1. DScovery

Cara Membuat Kuesioner di Google Form, Dijamin Mudah dan Cepat

Membuat kuesioner di Google Form bisa dilakukan secara cepat, mudah, dan efektif.

Selama ini, Google dikenal sebagai salah satu mesin pencari yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan pencarian di internet. Kini, Google mengembangkan layanannya dengan menyediakan berbagai fitur baru, seperti Gmail, Google Docs, Google Sheets, hingga Google Form.

Google Form merupakan layanan yang berfungsi sebagai media penyedia layanan survei atau kuesioner yang dapat diatur dengan mudah oleh pengguna. Selain mudah digunakan, penggunaan Google Form juga gratis tanpa dipungut biaya.

Nah, lalu bagaimana cara membuat kuesioner di Google Form? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Jenis-Jenis Kuesioner

Sebelum mempelajari cara membuat kuesioner di Google Form, sebaiknya kamu perlu memahami tentang kuesioner terlebih dahulu. Kuesioner adalah salah satu metode pengumpulan data yang berisi daftar pertanyaan yang digunakan sebagai instrumen dalam penelitian kuantitatif.

Kuesioner berfungsi sebagai alat untuk mendapatkan informasi mendapatan informasi yang valid dari responden. Selain itu, kuesioner juga digunakan untuk mengukur variabel yang bersifat faktual dalam penelitian kuantitatif.

Kuesioner juga digolongkan menjadi empat jenis, yakni:

Kuesioner Tertutup

Kuesioner tertutup merupakan kuesioner yang menggunakan pertanyaan yang sifatnya tertutup, sehingga respoden dapat memilih jawaban yang telah tersedia. Biasanya, kuesioner jenis ini digunakan untuk memudahkan peneliti dalam mengolah data.

Kuesioner Terbuka

Berbeda dengan kuesioner tertutup, kuesioner terbuka menggunakan pertanyaan yang dapat dijawab oleh responden secara bebas. Kusioner jenis ini digunakan untuk mendapatkan data yang lebih bervariasi.

Kuesioner Terbuka dan Tertutup

Kuesioner jenis ini menggabungkan pertanyaan yang terbuka dan tertutup. Data yang didapatkan dari kuesioner ini mudah diukur dan sesuai fakta.

Kuesioner Semi Terbuka

Terakhir, kuesioner semi terbuka hampir sama dengan kuesioner tertutup, di mana setiap pertanyaan memiliki pilihan jawaban masing-masing. Bedanya, responden dapat memberikan jawaban lain jika jawaban yang tersedia tidak cocok.

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Untuk membuat kuesioner di Google Form, pastikan sudah log in dengan menggunakan akun Google. Jika sudah, maka lakukan langkah-langkah berikut.

  • Buka Google Form, atau kamu bisa membuka link ini forms.google.com melalui browser-mu.
  • Untuk membuat kuesioner baru, klik pilihan Blank di sebelah kiri.
©Form-Publisher
  • Jika sudah terbuka, kamu bisa mengganti judul kuesionermu sesuai kebutuhanmu. Kamu juga bisa klik Form Description untuk memberikan deskripsi singkat mengenai kuesionermu.
©Form-Publisher
  • Setelah itu, kamu bisa mengatur dan menyesuaikan tipe pertanyaan sesuai dengan jenis kuesioner yang kamu gunakan, dengan memasukkannya pada kolom Question Title dan Question Type.
©Form-Publisher
  • Google Form juga telah dilengkapi fitur untuk menambahkan gambar, di mana kamu bisa menambahkannya dengan klik ikon Gambar atau Video yang terletak di bagian kiri.
©Form-Publisher
  • Jika ingin menyesuaikan tema kuesionermu, kamu bisa melakukannya dengan klik ikon Tema yang terletak di sudut kanan atas halaman.
©Form-Publisher
  • Jika kuesionermu sudah siap, kamu bisa menyebarkannya dengan link atau membagikannya melalui email.
©Form-Publisher

Nah, itulah langkah-langkah membuat kuesioner di Google Form. Kamu juga bisa menghubungkan kuesionermu dengan Google Sheets untuk memudahkanmu melakukan analisis data terkait hasil kuesionermu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again