Categories

Interview

Corechain Segera Meluncurkan Solusi Berbasis “Blockchain” untuk Bisnis

Saat ini fokus pada penerapan konsep dan teknologi inklusi finansial

Randi Eka - 29 May 2017

Blockchain menjadi salah satu teknologi yang digadang-gadang akan menjadi tren di masa depan. Saat ini masyarakat lebih banyak mengenal salah satu implementasi dalam bentuk metode cryptocurrency yang didukung teknologi Blockchain, yakni mata uang digital Bitcoin. Sebagai sebuah fondasi teknologi, Blockchain memiliki banyak prospek pengembangan dalam berbagai solusi finansial.

Kendati belum dikenal luas di Indonesia, sebuah startup bernama Corechain kini tengah menyiapkan debutnya untuk memberikan solusi teknologi berbasis Blockchain. Secara umum Corechain akan menawarkan layanan pengembangan produk inklusi finansial. Peluncuran resmi Corechain sendiri baru akan dilaksanakan bulan Juni mendatang.

[Baca Juga: Membuat Nyata Blockchain untuk Bisnis]

Kendati baru dalam proses pembentukan, portofolio Corechain saat ini sudah dipercaya untuk diadopsi PT Pos Indonesia dan PT Antam. Saat dihubungi DailySocial, CEO Corechain Adryan Malindra masih enggan bercerita detail.

“Corechain adalah perusahaan dengan solusi Blockchain privat di Indonesia. Solusi yang ditawarkan sampai saat ini untuk financial inclusion. [Untuk implementasinya di beberapa mitra] belum bisa kami keluarkan, tapi yang jelas arahnya ke finansial inclusion, baru di-launching sekitar Juni,” ujar Adryan.

Kendati demikian Adryan turut membeberkan alasan mengapa Blockchain akan menjadi signifikan dalam lanskap bisnis teknologi ke depan.

“Karena [Blockchain] sangat menitikberatkan trust, selama ini trust itu dilempar ke pihak ketiga [dalam solusi finansial], di mana kita lihat sekarang bahwa permasalahan dengan itu sangat banyak. Selain juga sifat dari desentralisasi Blockchain mendukung sekali untuk itu. Dengan begitu perlindungan yang menyatakan trust is given itu sangat ada, dan berbuah positif,” terang Adryan.

[Baca Juga: Beyond the Blockchain]

Corechain cukup percaya diri dengan solusi yang ditawarkan. Dari pemaparan yang disajikan dalam situs resminya, layanan Corechain memungkinkan pengembang dan korporasi mengembangkan proof of concept (POC), platform dan aplikasi berbasis Blockchain menggunakan sebuah basis data yang scalable. Dikembangkan dengan konsep open platform, Corechain juga menjanjikan ragam kapabilitas terkait dengan kapasitas layanan dengan dukungan operasi berbasis query.

“Kita adalah salah satu negara dengan tidak adanya pilot Blockchain dan mungkin kita ketinggalan dengan Papua Nugini dan Kamboja. Di Asia Tenggara kita salah satu yang tertinggal. Corechain hadir menggenggam visi untuk membantu Indonesia untuk menjadi jangkar di Asia Pasifik dalam penerapan Blockchain,” ujar Adryan.

Untuk implementasinya sendiri Adryan mengaku sangat siap dari sisi teknologi. Tantangannya yang paling dominan adalah edukasi pasar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter