1. Entrepreneur

Cara Mengatur Pembayaran Sewa Indekos dengan Aplikasi KelolaPro

Penjelasan terkait langkah-langkah mengatur pembayaran sewa indekos melalui aplikasi KelolaPro.

Bisnis sewa properti seperti indekos atau kos menjadi bisnis jangka panjang yang menjanjikan. Namun, dalam perjalanannya, pemilik kos sering kali dihadapkan dengan berbagai permasalahan dalam mengelola bisnisnya.

Permasalahan yang sering dialami pemilik kos antara lain seperti pengelolaan yang tidak tepat, pembukuan keuangan secara tradisional yang mudah dicurangi, jumlah properti dan kamar yang disewakan terlalu banyak sehingga kewalahan, hingga penghuni kos yang bermasalah.

Dengan begitu, penggunaan aplikasi manajemen kos sangat direkomendasikan bagi pemilik kos. Salah satu aplikasi yang memberikan layanan manajemen kos adalah KelolaPro. Berikut ini penjelasan terkait langkah-langkah mengatur pembayaran melalui aplikasi tersebut.

Langkah Mengatur Pembayaran Kos di KelolaPro

KelolaPro merupakan aplikasi manajemen kos yang menawarkan bantuan bagi pemilik kos, salah satunya dalam mengatur pembayaran sewa kos. Aplikasi ini memungkinkan pemilik kos untuk dapat melakukan pencatatan keuangan, mendapat laporan keuangan, pengiriman tagihan otomatis, hingga transaksi secara cashless.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan pemilik kos dalam mengatur pembayaran sewa kos di aplikasi KelolaPro:

  • Masuk ke aplikasi KelolaPro.
  • Di halaman awal terdapat fitur ‘Pemasukan’ dan ‘Pengeluaran’. Fitur ‘Pemasukan’ digunakan untuk mengatur pembayaran sewa bagi para penghuni kos. Sedangkan, ‘Pengeluaran’ digunakan untuk mencatat biaya yang dikeluarkan oleh pemilik kos.
  • Pertama, atur pembayaran sewa, pilih ‘Pemasukan’.

  • Lalu, masukkan detail sewa. Pilih nama penguni, properti dan nomor unitnya.

  • Jika belum terdapat nama penghuni, silakan tambahkan terlebih dahulu.

  • Jika belum terdapat nama properti, silakan tambahkan terlebih dahulu.

  • Jika belum terdapat nomor unit, silakan tambahkan terlebih dahulu.
  • Cantumkan info pembayaran digital, berupa nama pemilik rekening, nama bank, dan nomor rekening. Pemilik kos juga dapat mencantumkan kode QRIS.
  • Masukkan detail tenggat waktu.

  • Masukkan layanan tambahan jika ada.
  • Selanjutnya, sistem akan menghitung total pembayaran yang perlu dibayar oleh penghuni kos. Lalu, klik opsi ‘Bayar’.

Setelah melakukan serangkaian langkah di atas, pemilik kos juga dapat dapat mengirim tagihan otomatis kepada penghuni kos melalui aplikasi KelolaPro yang terhubung ke WhatsApp. Dengan begitu, penghuni kos dapat membayar tagihan secara rutin dan tepat waktu.

Keuntungan Aplikasi Mobile untuk Kelola Bisnis Kos

Dengan beragam fitur dan layanan yang ditawarkan aplikasi manajemen kos, pemilik kos dapat merasakan berbagai keuntungan, antara lain sebagai berikut:

  • Cashflow Terjaga

Layanan aplikasi manajemen kos memungkinkan pemilik kos untuk memantau dan mengevaluasi keuangannya dengan menampilkan laporan keuangan dan okupansi bisnis. Sebagai informasi, okupansi yang baik adalah di atas 60%. Di bawah itu, berbahaya untuk cashflow bisnis.

  • Terhindar dari Penghuni Bermasalah

Layanan aplikasi manajemen kos memungkinkan pemilik kos memberikan aturan yang ditandatangani oleh penghuni sebelum melakukan sewa. Selain itu, aplikasi manajemen kos juga memberikan kemudahan bagi pemilik kos untuk terhubung dengan para penghuninya. Dengan begitu, pemilik kos dapat terhindar dari risiko adanya penghuni kos yang bermasalah.

  • Uang Sewa Selalu Lancar

Layanan aplikasi manajemen kos memungkinkan pemilik kos untuk mengirimkan tagihan kos secara otomatis kepada penghuni kos. Dengan begitu, pemilik kos dapat meminimalisir risiko penghuni kos telat bayar sewa.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again