1. DScovery

3 Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara mengembalikan aplikasi bawaan android yang hilang.

Aplikasi bawaan atau aplikasi default merupakan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya di perangkat Android kamu. Aplikasi ini telah disetel menjadi default untuk tugas tertentu, seperti membuka jenis file tertentu atau memutar musik.

Ada beberapa aplikasi default yang tidak dapat kamu uninstall, tetapi ada aplikasi lain yang dapat kamu singkirkan jika diinginkan.

Aplikasi ini antara lain Google Chrome, Google Play Music, dan Gmail. Mereka disebut default karena sudah ditetapkan sebagai aplikasi default untuk fungsi tertentu di perangkat kamu.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang

Aplikasi bawaan atau aplikasi default pada perangkat Android adalah aplikasi yang disetel untuk dibuka saat kamu melakukan tugas tertentu.

Seringkali terjadi masalah dimana aplikasi default tersebut tidak dapat ditemukan di layar atau hilang. Bagaimana cara mengatasinya?

Periksa Play Store

Jika kamu mengalami masalah dimana aplikasi default tidak muncul di layar utama kamu, kamu dapat memeriksa Play Store untuk melihat aplikasi default kamu yang tidak muncul dan memunculkannya kembali di layar utama.

Buka play store dan klik titik tiga di pojok kanan atas layar. Lalu pilih Settings> " Apps & Notifications"> "Default App Settings". Di sini, kamu akan melihat semua aplikasi default yang telah disetel untuk OS perangkat kamu.

Gunakan Aplikasi Backup

Aplikasi Backup dirancang untuk menyimpan data dari aplikasi lain sehingga dapat dipulihkan bila diperlukan. Artinya, jika salah satu aplikasi default kamu berhenti berfungsi dengan baik, yang harus kamu lakukan adalah memulihkannya melalui aplikasi ini.

Cukup unduh aplikasi dari Play Store dan jalankan di perangkat kamu. Ini akan secara otomatis mencadangkan semua pengaturan di HP kamu, termasuk semua aplikasi default yang ada di sana sebelumnya.

Unduh Ulang dari Play Store

More Coverage:

Jika kamu tidak menemukan aplikasi default di HP, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mencoba dan memperbaikinya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstal ulang aplikasi.

Kamu dapat melakukannya dengan masuk ke Google Play dan memilih aplikasi yang ingin kamu instal ulang. Setelah memilihnya, pilih "Install" dan tunggu hingga diunduh.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengembalikan aplikasi bawaan android yang hilang, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again