dilakukan.
  • Meskipun data aplikasi dan game dipertahankan, tetapi perlu dicatat bahwa progress sampai di mana level permainan yang kamu mainkan tidak akan ikut serta. Kecuali jika game atau aplikasi bersangkutan menggunakan dukungan Google Play Game, maka semua progress yang tersimpan akan kamu temukan di perangkat yang baru.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again