1. DScovery

Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Resume yang baik dan akurat akan menjadi perhatian khusus bagi manajer perusahaan dan personel SDM sebagai penerima karyawan baru

Curriculum Vitae (CV) atau resume bisa dikatakan sebagai senjata pertama dalam berburu pekerjaan. Hal ini karena resume yang kami kirimkan merupakan hal pertama yang dipertimbangkan dan dapat menentukan kesan pertama departemen SDM perusahaan.

Resume yang baik dan akurat akan menjadi perhatian khusus bagi manajer perusahaan dan personel SDM sebagai penerima karyawan baru. Berdasarkan resume kamu, perusahaan akan memeriksa apakah kamu cocok untuk wawancara berikutnya.

Dalam posting ini, kamu akan belajar bagaimana menulis resume yang baik dan benar tergantung pada jenis pekerjaan yang kamu lamar. Dimulai dengan contoh berbagai jenis resume, hingga isi resume, cara menulisnya, dan tips dan trik untuk membuat resume kamu lebih kuat untuk melamar pekerjaan impian.

Pengertian Curriculum Vitae

CV adalah singkatan dari Curriculum Vitae, yang berasal dari bahasa Latin dan berarti perjalanan hidup saya. Oleh karena itu, resume dikatakan sebagai informasi tentang kehidupan seseorang.

Dalam konteks pekerjaan, resume adalah file yang berisi ringkasan informasi tentang identitas kamu dan pencapaian hidupmu, mulai dari pendidikan hingga pencapaian. Resume yang baik dapat meyakinkan perekrut bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk pekerjaan itu. Oleh karena itu, untuk membuat resume yang tepat, kamu perlu mempertimbangkan aspek-aspek penting.

Aspek Penting dalam CV Lamaran Kerja

Cantumkan data diri secukupnya

Tergantung pada bidang pekerjaan kamu, kamumungkin diminta untuk melampirkan informasi pribadi lengkap ke resume. Namun, jika tidak ada persyaratan khusus untuk menggambarkan data pribadi yang lengkap, hanya yang relevan yang harus dipertimbangkan.

Ruang terbatas saat menulis resume, jadi kamu perlu memasukkan data yang cukup tentang diri agar efektif. Jika kamu lulusan baru dan tidak memiliki pengalaman kerja, mulailah dengan memberikan informasi identitas pribadi seperti nama, tanggal lahir (usia), jenis kelamin, dan dua latar belakang pendidikan terakhir.

Tulis keahlian sejujur-jujurnya

Peringkat keterampilan saat menulis resume sering dilebih-lebihkan untuk mendapatkan perhatian perusahaan. Apa yang banyak orang tidak sadari, bagaimanapun, adalah bahwa keterampilan yang mereka masukkan ke dalam resume mereka akan dievaluasi kemudian.

Biasanya keterampilan yang kamu tulis diuji sebelum kamu benar-benar bergabung dengan perusahaan. Ini menunjukkan apakah penilaian keahlian tersebut faktual dan objektif. Jadi saat menulis resume yang bagus, jujurlah tentang keahlianmu.

Jika keterampilan kamu belum cukup baik untuk pekerjaan yang kamu lamar, cobalah untuk meningkatkan keterampilan kamu terlebih dahulu sebelum mengirimkan resume ke perusahaan yang berbeda.

Menjelaskan detail pengalaman

Rincian pengalaman yang dimaksud adalah proses yang harus diikuti sebelum mendaftar ke perusahaan tertentu. Jika kamu baru saja lulus dari perguruan tinggi atau baru saja berhenti dari pekerjaan, kamu mungkin tidak perlu menjelaskannya.

Namun, jika kamu memiliki banyak waktu sebelum mendapatkan pekerjaan, ada baiknya untuk menjelaskan secara singkat hasil positif yang telah dicapai.

Jika kamu tidak melakukan kegiatan pra-kerja di waktu luang, cobalah mengisi waktu dengan hal-hal positif seperti bergabung dengan komunitas atau organisasi, menjadi sukarelawan di suatu acara, atau berpartisipasi dalam pelatihan pra-kerja tertentu. Ini pasti akan membuatmu lebih berharga sebagai kandidat.

Contoh CV Lamaran Kerja

CV lamaran kerja sederhana

Contoh CV pertama ini adalah model CV dengan desain yang simple dan clean. Resume ini dapat dengan mudah dibuat di program Microsoft Word atau program serupa. Jenis resume ini cocok untuk orang yang merasa tidak nyaman membuat resume dengan banyak desain warna dan membayar jasa penulisan resume profesional.

CV lamaran kerja formal

CV formal untuk lamaran kerja umumnya terlihat rapi, bersih, dan padat. Kamu dapat dengan santai menambahkan warna tanpa mengurangi kesan formal. Resume jenis ini cocok bagi kita yang ingin melamar pekerjaan di perusahaan besar non-kreatif, seperti manajemen, keuangan dan administrasi.

CV lamaran kerja kreatif

Berbeda dengan CV lamaran kerja formal yang terkesan kaku, CV lamaran kerja di bidang kreatif justru dibuat semenarik mungkin dengan mengandalkan kreatifitas yang kamu miliki. Kamu dapat menambahkan berbagai aksen warna yang bebas dan dinamis.

Jenis CV kreatif ini sangat cocok bagi kita yang ingin melamar pekerjaan di bidang kreatif seperti desain grafis, editor majalah, fotografer, ilustrator, atau sejenisnya.

CV lamaran kerja tulis tangan

Untuk membuat CV lamaran kerja tulis tangan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuat CV pada umumnya. Pembuatannya pun juga menggunakan struktur yang sama, seperti identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan lain-lain.

Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik

Komposisi isi CV yang baik sudah dibahas secara gamblang. Nah, sekarang waktunya kamu mengaplikasikan langkah-langkah membuat CV yang menarik. Kalau kamu masih bingung dan butuh inspirasi CV, simak baik-baik contoh CV berikut.

CV tersebut sangat menonjol dari segi tata letak dan pilihan warnanya. Sesuai dengan keahlian pelamar yaitu ilustrasi dan desain grafis, ia tak menyia-nyiakan untuk “menyulap” CV-nya. Kalau kamu salah satu yang memiliki keahlian tersebut.

Membuat resume yang menarik tidak harus muluk. Cukup tampil beda dari yang lain. Seperti resume di atas. Hanya kombinasi warna yang lembut dan elegan serta layout yang unik membuat CV menarik.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again