1. DScovery

Cara Mengatasi WiFi Limited Acces, Mudah Dilakukan 2023

WiFi Limited Acces adalah salah satu masalah dengan koneksi Wi-Fi. Akibatnya, WiFi tidak dapat digunakan atau Internet tidak dapat diakses.

Koneksi Wi-Fi yang terbatas adalah masalah yang dapat dialami oleh setiap pengguna Wi-Fi. Masalah ini dapat terjadi dengan pengguna WLAN pribadi, yaitu. Koneksi WLAN yang hanya digunakan secara pribadi di rumah, atau pengguna WLAN di hotspot gratis yang harus berbagi bandwidth dengan orang lain.

Jaringan Wi-Fi yang penggunaannya terbatas biasanya tidak bisa digunakan untuk surfing, streaming dan aktivitas online lainnya. Masalah ini terjadi karena pemilik server atau jaringan Wi-Fi membatasi bandwidth.

Misalnya, pemilik Wi-Fi membatasi hanya 10 orang yang bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi. Oleh karena itu, kesebelas pengguna yang mencoba terhubung ke jaringan Wi-Fi menghadapi kendala berupa keterbatasan akses.

Pada saat yang sama, pengguna pribadi juga dapat mengalami hal yang sama. Namun, alasannya bukan bandwidth server yang terbatas, tetapi alamat IP yang digunakan bertabrakan, sehingga ada gangguan. Lantas bagaimana cara mengatasi koneksi WiFi yang aksesnya terbatas ini? Simak ulasan selanjutnya.

1. Ubah IP Address

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengubah IP address. Ubah IP address dengan komputer yang kamu gunakan. Lakukan hal berikut:

• Masuk ke Control Panel > All Control Panel Items > Network and Sharing Center

• Kemudian pilih menu ‘Connections’ yang terdapat tulisan: Wireless Network Connection berserta dengan nama Wi-Fi yang ingin kamu gunakan

• Klik nama Wi-Fi tersebut

• Klik tombol ‘Properties’

• Pilih ‘Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4)’

• Klik ‘Properties’ dan isi IP Address sesuai dengan IP yang diberikan oleh provider yang kamu gunakan

• Terakhir klik ‘OK’

2. Restart Router

Router (ONT) adalah modem Wi-Fi yang kamu gunakan. Restart router adalah cara termudah jika kamu mengalami masalah dengan jaringan internet yang kamu gunakan. Matikan perute dan diamkan selama beberapa menit sebelum menyalakannya kembali. Perute akan membutuhkan beberapa menit untuk bekerja dengan baik lagi.

3. Restart Komputer mu

Masalah WiFi saja tidak selalu disebabkan oleh jaringan yang kamu gunakan. Masalah ini dapat terjadi karena komputer yang kamu gunakan terlalu berat. Juga konfigurasi jaringan mungkin salah yang menyebabkan masalah ini. Coba mulai ulang komputer kamu dan sambungkan kembali ke jaringan Wi-Fi yang digunakan.

4. Mengatasi Wifi Limited Access di Windows 10

Cara mengatasi masalah wifi limited access di windows 10 adalah:

• Masuk ke Control Panel > All Control Panel Items > System

• Lanjutkan dengan memilih Device Manager yang ada di toolbar sebelah kiri

• Pilih Network Adapters dan pilih koneksi Wi-Fi yang sesuai dengan nama Wi-Fi yang akan kamu gunakan

• Klik kanan pada Wi-Fi yang kamu pilih, lanjutkan dengan klik Update Driver Software

• Pilih menu dengan tulisan ‘Browse my computer for driver software’

• Selanjutnya, pilih tulisan ‘Let me pick from a list of device drivers on my computer’

• Klik Browse > Have Disk

• Cobalah satu persatu dari list yang tersedia

Selain berbagai solusi di atas, pastikan kamu juga mendapatkan sinyal WiFi yang stabil. Pasalnya, sinyal WiFi yang sering drop bisa menjadi salah satu pemicunya.

Jika kamu tidak dapat menangani akses WiFi terbatas dengan cara ini, mintalah bantuan seseorang yang lebih berpengalaman. Jika masalah berlanjut, hubungi layanan pelanggan ISP kamu. Karena masalah akses terbatas ini mungkin disebabkan oleh gangguan internal di dalam jaringan. Selamat mencoba.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again