1. DScovery

Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata pengantar bukan hanya perantara terima kasih, namun juga bisa menjadi bukti kerendahan hati seorang peneliti

Kata pengantar adalah suatu bentuk tulisan yang berisi pernyataan pengarang tentang karangan atau tulisan yang dibuatnya kepada pembaca sebelum membaca karangan atau intisari karangan tersebut. kata pengantar yang baik harus memiliki isi yang mewakili isi esai.

Biasanya kata pengantar berisi ucapan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, orang tua atau orang-orang yang berpengaruh dan membantu dalam penyelesaian skripsi.

Selain ucapan terima kasih, penulis juga dapat mengucapkan terima kasih, menjelaskan maksud dan manfaat karya tulis serta meminta kritik atau saran atas hasil karya tulis tersebut.

Oleh karena itu, penulis juga memberikan gambaran singkat tentang isi karya tersebut dan mohon maaf, mungkin ada bagian yang tidak disukai pembaca. Makanya kata pengantar ada di depan karena pada dasarnya untuk sharing atau pembukaan.

Struktur Kata Pengantar

Tidak jauh berbeda dengan struktur kerangka bagian karya tulis lainnya, kata pengantar juga memiliki struktur berupa pembuka, isi, dan penutup. Perbedaannya berada pada konten isi kata pengantar itu dibuat sesuai dengan fungsi dan tujuan penggunaannya.

Berikut ini struktur atau kerangka membuat kata pengantar yang baik dan benar:

Pembuka

Kalimat pembuka kata pengantar biasanya terdiri dari satu sampai dua paragraf, yang berisi ucapan terima kasih penulis atas penyelesaian karya tersebut.

Selain itu, Hari Pengucapan Syukur biasanya dipersembahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam beberapa karya sastra yang beredar di Indonesia, yang kemudian disesuaikan dengan agama atau kepercayaan masing-masing penulis. Misalnya, umat Islam mengucap syukur pada Allah Ta'ala.

Setelah ucapan terima kasih, penulis dapat mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian karya ini. Jika kamu memiliki daftar besar orang yang membantu, kamu dapat mengurutkan nama orang tersebut berdasarkan peran atau posisi dan pengaruh mereka.

Nama-nama orang yang pertama kali disebutkan dalam kata pengantar karya misalnya rektor, dekan fakultas, profesor pembimbing, dll.

Isi

Isi kata pengantar memberikan gambaran tentang keseluruhan isi karya. Penyusunan isi kata pengantar ini diawali dengan penamaan judul artikel dan dilanjutkan dengan uraian singkat tentang isi atau inti dari artikel tersebut.

Kamu tidak boleh menulis terlalu detail atau spesifik seolah menjelaskannya, justru ini bisa membuat isi kata pengantar terlalu panjang.

Penutup

Selebihnya penutup kata pengantar dapat dilakukan dengan permintaan maaf penulis untuk segala sesuatu yang mungkin salah ketik. Ini menunjukkan bahwa tidak ada yang sempurna atau kebal terhadap kesalahan, baik sadar maupun tidak sadar.

Bagian terakhir ini lebih fokus kepada pembaca karena makalah ini bersifat final dan telah sampai ke tangan pembaca yang mungkin masih banyak kesalahan atau kelemahan dalam makalah tersebut.

Contoh Kata Pengantar untuk Makalah

Contoh kata pengantar 1

Contoh kata pengantar 2

Contoh kata pengantar 3

Contoh kata pengantar 4

Contoh kata pengantar 5

Nah, itulah penjelasan tentang contoh kata pengantar yang bisa kamu pelajari sebagai referensi untuk menulis karya tulis. Kamu bisa menyesuaikan dengan apa-apa saja yang perlu disampaikan dalam kata pengantar sesuai dengan topik dan jenis karya tulis yang dibuat.

 

 

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again