[Panduan Pemula] Cara Pesan Makanan Menggunakan Grab

[Panduan Pemula] Cara Pesan Makanan Menggunakan Grab

Pesan makanan bisa dari mana saja, selama dalam jangkauan layanan Grab
Grab uji coba GrabFood di Indonesia / Grab
Grab uji coba GrabFood di Indonesia / Grab

Pesan makanan via smartphone menggunakan aplikasi Grab atau Go-jek bukan hal baru lagi, terutama di kota-kota besar. Kedua layanan ini – lengkap dengan kontroversi yang mengiringinya – sukses menghadirkan perubahan, mengubah cara mobilisasi orang-orang dan menghadirkan banyak kemudahan.

Salah satu pihak yang paling terbantu adalah pelaku bisnis makanan, ya termasuk penikmatnya juga sih. Karena, kini cukup dengan aplikasi dan smartphone, semua orang bisa menjajakan kulinernya dan di sisi lain semua orang juga bisa memesan makanan favoritnya tanpa harus meninggalkan rumah.

Untuk sobat yang baru saja menggunakan Grab, barangkali masih asing dengan layout dan fitur-fiturnya. Memang berbeda jauh dengan tampilan Go-Jek, tapi seharusnya gak sulit untuk dipergunakan. Sobat bisa mengikuti panduan pemula ini seandainya sobat ingin memesan makanan via GrabFood. Ayo, kita coba!

  • Pertama-tama, jalankan aplikasi Grab kemudian tap menu Food.
  • Anda akan menemukan daftar tempat makan yang berada dekat dengan lokasi Anda.
  • Jika makanan yang Anda butuhkan tidak dijumpai, Anda bisa menggunakan formulir pencarian di bagian atas.

Cara Pesan Makanan Menggunakan Aplikasi Grab

 

  • Tepat di bawah label Food, Anda bisa menemukan opsi Delivered to untuk menentukan ke mana makanan harus dikirimkan oleh driver, apakah ke lokasi Anda sekarang atau ke lokasi lain.
  • Seperti pemesanan GrabBike, Anda juga bisa mencari berdasarkan alamat atau langsung menunjuk lokasi yang ada di peta.

Cara Pesan Makanan Menggunakan Aplikasi Grab

 

  • Lanjut, tap salah satu tempat makan yang ditawarkan atau berdasarkan hasil pencarian tadi. Di sini, Anda akan menemukan daftar menu yang dijual, dilengkapi dengan foto dan juga harga. Biasanya makanan yang dijual juga dikelompokkan ke dalam kategori yang berbeda, apakah minuman, paket atau promo.

Cara Pesan Makanan Menggunakan Aplikasi Grab

 

  • Untuk memesan makanan, tap tombol plus (+) di makanan yang diinginkan. Lakukan hal yang sama ke makanan lainnya. Jika dirasa sudah cukup, tap View Basket.

Cara Pesan Makanan Menggunakan Aplikasi Grab

 

  • Terakhir, periksa kembali makanan yang Anda pesan, pilih jenis pembayaran apakah menggunakan uang tunai atau OVO. Apabila sudah benar semua, tap Place Order.

Cara Pesan Makanan Menggunakan Aplikasi Grab

 

Ketika pemesanan dilakukan, Grab akan mencarikan driver terdekat ke tempat makan yang dipesan. Setelah ditemukan, biasanya Anda akan menjumpai beberapa hal.

  • Driver biasanya akan menghubungi Anda melalui telepon untuk memastikan bahwa pesanan sudah benar dan alamat yang dituju tidak keliru.
  • Anda bisa membatalkan pesanan jika dirasa perlu, tetapi ini tidak direkomendasikan karena kasihan driver-nya sudah menunggu lama dan tak jarang menggunakan uang pribadi untuk membayar makanan yang dipesan terlebih dahulu.
  • Sebaliknya, driver juga bisa membatalkan pesanan jika dirasa perlu.
  • Pembayaran via OVO lebih murah ketimbang tunai, jadi jangan kaget. Jika ingin menggunakan OVO, bisa membaca panduan ini untuk petunjuk aktivasi.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…