1. DScovery

4 Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan Perusahaan

Salah satu kunci terpenting untuk kesuksesan perusahaan adalah karyawannya. Tentunya kinerja karyawan yang baik dan efektif dapat mengembangkan perusahaan lebih baik kedepannya.

Tidak dapat disangkal bahwa karyawan adalah kunci keberhasilan bisnis perusahaan. Tim manajemen juga berlomba menerapkan banyak metode untuk meningkatkan kinerja karyawan di perusahaannya.

Berbagai strategi dikerahkan agar dapat meningkatkan kinerja karyawan sebagai individu maupun sebagai tim untuk mencapai tujuan perusahaan. Dimulai dengan manajemen orang, pelatihan, pengembangan, dan banyak lagi.

Pelajari lebih lanjut tentang cara meningkatkan kinerja karyawan perusahaan. Berikut DailySocial.id rangkum cara-caranya pada artikel di bawah ini!

Memberikan training

Apa penyebab kinerja karyawan stagnan atau kurang optimal, apakah karena kurang skill? Jika jawaban kamu adalah ya, kamu dapat mencoba metode ini. Berikan pelatihan kepada karyawan perusahaan untuk meningkatkan keterampilan mereka. Luangkan waktu untuk mengajari karyawanmu untuk mencoba keterampilan baru. 

Kamu juga dapat mendaftarkan mereka dalam kursus pelatihan yang diselenggarakan oleh pemangku kepentingan yang berpengalaman. Untuk opsi yang lebih fleksibel dan nyaman, kamu dapat mendaftarkan mereka untuk mengikuti kursus online atau webinar di web. Dengan cara ini, karyawan dapat memperoleh pengetahuan baru yang dapat berkontribusi pada pengembangan perusahaan lebih lanjut.

Transparansi dalam penilaian kinerja

Selain kurangnya kualifikasi, kinerja pegawai yang buruk juga dapat dipengaruhi oleh kesalahan sistem, terutama kesalahan sistem penilaian kinerja. Banyak perusahaan masih mengandalkan sistem penilaian kinerja tertutup. Ini berarti bahwa karyawan tidak dapat melihat detail ulasan kinerja mereka sendiri.

Kamu bisa mencari karyawan lain yang dianggap kurang kontributor tetapi justru mendapat bonus. Sementara mereka yang merasa telah mencapai target tetapi tidak diberikan apresiasi atau dihargai. Jadi tidak salah mereka berprasangka buruk karena dirasa penilaiannya bersifat subjektif.. 

Inilah mengapa kita harus transparan saat mengevaluasi kinerja. Beri tahu karyawan tentang metrik kinerja. Dengan cara ini, karyawan mengetahui mengapa mereka menerima tinjauan kinerja seperti itu.

Menawarkan karier yang berjenjang

Selain bonus dan kenaikan gaji, karir yang berjenjang juga memotivasi karyawan untuk meningkatkan kinerjanya. Jenjang karir dengan kenaikan gaji dan insentif lainnya pasti akan memotivasi karyawan. Kamu akan merasa lebih bersemangat dengan pekerjaanmu dan siap untuk beralih ke tingkat karir yang lebih tinggi lebih cepat.

Sebaliknya, tanpa menerapkan step by step career atau jenjang karir yang tidak jelas, karyawan lebih cenderung kehilangan motivasi untuk bekerja. Mereka tidak melihat kebutuhan untuk meningkatkan kinerja mereka. Jika kamu tidak mengaktifkan opsi ini, karyawan dapat mencari peluang karir di tempat lain.

Memberikan reward untuk karyawan

More Coverage:

Poin terakhir ini merupakan cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan kinerja karyawan. Ya, melalui sistem reward. Kompensasi membuat karyawan merasa dihargai atas kerja keras mereka. Apresiasi semacam ini tentu akan memotivasi mereka untuk meningkatkan kinerjanya.

Hadiah tidak harus bersifat pribadi atau mahal. Kamu dapat menawarkan sertifikat hadiah yang dapat digunakan karyawan mu untuk membeli barang-barang penting. Selain itu, hadiah dapat disesuaikan dengan anggaran perusahaan mu. Sederhana, bukan?

Nah, itulah caranya yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan kinerja karyawan mu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again