1. DScovery

Contoh Motto Hidup Penuh Inspirasi dari Tokoh Dunia

Motto hidup biasa digunakan sebagai ungkapan penyemangat dan motivasi dalam kehidupan seseorang. Berikut ini beberapa contoh motto hidup beserta maknanya.

Motto hidup adalah sebuah ungkapan yang berisi mengenai suatu kalimat penyemangat dalam hidup seseorang dan menjadikannya sebagai sebuah pedoman bagi dirinya agar terus berupaya dalam hidupnya. Motto hidup seringkali dianggap sebagai kata-kata mutiara atau kalimat bijaksana yang berguna untuk memotivasi seseorang.

Motto hidup diartikan sebagai upaya milik seseorang dalam mencapai cita-cita atau tujuan hidupnya, tanpa pernah menyerah dalam kehidupan dan berusaha untuk terus mencoba melakukan yang terbaik.

Beberapa orang memiliki motto hidup yang terinspirasi dari ungkapan milik tokoh-tokoh dunia atau bahkan seseorang yang dikenalnya dalam hidup. Motto hidup bisa datang darimana saja, asalkan hal tersebut dapat menjadi penyemangat dalam kehidupan seseorang.

Berikut ini sejumlah contoh motto hidup yang penuh inspirasi dan penyemangat dari tokoh-tokoh mendunia, mengenai sebuah kehidupan yang dapat dijadikan sebuah pembelajaran bagi kita semua:

Ki Hajar Dewantara

“Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun karsa, Tut wuri handayani”, memiliki arti dalam bahasa Indonesia sebagai “Di depan menjadi panutan, di tengah memberikan bimbingan, di belakang memberikan dorongan”.

“Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat memberikan memberikan manfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya”.

Tan Malaka

“Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan, serta memperluas perasaan”. 

Maksudnya adalah melalui pendidikan seseorang akan memiliki sebuah kecerdasan, semangat dan juga perasaan untuk lebih bijaksana. Semakin berpendidikan seseorang maka akan semakin tinggi kecerdasan yang dimiliki, akan semakin besar kemauan yang dimilikinya untuk menggapai cita-cita dan akan semakin lembut hatinya dalam bersikap dan bertutur kata melalui perasaan.

Aristoteles

“Mendidik pikiran tanpa mendidik hati adalah bukan pendidikan sama sekali.”

Maksudnya adalah pendidikan yang hanya mengandalkan dan berfokus pada fungsi otak dan pemikiran logika manusia saja, tidak akan panta disebut sebagai pendidikan jika ia melupakan hati atau perasaan meliputi, simpati, empati, hati nurani dan lain sebagainya.

Jika seseorang menempuh sebuah pendidikan, semakin tinggi pendidikan tersebut maka semakin cerdas otaknya, semakin cerdas otaknya maka kemampuan emosionalnya juga akan tumbuh meningkat. Bagaimana seseorang yang berpendidikan akan lebih bijaksana dalam mengambil suatu keputusan dalam hidupnya, bagaimana ia memperlakukan orang lain dan lain sebagainya.

B.J. Habibie

“Gagal hanya terjadi ketika kita menyerah.”

Kegagalan pasti akan selalu terjadi dalam kehidupan seseorang dan itu adalah sesuatu yang wajar karena bagian dari sebuah proses kehidupan. Maksud dari gagal hanya terjadi ketika seseorang menyerah adalah ketika ia berhenti untuk mencoba berusaha dan melepaskan keinginannya atau cita-citanya akan sesuatu.

Sesuatu baru dianggap gagal adalah ketika seseorang pada akhirnya memilih untuk menyerah dalam menggapainya, karena pada dasarnya ketika seseorang berulang kali berusaha untuk menggapai sesuatu tetapi belum berhasil maka lakukan lagi hingga itu mencapai sebuah kesuksesan.

Ali bin Abi Thalib

“Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu.”

More Coverage:

Pola berpikir seseorang akan mempengaruhi bagaimana ia akan memandang suatu masa depan dalam hidupnya. Jika pemikiran seseorang dalam hidupnya hanya fokus memandang sebuah kesulitan dan kesengsaraan maka hidupnya akan semakin sulit dan tidak pernah merasa puas dan bersyukur.

Berpikir positif adalah salah satu cara bijaksana dalam mengelola pikiran alam bawah sadar milik kita, dimana jika kita berusaha untuk berpikir positif bahwa segala sesuatunya bisa diraih maka akan muncul semangat dalam diri kita untuk menggapai sesuatu yang hendak diraih tersebut. 

Demikian beberapa motto hidup yang diberikan oleh tokoh-tokoh dunia yang dapat dijadikan sebagai penyemangat dalam motivasi kehidupan seseorang. Kehidupan pada dasarnya akan selalu mengalami pasang surut, dimana seseorang akan berada di bawah dan terkadang di atas. 

Oleh sebab itu, hanya kita seoranglah yang bisa memotivasi dan berjuang dalam perjalanan hidup kita masing-masing. Semoga contoh motto hidup yang telah diberikan sejumlahnya dapat meningkatkan semangat hidup kalian semua.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again