MSME Tutorial

7 Tips untuk Mulai Membuat Konten di Instagram

Simak tujuh tips dalam cara membuat konten di Instagram untuk branding dan promosi.

Cara membuat konten di Instagram sebenarnya cukup mudah. Namun, memang ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mulai membuat konten. Hal-hal tersebut akan terangkum dalam tujuh tips membuat konten di Instagram di bawah ini.

Tips Membuat Konten di Instagram

Tak bisa dipungkiri, kini Instagram merupakan media sosial yang berperan penting dalam menciptakan branding dan promosi. Dapat dikatakan semua brand kini memiliki akun media sosial Instagramnya masing-masing untuk menunjukkan jati diri mereka (branding) dan tentunya melakukan promosi produk.

Di Instagram, branding dan promoting ini dapat dilakukan melalui konten. Istilah konten sendiri dalam KBBI memiliki arti berupa informasi yang tersedia di media maupun produk elektronik. Informasi yang disediakan melalui konten ini harus memiliki isi atau pesan yang dapat diambil oleh audiences.

Untuk itu, terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum Anda mulai membuat konten di Instagram. Berikut adalah tujuh di antaranya.

Tentukan Tujuan yang Jelas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tujuan pembuatan konten. Tujuan disini berarti apa yang ingin Anda capai dengan membuat konten. Adanya tujuan dapat membantu Anda untuk terus fokus dalam membuat konten.

Anda bisa menentukan goals konten seperti apakah Anda ingin membuat konten untuk mengedukasi audiences mengenai sesuatu, menghibur audiences, atau lainnya.

Tentukan Look dan Voice

Setelah memiliki tujuan yang jelas, selanjutnya Anda perlu menentukan look dan voice. Look maksudnya adalah tampilan dari konten yang akan Anda buat, seperti palettecolor yang akan Anda gunakan dan font. Umumnya, tampilan konten pada Instagram suatu brand memiliki tema yang sama sehingga terlihat rapi dan akan memanjakan mata mereka yang melihatnya.

 

 

Look atau tampilan Instagram juga bisa menjadi suatu hal yang akan diingat oleh audiences sebagai ciri khas Anda. Lalu, voice adalah karakter yang mewakili brand Anda dan nantinya menentukan bagaimana cara Anda berinteraksi dengan audiences.

Kenali Audiences

Mengenali audiens menjadi hal penting berikutnya sebelum Anda mulai membuat konten. Lakukanlah analisa mengenai siapa audiens Anda, apa yang mereka sukai, berapa kisaran umur mereka dan lainnya. Dengan mengenali audiens, Anda dapat melihat kira-kira konten seperti apa yang bisa Anda buat dan akan disukai.

Manfaatkan Feed, Story, dan Reels

Instagram adalah salah satu media sosial dengan bentuk konten yang beragam. Di antaranya ada konten dalam bentuk feed, story, IGTV, hingga Reels. Anda dapat memanfaatkan semua bentuk konten yang tersedia di Instagram sebagai variasi agar audiens tidak merasa bosan dengan bentuk konten yang monoton.

 

 

Perhatikan Penulisan

Ketika membuat konten, Anda tentu ingin audiens bisa menikmati dan menerima informasi yang Anda sampaikan melalui konten tersebut. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, khususnya dalam hal penulisan, agar informasi dalam konten bisa sampai kepada audiences.

Pertama, pikirkan baik-baik headline konten. Headline dalam content writing adalah salah satu bagian terpenting karena merupakan kumpulan kata yang akan dilihat audiens pertama kalinya dan harus mampu menarik perhatian audiens untuk membaca konten hingga selesai.

Kedua, pastikan informasi pada konten ditulis dengan jelas agar audiens tidak bingung dan pesan bisa tersampaikan. Manfaatkan fitur caption untuk memberikan penjelasan apabila informasi yang ditampilkan pada foto atau video hanya sedikit. Namun, pastikan caption tidak ditulis terlalu panjang agar audiens tidak malas membacanya.

Be Creative

Tips selanjutnya untuk membuat konten di Instagram adalah be creative. Jadilah kreatif dengan memposting konten yang tidak monoton. Terdapat banyak sekali topik konten yang bisa Anda pilih dan fitur Instagram yang bisa Anda gunakan untuk berkreasi.

Sebagai contoh, apabila Anda berencana membuat konten untuk brand fashion wanita, Anda bisa membuat konten games melalui story, fun fact pada feed, inspirasi outfit of the day dengan Reels, dan lainnya.

Buat Jadwal Posting

Dalam membuat konten di Instagram, konsisten adalah kuncinya. Jadi, akan lebih baik jika Anda membuat jadwal untuk posting konten setiap harinya. Dengan terus konsisten mem-posting konten terjadwal, audiens dapat melihat keseriusan dan keaktifan Anda dalam menyajikan konten untuk mereka.

Apabila Anda terlihat aktif di mata audiences, hal ini juga bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk para audiences yang belum mengikuti Anda untuk kemudian memutuskan untuk mengikuti.

Itu dia cara membuat konten di Instagram untuk Anda yang baru ingin mulai membuat konten untuk keperluan branding ataupun promosi. Perencanaan yang matang tentu bisa membantu Anda untuk terus fokus dan konsisten dalam membuat konten, serta meraih goals yang sebelumnya telah Anda tentukan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter