1. Entrepreneur

Langkah Mudah Mengunggah Karya Pertama di KaryaKarsa

Tunjukkan Bakatmu ke Dunia: Pelajari Cara Efektif Mengunggah Karya Pertama di KaryaKarsa!

KaryaKarsa adalah platform digital yang menjadi wadah para kreator untuk mengunggah karya dan terhubung langsung dengan para penikmat karyanya. Melalui KaryaKarsa, kreator bisa membagikan karyanya kepada publik dan penikmat karya dapat mencari karya yang ingin dinikmatinya.

Tidak hanya sebagai wadah unjuk karya, kreator juga bisa mendapatkan penghasilan dari karya yang diunggahnya. Setiap karya yang diunggah bisa diatur untuk menjadi karya gratis maupun karya berbayar. Kendati diatur menjadi karya yang gratis dan bebas diakses oleh siapapun, kreator akan tetap bisa mendapat penghasilan melalui tip yang diberikan oleh audiensnya.

Kali ini, penulis akan memandu Anda yang sudah melakukan pendaftaran sebagai kreator di KaryaKarsa untuk mulai mengunggah karya. Sudah tidak sabar, bukan? Simak panduan berikut ini ya!

Cara Mengunggah Karya Pertama di KaryaKarsa

  • Buka aplikasi KaryaKarsa dan Log in ke akun KaryaKarsa Anda dengan memasukkan email dan password, lalu klik Login

  • Klik ikon (+) yang berada di tengah paling bawah berwarna merah muda

  • Terdapat 2 pilihan, yaitu Karya Baru dan Seri Baru. Pilihlah salah satu yang paling Anda inginkan. Karya Baru digunakan apabila Anda ingin membuat karya satuan, sedangkan Seri Baru digunakan apabila Anda ingin membuat karya seri bersambung. Keduanya memungkinkan Anda di kemudian hari jika ingin melanjutkan cerita atau karya yang sudah diunggah. Pada contoh kali ini, penulis memilih Karya Baru

  • Pilih kategori karya yang diinginkan

Terdapat lima pilihan kategori yang bisa dipilih, seperti tulisan (cerita bersambung, novel, puisi), komik/galeri (komik strip, one-shot, series atau galeri), webtoon, audio (podcast, musik, audio story), dan file download (photo pack, tools, dan lainnya). Pada contoh ini, penulis memilih Tulisan

  • Lengkapi detail karya tulis yang ingin di unggah, lalu klik Lanjut.

Masukkan sampul, judul, deskripsi singkat tulisan, pilih seri, pengaturan komentar, tag, serta tipe dan harga untuk karya yang diunggah. Di bagian paling bawah, Anda juga bisa melihat simulasi pendapatan dari karya yang akan diunggah.

  • Anda bisa mulai menulis sinopsis atau detail cerita yang akan diunggah. Jika sudah selesai, silakan pilih review

  • Anda bisa memilih jadwal tayang. Selain itu, Anda bisa memilih apakah karya akan langsung dipublikasikan atau disimpan dulu ke draft

Cara Membuat Kategori Karya

  • Masuk ke dashboard KaryaKarsa Anda, lalu pilih ikon palet warna yang berada di samping kanan tanda (+)
  • Pilih menu Karya
  • Silakan unggah judul, teaser, dan sinopsis pada menu Isi
  • Unggah karya pada menu Berkas

Credit photo by KaryaKarsa

Itulah panduan untuk mengunggah karya di KaryaKarsa. Setelah mengunggah karya di KaryaKarsa, jangan lupa untuk mempromosikannya di berbagai kanal media sosial untuk meraih banyak atensi publik.

Semakin banyak langkah promosi yang Anda lakukan, semakin besar peluang karya Anda dilirik publik dan mendapat apresiasi serta penghasilan. Jadi, tunggu apalagi? Segera unggah karya pertamamu di KaryaKarsa!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again