StartupDScovery

6 Cara Personal Branding di Instagram

Saat ini Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan. Tidak hanya sebagai media sosial, Instagram juga bisa menjadi tempat untuk membangun personal branding.

Personal branding menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh semua. Semua tempat juga bisa dijadikan medium personal branding, tidak terkecuali Instagram. Lalu, bagaimana cara personal branding di Instagram?

Sebelum mengenal lebih jauh tips atau cara personal branding di Instagram, kamu harus tahu dulu apa pentingnya personal branding. Personal branding menjadi salah satu hal yang dapat menentukan tujuan dan apa yang ingin kamu capai.

Saat ini banyak orang berlomba-lomba membangun personal branding di media sosial, kamu juga bisa membuat personal branding sendiri di Instagram. Berikut cara personal branding di Instagram.

6 Cara Personal Branding di Instagram

1. Apa Tujuan Kamu?

Hal utama yang perlu diingat sebelum mencari cara personal branding di Instagram adalah kamu menentukan apa tujuan atau goals yang ingin kamu raih dari Instagram? Apakah kamu ingin membangun personal branding agar bisa berbagi pekerjaan yang sedang kamu jalani? Atau berbagi hal yang kamu sukai? Atau membantu orang dengan memberikan tips dan trik yang sedang viral?

Menentukan tujuan kamu ini sangat penting, agar kamu bisa mengetahui konten apa yang ingin kamu buat atau profil apa yang ingin kamu isi.

Mengutip dari Themuse, kamu juga bisa memfollow influencer atau CEO, atau sebuah brand sebagai inspirasi untuk menentukan tujuan personal branding di Instagram.

2. Optimasi Profil dan Bio Instagram

Cara personal branding di Instagram yang kedua adalah kamu mengatur profil dan bio semaksimal mungkin. Gunakan username yang unik dan mudah diingat oleh audience, menggunakan foto profil yang sesuai dengan karakter diri kamu.

Kemudian, kamu bisa mengisi bio Instagram dengan penjelasan singkat diri kamu atau sesuatu yang dapat menarik perhatian audience. Kamu dapat menambahkan link portofolio atau sesuatu yang berkaitan dengan hasil karya kamu di bio Instagram.

3. Menentukan Target Audience

Cara selanjutnya adalah kamu menentukan siapa yang akan menjadi followers kamu, hal ini juga sangat penting untuk menaikkan engagement dari konten yang akan kamu bagikan. Jika, konten yang ingin kamu bagikan tidak sesuai dengan interest followers akun Instagram kamu. Maka, akan sedikit menyulitkan untuk mendapatkan dukungan.

4. Membuat Konten

Tentunya Instagram adalah salah satu media sosial untuk membagikan konten. Untuk membuat personal branding kamu berjalan baik di Instagram, kamu harus membagikan konten dan Instagram biasanya menyukai user generated content atau konten yang dibuat oleh pengguna.

Konten ini bisa disesuaikan dengan apa yang kamu suka atau berkaitan dengan pekerjaan kamu saat ini. Cara membuat personal branding di Instagram adalah dengan cara memberikan informasi juga kepada followers kamu.

5. Interaksi dengan Pengguna

Melakukan interaksi kepada followers dan following kamu adalah hal yang wajib untuk membentuk personal branding di Instagram, karena dengan cara ini follower dan following tahu jika akun Instagram kamu masih aktif. Interaksi bisa dilakukan melalui kolom komentar, memberikan reaction terhadap postingan, atau juga mengobrol di DM.

Interaksi ini juga bisa menambah relasi. Sehingga, orang-orang bisa dengan mudah untuk mengenal kamu dan membuat persepsinya sendiri. Nah, di sini kamu bisa mendapatkan personal branding. Namun, saat berinteraksi dengan followers dan following, kamu harus tetap menjadi diri kamu sendiri.

6. Konsisten

Konsisten adalah cara membuat personal branding yang terakhir, konsisten di sini artinya kamu konsisten untuk membuat dan membagikan konten, dan juga konsisten untuk berinteraksi dengan followers dan following.

Dengan konsisten membuat konten juga, membuat orang lain bisa dengan mudah mengingat akun kamu dan juga untuk menarik engagement.

Nah, itu adalah 6 cara membuat personal branding di Instagram. Kamu bisa melihat beberapa influencer atau akun-akun yang memiliki personal branding yang cukup baik untuk dijadikan inspirasi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again