1. DScovery

Cara Membuka Situs yang Diblokir Secara Aman

Beberapa situs terkadang diblokir karena belum emndapatkan izin di negara terkait, meskipun bisa jadi situs tersebut legal dan tidak mengandung unsur negatif. Untuk itu berikut cara membuka situs yang diblokir secara aman yang dapat kamu lakukan.

Beberapa situs yang tersedia di google terkadang tidak bisa dibuka, muncul tulisan bahwa situs diblokir, situs tidak dapat diakses atau bahkan tulisan bahwa situs berbahaya dan mencurigakan.

Kondisi tersebut biasanya terjadi karena beberapa hal, bisa karena adanya laporan mengenai situs tersebut yang dianggap mencurigakan, menampilkan konten yang ilegal, isi konten dianggap berbahaya dan tidak bermoral, tempat orang-orang biasanya mendapatkan informasi judi dan lain sebagainya.

Meskipun demikian pemblokiran yang terjadi pada suatu situs berbeda berdasarkan kebijakan setiap negara, seperti misalnya jika suatu situs diblokir di Indonesia belum tentu situs tersebut diblokir di luar negeri. Salah satu alasannya adalah situs website atau bahkan aplikasi tersebut belum mendaftarkan dirinya ke penyelenggara sistem elektronik, sehingga mereka belum mendapatkan izin secara legal untuk beroperasi di Indonesia.

Oleh sebab itu, terkadang orang-orang mengakalinya dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling umum digunakan di Indonesia adalah aplikasi VPN yang memungkinkan pengguna menyambungkan jaringan miliknya pada situs website yang sebelumnya tidak dapat diakses. 

Untuk menggunakan VPN membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar, sehingga terkadang memori di dalam handphone akan lebih besar. Sebagai solusi atas masalah tersebut, terdapat beberapa cara membuka situs yang diblokir lainnya yang dapat digunakan. Berikut ini beberapa tutorial cara membuka situs yang diblokir secara aman.

Cara Membuka Situs Blokir dengan Situs Proxy

Situs proxy adalah layanan yang memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk dapat membuka blokir situs website yang kita butuhkan. Proxy akan mengirimkan kembali akses website yang telah diblokir melalui koneksi SSL (Secure Socket Layer) sehingga akan membantu pengguna untuk mengakses situs tersebut. Berikut ini tahapan penggunaan proxy:

  1. Kunjungi situs website resmi proxy pada laman berikut https://www.proxysite.com/id/
  2. Pada layar menu utama akan ditampilkan kolom ‘enter URL’ yang dapat digunakan untuk memasukan link situs yang terblokir
  3. Jika sudah memasukan link tersebut, pastikan kamu memilih lokasi server yang telah disediakan dan klik Go
  4. Tunggu hingga situs yang kamu inginkan muncul, setelah selesai kamu bisa menggunakannya
  5. Kamu pun sudah bisa mengakses situs yang sebelumnya telah diblokir

Cara Membuka Situs Blokir dengan Google Chrome

Cara lain yang dapat kamu gunakan untuk membuka situs blokir dengan menggunakan browser google chrome. Situs ini merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mencari dan juga mengakses suatu informasi secara online melalui google. Berikut ini cara membuka situs yang diblokir secara aman menggunakan google chrome:

  1. Kunjungi browser google chrome di ponsel atau laptop milikmu
  2. Masuk pada bagian setting google chrome yang ada di pojok kanan atas dengan ikon titik tiga bertingkat
  3. Pilih menu privasi dan keamanan, selanjutnya ubah pengaturan DNS milikmu menjadi ‘aktif’ untuk meningkatkan privasi dan keamanan pada google chrome
  4. Klik opsi cloudflare 1.1.1.1 setelah berhasil mengaktifkan pengaturan DNS pada google chrome di ponsel atau laptop
  5. Selanjutnya kamu dapat menyimpan perubahan settings tersebut dan kunjungi situs website yang sebelumnya telah diblokir
  6. Jika situs website berhasil diakses maka kamu telah berhasil membuka situs blokir dengan google chrome

Cara Membuka Situs Blokir dengan Browser Opera

Browser opera adalah salah satu platform website yang terdiri atas perangkat lunak untuk mengakses internet. Biasanya di setiap laptop sudah terdapat aplikasi browser opera. Situs ini bisa digunakan juga untuk membuka situs blokir, berikut tahapannya:

  1. Lakukan pengunduhan atau ‘run administrator’ jika browser opera mu belum bisa digunakan
  2. Setelah memastikan bahwa browser dapat digunakan, maka klik menu ‘settings’ pada opera
  3. Masukan kata ‘VPN’ pada kolom browser yang tersedia pada halaman settings opera.
  4. Klik aktifkan fitur VPN pada browser opera
  5. Membuka halaman baru dengan klik ‘new tab’ dan pastikan di samping kotak pencarian terdapat ikon VPN
  6. Selanjutnya kamu bisa mengakses kembali situs yang sebelumnya sudah diblokir
  7. Jika situs tersebut bisa kamu buka, maka VPN Opera mu sudah berhasil di aktifkan dan berhasil membuka blokir situs

Sekian informasi mengenai beberapa tutorial cara membuka situs yang diblokir dengan aman. Tidak perlu khawatir lagi untuk tidak dapat mengakses situs yang berasal dari luar negeri. 

Meskipun demikian perlu diingat bahwa, situs yang telah diblokir terkadang memiliki alasan keamanan sehingga kamu juga perlu mempertimbangkan hal tersebut sebelum membuka situs yang diblokir. Semoga informasi yang telah dijelaskan di atas dapat membantu mempermudah dirimu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again