1. DScovery

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger untuk Pemula

Ingin memulai menulis di blog? Buat blogmu secara gratis di Blogger.

Blogging

merupakan salah satu aktivitas yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Jika dahulu blogging
hanya dilakukan sebagai kegiatan menyalurkan hobi menulis, maka kini blogging
juga bisa dilakukan untuk menunjukkan profesionalitas seseorang. Bahkan, menulis blog juga dapat dimanfaatkan untuk branding.

Nah, untuk kamu yang baru ingin memulai blogging, DailySocial.id akan menjelaskan cara membuat blog di Blogger. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel berikut.

Apa itu Blogger?

Blogger merupakan platform penyedia layanan untuk menerbitkan sebuah blog. Platform dari Google ini sudah terkenal di kalangan pemilik blog, karena memiliki fitur-fitur sangat berguna untuk mengatur aktivitas blogging. Blogger membuat aktivitas blogging

menjadi mudah dan gratis.

Blogger adalah platform blogging

terpopuler kedua setelah WordPress. Sejauh ini, menurut data dari Built With tahun 2022, pengguna Blogger telah mencapai 1,2 juta situs web, di mana 28.000 di antaranya berasal dari Indonesia.

Kelebihan Blogger

1. Fitur dan Biaya

Kelebihan Blogger yang paling utama adalah dapat digunakan secara gratis oleh penggunanya. Meskipun hal ini berarti kamu tidak dapat menentukan alamat situs webmu sendiri, namun kamu tetap dapat menikmati fitur-fitur pengelolaan web yang diberikan oleh Blogger secara gratis.

Fitur-fitur yang disediakan Blogger antara lain, mulai dari penulisan konten, statistik blog, mendesain tampilan, hingga memonetisasi situs webmu.

2. Integrasi Akun

Blogger dapat terintegrasi ke semua layanan Google menggunakan satu akun, seperti Google Analytics, Google Adsense, dan Google Adword. Hal ini tentunya dapat memudahakanmu dalam mendapatkan fasilitas dan aksesibilitas dalam satu akun.

3. Keamanan

Karena Blogger masih berada dalam server Google, jadi kamu tidak perlu meragukan keamanannya lagi. Meskipun begitu, tetaplah berhati-hati saat menggunakan fitur tambahan dari pihak ketiga, karena hal tersebut berada di luar kendali Google.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Sebelum membuat blog di Blogger, kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki akun Google yang aktif. Jika sudah, maka simak langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Blogger pada browser-mu, atau buka dengan link https://www.blogger.com/.
  • Kemudian, klik Create Your Blog, lalu login dengan akun Google-mu.
  • Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi beberapa hal yang diperlukan untuk blogmu, seperti judul blog, alamat website, serta nama profilmu. Untuk alamat website, jika alamat yang kamu isi sudah digunakan oleh orang lain, maka Blogger akan memintamu untuk mengganti ke nama alamat lainnya.
  • Jika semua sudah terisi, klik Create Blog, lalu kamu akan diarahkan ke dashboard
    blog. Dashboard
    blog adalah halaman kontrol utama blog milikmu, di mana kamu dapat memposting konten, mendesain tema, melihat statistik blog, dan lain sebagainya.
  • Jika kamu ingin melihat tampilan blog milikmu, klik View Blog
    di bagian sudut bawah dashboard.
  • Nah, sekarang blogmu telah dibuat dan siap diisi dengan berbagai konten sesuai keinginanmu.

Nah, kamu bisa menerapkan langkah-langkah di atas ketika hendak membuat blog di Blogger. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam membuat blog yang sesuai dengan keinginanmu. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again