1. DScovery

Cara Setting APN untuk Semua Operator

Banyak faktor yang menyebabkan kualitas internet buruk, diantaranya setting APN Telkomsel yang tidak sesuai. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu perlu mengetahui cara setting APN Telkomsel agar internet kamu kencang dan stabil.

Apakah kamu sudah tahu apa itu APN? Jadi, APN atau Access Point Name adalah jalur khusus yang berfungsi sebagai jembatan (gerbang) dan bertugas untuk mengidentifikasi jaringan.

Bagi pengguna Android, APN mungkin sudah tidak asing lagi. Apalagi bagi kamu yang sering bermain dengan jaringan seluler atau suka internetan gratis, pasti sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bisa dibilang setting atau konfigurasi APN itu penting. Karena jika APN yang digunakan tidak tepat atau tidak benar maka android tidak akan bisa terkoneksi ke internet.

Di sisi lain, jika pengaturan APN di Android diatur dengan baik, bukan tidak mungkin kecepatan koneksi internet akan meningkat. Itulah mengapa penting bagi kita semua untuk mengetahui cara menyiapkan APN Android. 

  1. Pilih menu "Settings" dan kemudian "More Networks".
  1. Selanjutnya, pilih "Mobile Networks" dan klik "Access Point Name".
  1. Pilih dan atur pengaturan GPRS atau MMS sesuai dengan penyedia layanan yang kamu gunakan. 
  1. Untuk membuat APN baru, ketuk tombol "+" di pojok kanan atas.
  1. Setelah kamu mengatur APN, pilih tombol menu atau tombol "tiga titik" di pojok kanan atas.
  1. Kemudian klik tombol "Save" untuk menyimpannya.

Tentunya setting APN setiap provider di Indonesia berbeda-beda, seperti .XL, 3, Telkomsel dan lainnya. Oleh karena itu, kamu harus menyesuaikan pengaturan Internet sesuai dengan kartu yang kamu gunakan.

Jika kamu bingung mengatur APN sesuai dengan provider yang kamu gunakan, Kamu akan memberikan spesifikasi APN resmi untuk semua operator jaringan. 

Konfigurasi APN Telkomsel

APN: telkomsel atau internet

Username: wap

Password: wap123

Konfigurasi APN XL

APN: www.xlgprs.net

Username: xlgprs

Password: proxl

Konfigurasi APN Three (3)

APN: 3gprs

Username: 3gprs

Password : 3gprs

Konfigurasi APN Indosat (IM3 dan Mentari)

APN: indosatgprs

Username: indosat

Password: indosat

Konfigurasi APN Axis

APN: AXIS

Username: AXIS

Password: 123456

Konfigurasi APN Smartfren

More Coverage:

APN: #999

Dial number: #777

User name: M8

Password: M8

Bagi kamu yang merasa APN bawaan provider kamu kurang cepat, gunakanlah APN tercepat dan sesuaikan dengan setting APN semua provider di atas. Dengan mengubah APN menjadi Internet, kecepatan Internet mungkin akan menjadi lebih stabil. 

Setelah APN diubah, Android terkadang gagal terhubung ke internet. Untuk melakukan ini, aktifkan mode Pesawat dan matikan lagi. Hal ini dilakukan untuk memancing jaringan internet. Atau jika kamu masih tidak terhubung ke internet, restart Android kamu. Setelah itu, kamu dapat menikmati internet dengan APN baru pilihan kamu.

Mungkin hanya itu artikel yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Kami harap ini bermanfaat dan akan membantu kamu mengubah APN di Android. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again