26 January 2016

by Bambang Winarso

5 Cara Melegakan Memori Internal Smartphone Android yang Penuh

Memori internal yang penuh akan mendatangkan banyak masalah

Memori internal baik di smartphone maupun tablet mempunyai peran yang sangat vital. Ia menjadi tempat untuk menyimpan segala macam berkas mulai dari aplikasi, game, foto, video, lagu sampai dengan sampah-sampah berwujud cache. Memori pada umumnya mempunyai kapasitas yang beragam namun terbatas, dengan kata lain, ketika daya tampung maksimalnya sudah tercapai, maka memori tersebut akan kehilangan fungsi optimalnya.

Oleh karena itu, apabila memori internal sudah penuh, Anda akan kesulitan memasang aplikasi baru, menyimpan berkas atau bahkan beberapa orang menjumpai performa perangkat yang menurun. Solusinya hanya satu, yaitu melegakan memori internal tersebut. Berikut adalah 5 cara yang dapat dilakukan jika Anda ingin menghadapi memori internal yang sudah menjerit kepenuhan.

Menghapus aplikasi bloatware

Aplikasi bloatware adalah aplikasi-aplikasi bawaan yang sudah terpasang sejak pertama kali smartphone atau tablet dibeli. Sayangnya, kebanyakan aplikasi-aplikasi bawaan tidak terlalu vital, sehingga bukanlah ide yang buruk jika Anda berencana menghapus aplikasi semacam ini.

Hanya saja tak sedikit aplikasi bloatware yang sulit dicopot dari perangkat. Tapi jika Anda ingin mencoba, paling tidak Anda dapat menon-aktikan aplikasi agar tak berjalan di belakang layar. Caranya, tap Setting - App - All. Kemudian tap aplikasi yang ingin dinon-aktifkan, lalu tap Disable.

Menghapus Cache

Cache memang bukan sampah yang sepenuhnya tidak dibutuhkan, tapi dalam periode tertentu, sangat bagus bila cache dibersihkan secara berkala. Sebab, seiring waktu, cache akan semakin besar dan bila diakumulasikan dengan jumlah aplikasi dan game, maka kapasitasnya juga semakin besar.

Kami juga pernah mengulas tutorial menghapus cache yang dapat Anda baca di artikel ini dan ini. Atau tonton video tutorialnya di sini.

Hapus Unduhan

Ketika Anda mengunduh berkas, apapun berkasnya, perangkat akan secara otomatis menyimpan berkas di folder Download. Dalam banyak kasus, ketika berkas tersebut berupa aplikasi, ia akan terabaikan setelah terpasang. Untuk itu, cobalah cek folder ini kemudian hapus konten folder jika mendapati berkas yang tersimpan tapi tidak dipergunakan.

Pindahkan Berkas, Aplikasi dan Game ke Memori Eksternal

Cara melegakan memori internal berikutnya adalah dengan memindahkan aplikasi atau game ke memori eksternal. Memang trik ini tidak selamanya bekerja, karena tidak semua aplikasi dapat dipindahkan. Namun apabila Anda berhasil memindahkan beberapa di antaranya, itu sudah sangat membantu mengosongkan memori internal.

Foto, video dan musik bisa juga dipindahkan ke memori eksternal. Cara ini sangat efektif untuk melegakan memori internal Anda.

Gunakan Layanan Cloud

Atau, alterntifnya Anda dapat memindahkan berkas foto, video dan musik ke layanan cloud yang terintegrasi. Google Photos adalah pilihan terbaik untuk berkas foto dan video, ada juga layanan Flickr atau Dropbox sebagai alternati lain. Sementara untuk musik, ada baiknya menggunakan layanan streaming yang relatif tidak membutuhkan memori penyimpanan.

Itu dia beberapa tips cara melegakan atau mengosongkan memori internal smartphone Android yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat dan silahkan dipraktikkan.

Sumber gambar header Shutterstock.