1. DScovery

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit dari Perawat sampai Keuangan

Untuk mengajukan permohonan kerja di rumah sakit, kamu juga membutuhkan surat lamaran kerja sebagaimana di instansi lainnya

Seperti diketahui, surat lamaran merupakan berkas penting yang harus disiapkan saat melamar pekerjaan. Oleh karena itu, penulisan surat lamaran harus tepat dan akurat untuk perhatian HRD.

Hal ini pula yang harus kamu buat ketika melamar pekerjaan di rumah sakit. Baik itu menjadi staff, perawat, hingga dokter. Seluruh bagian di rumah sakit perlu pengajuan lamaran untuk mengisinya.

Sepintas, menulis surat lamaran terlihat mudah. Namun mengingat banyaknya faktor yang harus diperhitungkan, masih banyak orang yang kesulitan untuk membuatnya.

Dari tata bahasa, format isi, hingga seluruh tulisan. Jika kamu masih bingung cara menulis surat lamaran, jangan khawatir. Dailysocial.id memberikan penjelasan dan contoh berikut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Sama seperti surat lamaran kerja pada umumnya, berikut penjelasan sederhana mengenai bagian-bagian penting yang ada dalam surat lamaran kerja.

Tanggal dan Tempat Penulisan Surat

Tanggal dan tempat penulisan surat merupakan bagian pertama dalam surat lamaran kerja. Untuk surat lamaran kerja, penulisannya bisa diposisikan pada bagian kanan atas atau kiri atas. Hal perlu diingat, dalam penulisan tempat dan tanggal tidak boleh disingkat.

Tujuan Surat

Berikutnya adalah tujuan kepada siapa surat tersebut disampaikan. Sebelum menuliskan nama dan jabatan penerima surat lamaran kerja, terlebih dahulu menuliskan kata-kata yang "yang terhormat" atau dapat disingkat pula menjadi "Yth.".

Pelamar sebaiknya sudah mengetahui dengan jelas nama dan jabatan yang menerima surat lamaran kerja agar terasa lebih personal. Kemudian, tepat di bawah tujuan surat tuliskan pula nama dan alamat lengkap perusahaan yang dituju.

Salam Pembuka dan Kata Pengantar

Setelah menulis tujuan  dan nama serta alamat perusahaan tempat pelamar melamar, kemudian pelamar melanjutkan dengan menulis salam dan kata pengantar.

Disarankan agar kamu menggunakan sapaan universal seperti "Dengan hormat" yang biasa digunakan. Setelah menulis salam pembuka, pelamar kemudian  menulis atau menjelaskan informasi pekerjaan yang mereka lamar.

Data Diri

Masuk pada bagian isi, hal pertama yang perlu dijelaskan adalah data diri. Infprmasi yang biasannya ada yaitu nama lengkap, jeniskelamin, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamar surat elektronik (email) dan nomor kontak.

Pengalaman Kerja

Setelah itu, pelamar kerja dapat menuliskan pengalaman kerja yang pernah dilaluinya. Jika kamu seorang fresh graduate kamu juga bisa melampirkan keahlian yang kamu miliki.

Jika kamu sudah berpengalaman, khususnya bagi pelamar tenaga medis. Kamu bisa mencantumkan pengalaman kamu sebelumnya ketika menjalankan praktik kerja ataupun koass.

Penutup

Bagian terakhir ini pada umumnya berisi mengenai harapan pelamar kerja agar dipertimbangkan debagai calon karyawan dan melangkah ketahap berikutnya yaitu wawancara.

Setelah itu, penulisan bagian penutup juga dibubuhkan ucapan terima kasih karena penerima surat telah berkenan membaca surat lamaran kerja. Lalu dilengkapi dengan tanda tangan dan nama lengkap pelamar kerja di bawah penutup.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Instansi Kesehatan

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Posisi Perawat

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Bagian Administras

Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Apoteker

Contoh Surat Lamaran Kerja Bagian Laboratory Analist

Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai Dokter

Contoh Surat Lamaran Kerja Bagian Keuangan

Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai Bidan

Contoh Surat Lamaran Kerja Bagian Kasir

Itulah penjelasan mengenai cara membuat surat lamaran kerja di rumah sakit beserta contohnya. Semoga referensi di atas semakin memudahkanmu membuat surat lamaran kerjamu sendiri ya.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again