1. DScovery

Cara Membuat Paper yang Baik Untuk Tugas Mahasiswa, Mulai dari Strukturnya!

Paper adalah istilah mengenai tugas penulisan yang paling sering didapati pada tingkat pendidikan perguruan tinggi. Berikut ini cara membuat paper bagi mahasiswa baru!

Paper adalah istilah tugas yang paling sering didapatkan oleh peserta didik di perguruan tinggi. Paper juga dijadikan sebagai ajang perlombaan dalam perguruan tinggi, dimana setiap mahasiswa yang berlomba akan memberikan esai hasil penelitian miliknya.

Paper bisa dijumpai di berbagai mata kuliah seperti contohnya, bahasa indonesia, mata kuliah pengantar dan lain sebagainya. Paper digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan critical thinking dan kreativitas yang dimiliki seorang mahasiswa.

Meskipun demikian, terkadang istilah paper adalah hal  yang baru terutama bagi para mahasiswa baru. Oleh karena itu berikut ini penjelasan mengenai cara membuat paper yang baik untuk tugas mahasiswa.

Struktur Paper

Paper seringkali dianggap sama dengan makalah atau bahkan esai karena dianggap sama, tetapi pada kenyataannya masing-masing jenis penulisan tersebut memiliki struktur yang berbeda. Berikut ini struktur yang terdapat dalam sebuah paper:

  • Judul

Struktur paper yang pertama adalah judul, yaitu nama yang mewakili isi dari sebuah bab dalam paper, buku, naskah, artikel, dan lain sebagainya. Judul adalah hal pertama yang akan dilihat oleh orang-orang, apakah judul tersebut dapat mewakili informasi yang orang lain cara. 

Oleh karena itu, pada saat membuat sebuah judul paper dibutuhkan waktu yang cukup lama bahkan tak jarang sebuah judul akan mengalami revisi. Hal ini karena sebuah judul diibaratkan sebagai pintu awal yang akan menentukan seseorang akan membaca paper tersebut atau tidak.

  • Abstrak

Abstrak adalah struktur paper yang membahas mengenai segala hal berkaitan dengan isi paper tersebut dari mulai pendahuluan, metode hingga pada penutupnya. Abstrak bisa dikatakan sebagai rangkuman atas keseluruhan poin penting dalam sebuah paper, tetapi tidak dijelaskan secara rinci seperti di bab pembahasan. Abstrak akan memberikan penjelasan singkat mengenai isi sebuah paper atau tulisan.

  • Pendahuluan

Pendahuluan adalah struktur paper yang berisi pendahuluan atas topik atau permasalahan yang sedang dibahas. Di dalam pendahuluan biasanya tertulis mengenai latar belakang sebuah tulisan dilakukan, menjelaskan maksud dan tujuan penulis membuat sebuah paper hingga pada alasannya. 

  • Metode

Struktur paper berikutnya adalah metode yang membahas mengenai dengan apa seseorang akan melakukan riset atau menganalisis topik permasalahan. Metode diartikan juga sebagai tata cara yang digunakan dengan teratur untuk membantu seorang penulis dalam mencapai hasil dari tujuannya.

  • Pembahasan 

Pembahasan adalah struktur paper yang membahas mengenai inti dari topik atau permasalahan yang dibahas. Pada struktur pembahasan seorang penulis akan menjelaskan secara rinci mengenai hasil-hasil temuannya di lapangan, pendapatnya serta data yang mendukung opininya. Pembahasan adalah hasil yang didapatkan melalui penggunaan metode yang telah dibahas pada sub bab sebelumnya.

  • Penutup

Penutup adalah struktur paper yang biasanya membahas mengenai kesimpulan dari hasil tulisan, beserta saran yang dapat diberikan untuk penulisan atau solusi atas permasalahan yang terjadi.

  • Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah kumpulan bahan yang dijadikan sebagai referensi penulisan dan berfungsi sebagai data pendukung. 

Cara Membuat Paper

Paper pada dasarnya akan berbeda setiap isinya karena tergantung pada topik yang akan dibahas. Tetapi secara keseluruhan semua paper memiliki cara pembuatan yang sama. Berikut ini cara membuat paper sebagai tahapan awal bagi mahasiswa:

  • Menentukan Topik

Cara membuat paper yang pertama tentulah menentukan topik yang akan dibahas dalam sebuah paper. Penulis akan berfokus untuk membuat tulisan seperti apa dan bagaimana mengembangkan ide topik tersebut. Biasanya agar seorang mahasiswa tidak mengalami kesulitan, maka tentukan topik berdasarkan hal yang memang menarik dan disukai secara pribadi. 

Untuk menentukan sebuah topik memang dibutuhkan kemauan seorang mahasiswa dalam melakukan riset, membaca buku, jurnal hingga berita terbaru. Meskipun demikian, terkadang dalam tugas kuliah seorang dosen akan langsung memberikan topik tertentu kepada mahasiswa. Maka tugas mahasiswa selanjutnya adalah mengembangkan topik tersebut menjadi sebuah ide yang lebih rinci.

  • Membuat Batas Masalah

Setelah mahasiswa tahu topik papernya, langkah selanjutnya adalah membuat batas masalah. Hal ini berkaitan dengan sejauh mana mahasiswa tersebut akan membahas dan menganalisis sebuah data yang ditemukannya, ini juga berkaitan dengan fokus dari paper. Batas masalah ditentukan untuk membantu seorang mahasiswa agar pembahasan yang dilakukannya tidak terlalu meluas.

  • Menentukan Metode

Cara membuat paper selanjutnya adalah menentukan metode yaitu, melalui cara seperti apa seorang mahasiswa akan memperoleh data untuk papernya. Pemilihan metode ditentukan berdasarkan pertimbangan akan kebutuhan data.

  • Melakukan Analisa Data ke Pembahasan

More Coverage:

Setelah menentukan metode maka mahasiswa dapat mengambil data dan melakukan analisa data ke pembahasan. Analisa data ini pada akhirnya akan menjadi hasil dari topik tulisan yang kemudian dibentuk ke dalam sebuah paper.

  • Membuat Kesimpulan

Kesimpulan adalah langkah pembuatan paper yang digunakan untuk membahas inti keseluruhan isi paper beserta saran sebagai solusi atas penemuan permasalahan di lapangan tersebut.

  • Membuat Abstrak

Cara membuat paper yang terakhir adalah pembuatan abstrak. Meskipun pada strukturnya abstrak berada di urutan setelah judul, tetapi sebenarnya abstrak adalah bagian yang paling terakhir dibuat. Karena seorang mahasiswa harus lebih dulu mengetahui hasil tulisannya untuk membuat ringkasan atas keseluruhan isi paper.

Demikian informasi seputar cara membuat paper yang baik tugas mahasiswa. Sebuah paper yang baik adalah tulisan yang dapat dipertanggung jawabkan tulisan, data dan hasil pembahasannya.

Dimana setiap tulisan bukanlah hasil plagiat, tetapi hasil riset dan analisa sendiri. Semoga informasi artikel ini dapat membantumu dalam penyusunan tugas paper.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again