[Ask the Expert] Bagaimana Cara Mengganti Nama dan Password WiFi Telkom Speedy?

Ask the Expert edisi minggu terakhir April 2015 ini mengangkat dua buah pertanyaan yang diterima oleh redaksi. Yang pertama soal cara mengganti nama dan password WiFi Telkom Speedy menggunakan modem TP Link. Kemudian yang kedua soal me-reset setting carrier billing di Play Store.

Pertanyaan Pertama

Mas, minta tolong bagaimanakah cara mengganti nama dan password di Telkom Speedy menggunakan modem TP Link?

Maria

Jawaban

Terima kasih Maria, untuk mengganti nama dan kata sandi. Hidupkan modem Anda, sambungkan WiFi seperti biasa dan buka browser lalu akses alamat ini 192.168.1.1. Masukkan username dan sandi modem, defaultnya admin - admin. Sandi ini tidak harus diganti dan sebaiknya jangan.

Info Menarik: [Panduan Pemula] Cara Mengubah Aplikasi Default di Smartphone Android

  • Setelah masuk ke panel modem, sekarang klik Interface Setup - Wireless.

  • Di panel Wireless,scroll mouse Anda sampai menemukan subWPS Setting, temukan form SSID. Nah, ini adalah nama WiFi Anda. Silahkan ubah sesuai dengan keinginan. Tak jauh dari situ ada Pre-shared Key, ini adalah password WiFi Anda. Silahkan ubah juga.

  • Terakhir scroll hingga dasar dan klik tombol Save.

Maria, silahkan diikuti cara di atas. Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda.

Info Menarik: [Ask the Expert] Solusi Android Gagal Masuk ke Recovery Mode dan Cara Membuat Blog Jadi Tenar

Pertanyaan Kedua

Cara mereset data billingnya gimana ya bro, soalnya saya salah masukin datanya?

Mal

Jawaban

Sebelum saya jawab, perlu saya informasikan bahwa pertanyaan ini diajukan oleh Mal melalui komentar di artikel ini Cara Membeli In-App Purchase Aplikasi dan Game Pakai Pulsa Indosat. Dan agar teman-teman lain yang mengalami kejadian serupa dapat mengatasi masalahnya, sengaja saya angkat menjadi artikel dalam kolom Ask the Expert.

Fitur carrier billing ini muncul otomatis di Play Store apabila pengguna menggunakan kartu SIM Indosat atau Telkomsel. Sistem juga secara otomatis akan mengenali operator yang Anda pergunakan. Tetapi bagaimana bila salah memasukkan data seperti yang dialami oleh Mal?

Saya sendiri sudah mencoba untuk mengotak-atik Play Store dan tidak menemukan menu untuk melakukan reset. Tetapi ternyata Anda bisa mengulangi proses aktivasi carrier billing dengan melakukan cara ini:

  • Matikan smartphone Anda dan cabut kartu SIM 1, jika Anda menggunakan dual SIM, sebaiknya cabut keduanya.
  • Pasang kartu SIM dari operator lain dan hidupkan smartphone Anda.
  • Ulangi langkah pertama, bedanya sekarang gunakan kembali kartu SIM yang ingin menjadi tagihan pembelian aplikasi di Play Store, boleh Indosat atau Telkomsel.
  • Hidupkan smartphone dan sekarang coba buka Play Store.

Saya sudah mencoba cara di atas dan ternyata ketika mengakses carrier billing, saya harus melakukan aktivasi lagi. Padahal sebelumnya prosedur tersebut sudah saya lakukan. Demikian jawaban dari saya, semoga dapat membantu mengatasi masalah Mal dan sobat yang lain.