1. DScovery

Surat Rekomendasi Kerja: Pengertian, Manfaat, Format, dan Contohnya

Ketahui apa itu surat rekomendasi kerja di bawah ini!

Tahukah kamu bahwa HRD dapat mempertimbangkan surat rekomendasi kerja untuk melihat seberapa baik kamu dalam pekerjaanmu? Jika kamu baru mengenal format surat ini, tidak ada salahnya untuk melihat contoh surat rekomendasi.

Surat rekomendasi sangat efektif saat mencari pekerjaan atau tugas administrasi lainnya. Tertarik? Yuk, simak contoh di bawah ini!

Apa Itu Surat Rekomendasi Kerja?

Sebagai pelengkap dokumen CV, kamu bisa meminta surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya.

Tujuan dari surat ini adalah untuk menginformasikan perusahaan tempat kamu melamar tentang kinerjamu selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Dengan adanya surat rekomendasi dari perusahaan lama, peluang pengambilalihan semakin besar.

Jadi, surat rekomendasi pekerjaan adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang memiliki otoritas, bisa manajer atau HRD. Isinya menggambarkan keterampilan dan kemampuan seseorang, yang juga terkait dengan pekerjaan yang dimaksud.

Manfaat Surat Rekomendasi Kerja

Surat rekomendasi pekerjaan memiliki beberapa manfaat penting bagi kamy yang sedang mencari pekerjaan atau berganti pekerjaan. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

• Membangun kredibilitas

• Menambah keyakinan HRD

• Menambah keunggulan dibanding pelamar yang lain

Format Surat Rekomendasi Kerja

Pengenalan Singkat

Surat rekomendasi harus menyebutkan siapa penulisnya dan hubungan antara penulis dan kandidat.

Nama, ID karyawan, jabatan dan nama perusahaan harus ditulis di bagian ini. Kemudian surat keterangan singkat untuk calon. Informasi tersebut meliputi nama dan alamat.

Tujuan Surat Rekomendasi

Setelah menulis pengantar, nyatakan apa tujuan surat itu di paragraf berikutnya. Surat rekomendasi siap dikirimkan ke posisi baru yang dilamar.

Surat pengantar juga menunjukkan bagaimana penulis menilai kinerja kamu sebagai kandidat. Sebutkan juga sudah berapa lama kamu bekerja untuk perusahaan tersebut dan apa pekerjaan terakhir kamu.

Pernyataan Optimis

Penulis surat rekomendasi akhirnya dapat menunjukkan optimismenya bahwa kamu sebagai kandidat dapat memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan barunya.

Kalimat Penutup

Surat rekomendasi harus memiliki penutup. Isi kalimat akhir ini merangkum mengapa penulis bersedia menulis surat rekomendasi untuk pelamar dan mengapa posisi dan tawaran pekerjaan yang diiklankan sangat cocok untuk pelamar.

Tanda Tangan

Surat rekomendasi harus ditandatangani oleh penulisnya.

Jangan lewatkan nama jelas dan informasi kontak. Ini adalah jenis surat konfirmasi dan jika kamu memiliki pertanyaan, pencari kerja dapat menggunakan detail kontak yang disediakan.

Contoh Surat Rekomendasi

Contoh surat rekomendasi kerja/ Sumber: Sribd.com

Nah, setelah kamu punya referensi untuk surat rekomendasi kerja, sekarang saatnya kamu mencari dan menemukan lowongan pekerjaan terbaik itu. Semoga membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again