1. DScovery

6 Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka.

Play Store adalah toko aplikasi untuk perangkat android yang dikembangkan oleh Google, mereka memiliki berbagai macam aplikasi dan game di dalamnya. Playstore juga digunakan untuk memperbarui aplikasi, serta mengelolanya.

Play Store penting karena membantu kamu menemukan aplikasi dan game baru dengan mudah sehingga kamu dapat menggunakan perangkat dengan lebih efisien. Selain itu, memudahkan untuk memperbarui aplikasi kamu agar selalu terbarui dengan fitur-fitur terbaru.

Namun seringkali terdapat masalah pada pengguna android, yaitu Play Store yang tidak dapat dibuka. Adakah cara untuk mengatasi masalah ini?

Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Play Store adalah salah satu aplikasi terpenting jika kamu menggunakan android. Ini adalah tempat di mana kamu akan menemukan semua aplikasi, game, dan bahkan film favorit kamu. Jika kamu pernah mengalami masalah dengan aplikasi ini, kamu pasti merasakan kekecewaan.

Berikut ini adalah cara memperbaikinya dengan mudah:

Uninstall Pembaruan Play Store

Jika kamu mengalami masalah dengan Play Store, ada beberapa hal berbeda yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Salah satu masalah yang paling umum adalah Play Store tidak dapat dibuka.

Cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan membuka Pengaturan dan buka Apps & Notifications > App Info > Google Play Store (jika tidak muncul di sana, buka Apps & Notifications > See All Apps > Google Play Services). Dari sana, tekan Uninstall update.

Bersihkan Cache dan Data di Google Play Service

Saat kamu mengalami masalah dengan Google Play Store, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghapus cache dan data di Google Play Service untuk dapat memperbaiki banyak masalah.

Untuk melakukan hal ini, kamu bisa klik Settings > Apps & notifications > pilih "Google Play services" lalu pilih "Storage." Jika sudah, kamu dapat mencari "Clear cache" lalu pilih. Selanjutnya, pilih "Clear data."

Periksa RAM HP

Jika kamu kesulitan membuka Google Play Store, mungkin karena RAM kamu tidak memiliki ruang lagi. Beberapa pengguna telah menemukan bahwa ketika memori ponsel mereka rendah, itu dapat menyebabkan masalah dengan aplikasi tertentu.

Untuk memeriksa RAM kamu, buka Settings > Apps & Notifications > Memory Usage. Jika kamu melihat aplikasi yang menggunakan terlalu banyak memori, pertimbangkan untuk menutupnya atau meng-uninstallnya.

Menyesuaikan Tanggal dan Waktu

Coba sesuaikan pengaturan tanggal dan waktu kamu. Jika ini salah, Play Store tidak akan dapat terhubung dengan server Google dan mendapatkan informasi yang diperlukan untuk dimuat dengan benar.

Kamu dapat menyesuaikan tanggal dan waktu di HP kamu. Kamu dapat melakukan ini dengan membuka Settings > Date & Time, lalu pilih Set Date & Time. Pastikan sudah sesuai dengan waktu wilayahmu.

Matikan WiFi, Proxy, VPN

Play Store adalah layanan yang berjalan di latar belakang dan memeriksa pembaruan aplikasi di HP kamu. Aplikasi ini juga memeriksa pembaruan saat kamu membukanya. Ketika tidak dapat terhubung ke internet, maka akan gagal melakukan hal-hal ini.

Kamu dapat mematikan WiFi, Proxy, VPN dengan tujuan agar pembaruan menjadi berjalan cepat karena menggunakan jaringan seluler. Karena ketiga hal itu seringkali tidak berjalan lancar dan tidak membuat pembaruan berjalan cepat.

Restart HP

Jika Play Store tidak dapat dibuka, ada beberapa hal yang dapat kamu coba. Kamu dapat mencoba melakukan restart HP. Hal ini dapat menyelesaikan banyak masalah dan sering kali, itu cukup untuk membuat aplikasi berfungsi kembali.

Memulai ulang HP kamu akan menghapus gangguan sementara dan membersihkan semua “sampah” yang menumpuk dari waktu ke waktu dan membuat semuanya berjalan lancar kembali.

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk memperbaiki Google Play Store yang tidak dapat dibuka, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again