2 July 2014

by Yoga Wisesa

Controller DualShock 4 Kini Bisa Tersambung Secara Wireless dengan PlayStation 3

DualShock 4 merupakan controller yang dirancang khusus untuk merepresentasikan home console terbaru Sony di era next-gen. Bentuknya menyerupai sang pendahulu, namun dilengkapi berbagai fitur baru dan desain yang lebih nyaman. DualShock 4 memang bisa tersambung dengan PS3 via kabel, tapi belum mendukung koneksi wireless.

Berita baik. Bersamaan dengan update firmware 4.60 untuk PlayStation 3, Anda bisa mengakses console last generation Sony itu dengan controller DualShock 4 via konektivitas wireless Bluetooth. Kini Anda dapat menikmati game-game PS3 terbaik seperti The Last of Us, Red Dead Redemption dan Grand Theft Auto V tanpa perlu 'meninggalkan' kenyamanan yang diberikan DS4.

Fitur baru dalam DualShock 4 yang membuatnya berbeda dari DS3 adalah touch pad kapasitif di bagian atas controller sebagai medium navigasi yang lebih responsif. Lalu di depan gamepad terdapat light bar dengan tiga buah lampu LED dengan warna berbeda. Lampu tersebut dapat digunakan untuk mengidentifikasi pemain dengan karakter dalam game yang memiliki warna sama.

 

Info menarik: Nikmati PlayStation DualShock 4 di PC Anda Sekarang Juga

 

Bukan sekedar estetika, light bar juga berfungsi agar PlayStation Camera bisa mengetahui posisi dan pergerakan para pemainnya. Ia juga dibuat untuk melengkapi fungsi perangkat virtual reality yang sedang Sony kembangkan, Project Morpheus. Selain kompatibilitas wireless untuk DualShock 4, update firmware 4.60 PlayStation 3 ditujukan untuk meningkatkan stabilitas sistem softwareconsole.

Walaupun telah mendukungnya, PlayStation 3 tetap menganggap DualShock 4 sebagai controller standar. Itu berarti console lama belum bisa membaca gerakan, dan tidak ada vibrasi yang keluar dari gamepad ini saat pengguna sedang menikmati video game. Masalah lain adalah terdapat beberapa judul permainan yang tidak mendukung seluruh fiturnya. Tapi saat Anda mencabut kabel USB, DualShock 4 akan tetap tersambung.

Itu berarti kita masih harus menanti hingga Sony memberikan patch khusus agar DualShock 4 dapat berjalan optimal di PlayStation 3 dalam waktu ke depan. Update 4.60 bisa dilakukan dengan mengakses fitur System Update, menggunakan media disc, atau mengunduhnya di PC, lalu mentransfernya ke hard disk PS3 dan meng-update-nya langsung di sana.

 

Info menarik: Grand Theft Auto V Akan Tersedia Untuk PC, PlayStation 4 dan Xbox One

 

Setelah semuanya beres, yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi Accessory Setting dalam system menu PlayStation 3. Pilih Manage Bluetooth Devices, kemudian pilih Register New Device agar PS3 mulai memindai periferal baru.

Anda tinggal menekan dan menahan Share Button dan tombol berlogo PlayStation di DualShock 4 hingga lampu mulai berkedip. Controller ini akan terbaca di PlayStation 3 sebagai 'wireless controller'. Pilih opsi tersebut untuk menyelesaikan proses registrasi.

Sebelum update 4.60 dirilis, Sony telah lebih dulu meluncurkan update firmware 1.72 untuk PlayStation 4 - ditujukan untuk mempersingkat waktu boot console dan juga waktu loading file save permainan.

Dan jauh di lubuk hati yang terdalam, saya juga masih menanti driver resmi DualShock 4 dari Sony, agar controller ini juga bisa berjalan sempurna di Windows PC...

Sumber: PlayStation.com, Computer and Video Games, Engadget. Gambar header: PlayStation.com.