Cara Meningkatkan Customer Relationship Management (CRM)

Penjualan dapat meningkat melalui metode customer relationship management dan email marketing.

Dalam sebuah bisnis, promosi menjadi cara efektif untuk mengenalkan produk kepada audiens. Namun, tentunya promosi juga harus diatur dengan konsep strategi. Ada banyak strategi dan pengelolaan yang dapat dilakukan, salah satunya adalah customer relationship management atau disingkat CRM. Apa itu customer relationship management?

Customer relationship management (CRM) adalah sebuah strategi bisnis dengan cara melakukan pendekatan antara perusahaan dan juga pelanggan melalui data interaksi pengelola dan pelanggan. CRM juga digunakan untuk meningkatkan pelayanan, penjualan, hingga pemasaran.

Secara garis besar, CRM menggunakan strategi komunikasi dalam hal interaksi antara pelanggan dan perusahaan. Dengan adanya interaksi yang berkelanjutan, pelanggan akan lebih mudah untuk melakukan transaksi dan perusahaan bisa mendapatkan loyalitas dan kepercayaan dari pelanggan. Sehingga, hal ini dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan dengan catatan hubungan yang terjalin antara perusahaan dan pelanggan bisa berlangsung baik.

Manfaat Customer relationship management

Customer relationship management (CRM) memberikan empat manfaat bagi perusahaan, yaitu:

1. Mendorong Loyalitas Pelanggan

Dengan adanya sistem CRM, perusahaan bisa memanfaatkan informasi pelanggan untuk memahami apa yang dibutuhkan pelanggan, hingga menjawab pertanyaan pelanggan. Sehingga, perusahaan bisa mendapatkan kesetiaan dan kepercayaan dari pelanggan.

2. Biaya Produksi Berkurang

Bila, perusahaan sudah mengetahui siapa saja target pelanggan mereka. Maka, fokus pelayanan sudah memiliki tujuannya. Sehingga, produksi akan berfokus kepada pelanggan yang sudah tercatat dan hal ini juga bisa mengurangi biaya produksi yang tidak diperlukan.

3. Kegiatan Operasional Lebih Efektif

Dengan adanya manfaat di atas juga bisa mengurangi beban operasional, karena perusahaan tidak perlu khawatir terkait menurunnya kualitas pelayanan dan dengan mudah dapat memberikan kemudahan dalam mengatasi keluhan dari pelanggan.

4. Mendapatkan Pendapatan dengan Optimal

Melalui strategi CRM perusahaan akan mendapatkan manfaat seperti mendorong loyalitas pelanggan, kegiatan operasional lebih efektif, dan berkurangnya biaya operasional di mana hal-hal tersebut bisa memberikan keuntungan (profit) bagi perusahaan.

5. Email Marketing Sebagai Bentuk CRM Digital

Implementasi dari CRM dapat dilakukan dengan menggunakan channel email marketing. Email marketing digunakan oleh perusahaan untuk menjangkau audiens atau pelanggan secara personal. Dengan menggunakan email marketing, perusahaan menggunakan strategi untuk menggiring audiens untuk melakukan transaksi dan menjadi pelanggan.

Adapun, kelebihan dari email marketing ini adalah biayanya yang relatif lebih murah dibandingkan channel marketing yang lainnya. Tidak hanya itu, perusahaan juga bisa menghasilkan return of investment (ROI). Sehingga, menurut Mtarget90% bisnis menggunakan email marketing untuk meningkatkan penjualan.

Namun, perlu diketahui juga ada beberapa variabel yang perlu dioptimalisasi agar ROI dapat tercapai, di antaranya adalah persentase deliverability. Keberhasilan email yang dikirim dan diterima oleh audiens memiliki peran penting dalam menentukan apakah kampanye melalui email bisa terus dilakukan, karena jika nilai deliverability rendah, reputasi dari domain yang digunakan akan mengalami penurunan dan berujung semua email promosi masuk ke dalam folder spam audiens. Selain itu, perusahaan juga harus memperhatikan Open Rate, Click Through Rate (CTR), dan Interaction Rate.

Dalam Return of Investment (ROI), Direct Marketing Association (DMA) menyebutkan jika email marketing memberikan return senilai 40$ untuk setiap 1$ yang dibelanjakan. bahkan , channel marketing lain tidak bisa menembusnya. Selain itu, B2B Marketing, juga menyebutkan email marketing terbukti lebih efektif untuk meningkatkan penjualan.

Mtarget melalui business report “The ROI of Personalized Marketingjuga menyebutkan jika email marketing bisa mendobrak ROI hingga 3800% jika segmentasi dan personalisasi dilakukan secara maksimal.


Disclosure: Artikel ini ditulis oleh Tasya Kania A. C.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again