1. DScovery

Podcast Adalah: Pengertian, Jenis dan Contoh Aplikasinya

Podcast merupakan salah satu hal yang digemari oleh anak muda saat ini.

Dahulu, orang-orang mendengarkan radio sebagai media informasi dan hiburan. Namun, perkembangan teknologi di era digital ini pelan-pelan membuat posisi radio tergeser oleh podcast.

Podcast sendiri merupakan sebuah rekaman audio yang dapat didengarkan oleh semua orang. Berbeda dengan radio, podcast kebanyakan membahas berbagai topik yang beragam yang umumnya berkaitan dengan anak muda. Oleh sebab itu, podcast menjadi salah satu hal yang digemari anak muda saat ini.

Lantas, apa itu podcast dan apa saja jenisnya? DailySocial.id akan menjelaskannya padamu di artikel ini.

Apa Itu Podcast?

Secara umum, podcast diartikan sebagai rekaman suara dari host yang berisi bahasan mengenai topik tertentu. Istilah podcast sendiri pada awalnya merupakan singkatan dari ‘iPod’ dan ‘broadcast’, di mana dahulu podcast hanya tersedia bagi pengguna iPod saja.

Namun, banyak juga yang beranggapan bahwa kata ‘podpodcast merupakan singkatan dari ‘play on demand’, ‘personal on demand’ dan ‘portable on demand’. Apapun singkatannya, podcast tetap berarti sebuah rekaman audio yang dapat diputar kapanpun oleh pendengarnya.

Hal itulah yang juga membedakan podcast dengan radio, di mana radio hanya dapat didengarkan pada saat-saat tertentu saja. Sementara podcast dapat didengarkan kapan pun tanpa batas waktu dan di mana pun, baik di telepon seluler, laptop, maupun komputer tablet.

Jenis-Jenis Podcast

Menurut jenisnya, podcast dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

InterviewPodcast

Layaknya wawancara pada umumnya, interview podcast berisi percakapan antara beberapa orang. Pihak tamu berperan sebagai narasumber yang diwawancarai dengan topik yang berbeda-beda sesuai tema pada tiap episodenya.

Solo Podcast

Sesuai namanya, solo podcast merupakan jenis podcast yang dibawakan oleh satu orang host secara monolog. Solo podcast biasanya berisi topik mengenai sesuatu yang sedang viral, memberi informasi mengenai sesuatu, atau membacakan cerita yang dikirimkan oleh pendengar.

Podcast Multi-Host

Jika solo podcast dilakukan oleh seorang diri, maka multi-host podcast merupakan jenis podcast yang dibawakan oleh beberapa orang sekaligus. Podcast jenis ini biasanya berisi tentang diskusi suatu hal dari beberapa perspektif yang dibawakan oleh masing-masing host.

Contoh Aplikasi Podcast

Spotify

Spotify tidak hanya hadir sebagai media streaming musik, melainkan juga digunakan untuk membagikan maupun mendengarkan rekaman audio podcast. Spotify sendiri merupakan aplikasi podcast yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Ada berbaga genre podcast yang dapat ditemukan di Spotify, mulai dari komedi, politik, hingga horor. Host yang membawakan podcast di Spotify juga beragam, mulai dari orang biasa hingga youtuber, influencer, bahkan selebritis.

Soundcloud

Soundcloud juga menyediakan layanan podcast yang bermanfaat bagi para podcaster. Meski memiliki fitur yang hampir sama dengan Spotify, Soundcloud memiliki keunggulan lain, terutama pada fitur ekspor-import dan web hosting untuk podcaster yang memudahkanmu untuk mengunggah rekaman audio tanpa aplikasi.

Google Podcast

Google Podcast merupakan salah satu produk layanan keluaran Google yang khusus untuk memutar dan menambahkan podcast. Tidak kalah dengan media streaming lainnya, Google Podcast juga menyediakan beragam topik atau genre podcast, dari komedi hingga pembahasan yang cukup serius.

Anchor

Anchor merupakan salah satu aplikasi podcast yang paling terkenal di Indonesia. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menikmati beragam fitur yang berhubungan dengan podcast, seperti merekam, mengedit, memberi background suara, hingga melihat insight dari podcast yang telah diterbitkan di Spotify.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai podcast. Dengan semakin maraknya podcaster di Indonesia, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again