DScovery

Bagaimana Cara Membangun Personal Branding di Tahun 2022?

Untuk menuju karir yang sukses, kamu perlu memiliki personal branding. Artikel berikut akan menjawab bagaimana cara membangun personal branding di tahun 2022.

Personal branding menjadi topik hangat yang sering dibicarakan, sebenarnya apa itu personal branding? Apakah personal branding bisa membawa kesuksesan dan bagaimana cara membangun personal branding yang baik?

Secara garis besar, personal branding adalah cara diri untuk membentuk siapa sebenarnya diri kamu dan apa yang dapat kamu lakukan. Terkadang personal branding juga digunakan untuk menentukan persepsi orang lain terhadap diri kita agar bisa mencapai sebuah tujuan.

Ada banyak manfaat memiliki personal branding yaitu kamu akan memiliki kepercayaan diri yang kuat, memiliki peluang yang besar dibandingkan orang lain, dan juga fokus terhadap diri kamu sendiri.

Lalu, bagaimana cara membangun personal branding? Berikut langkah-langkahnya.

Cara Membangun Personal Branding

1. Tentukan siapa diri kamu

Mengutip dari Northeastern University, cara pertama untuk membangun personal branding adalah menentukan siapa diri kamu sebenarnya. Di poin ini kamu bisa mengintropeksi diri untuk melihat apa kelebihan dan kekurangan diri kamu.

Sehingga, kamu bisa mencatat kelebihan dan kekurangan diri kamu untuk menentukan apa yang bisa kamu kerjakan atau apa yang tidak bisa kamu kerjakan. Intropeksi diri ini juga bisa dilakukan dengan bertanya kepada teman, kerabat, atau keluarga.

Tentunya kelebihan dan kekurangan kamu akan berkembang seiring waktu, maka dari itu kamu bisa fokus untuk mengembangkan skill atau kekuatan kamu.

2. Membangun kepercayaan orang lain

Percaya dengan orang lain merupakan salah satu hal yang memang harus kita lakukan. Walaupun, tidak semua orang bisa dipercaya. Namun, dengan begitu kamu harus bisa membangun kepercayaan orang lain terhadap diri kamu terlebih dahulu.

Setelah orang-orang bisa mengenal kamu, dengan mendapatkan kepercayaan orang lain berarti mereka mengakui apa yang kamu miliki. Mendapatkan kepercayaan dari orang lain juga bisa membantu kamu mendapatkan sebuah pekerjaan.

3. Memiliki Kepribadian

Memiliki sebuah kepribadian sebagai salah satu ciri karakteristik diri ini bisa menunjukkan siso profesional kamu. Dilansir dari Indeed, memiliki karakteristik juga bisa digunakan untuk menggali kepribadian kamu dan tentunya memiliki kepribadian positif bisa mendapatkan respon yang positif juga dari orang lain.

Beberapa karakteristik dalam personal branding yang setidaknya kamu miliki adalah etos kerja yang kuat, dedikasi, berpengetahuan luas, dan kreativitas.

4. Konsisten

Setiap orang mungkin akan berkembang setiap saat. Namun, tentunya kamu juga harus konsisten dalam pekerjaan atau juga kepribadian. Agar, orang lain bisa terus mengingat kelebihan kamu.

Konsisten di sini lebih baik ke arah yang positif seperti kamu selalu menepati janji, mengerjakan tugas tepat waktu, atau selalu berpenampilan rapi.

5. Membangun relasi

Membangun relasi atau memperluas jaringan pertemanan ini sangat penting dilakukan agar kamu bisa bergabung dengan lingkaran yang lebih profesional.

Apalagi jika kamu ingin terus mengembangkan karir, memperluas jaringan itu dapat membantu pertumbuhan karir kamu. Kamu bisa mengenal banyak orang di berbagai industri. Sehingga, dari mereka juga bisa merekomendasikan kamu.

Semakin banyak kamu mengenal orang lain juga maka semakin banyak orang yang dapat mengenal diri kamu secara pribadi. Membangun relasi tidak hanya dengan cara langsung, kamu dapat terhubung melalui Linkedin atau Email.

6. Menggunakan media sosial sebagai personal branding

Saat ini banyak orang yang memanfaatkan media sosial, baik sebagai hiburan atau sebagai kebutuhan bisnis. Nah, kamu bisa menggunakan media sosial juga sebagai personal branding, karena tidak semua orang dapat bertemu dengan kamu secara langsung.

Sehingga, kamu bisa memperkenalkan diri kamu melalui media sosial. Kamu bisa berbagai tentang pekerjaan, apa hal yang kamu sukai, atau hanya berbagi pendapat tentang isu yang terjadi. Jika, kamu memiliki skill desain juga media sosial bisa dijadikan personal branding terhadap karya-karya kamu. Kamu bisa mendapatkan dukungan dan berbagai respon dari orang lain.

Membangun personal branding sebenarnya bisa dilakukan di mana saja apapun platform nya. Bahkan dengan adanya teknologi digital, membuat cara membangun personal branding lebih mudah,

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again