1. DScovery

Cover Makalah: Definisi, Contoh, Struktur, hingga Cara Membuatnya

Secara umum, cover makalah merupakan etika yang tidak boleh diabaikan dalam tulisan atau karya ilmiah lainnya

Cover makalah sebenarnya bukan hal yang asing bagi para insan akademisi maupun mereka yang sudah terjun di dunia perkantoran. Salah satu hal yang bisa menarik mata pertama kali tentu adalah cover.

Namun di dunia pendidikan cover sendiri khususnya pada makalah cenderung template. Meski demikian, jika ada di antara kamu yang belum memahami apa itu cover dan cara membuatnya, tidak usah khawatir.

Berikut DailySocial.id akan menjelaskannya padamu!

Definisi Cover Makalah

Cover makalah adalah tampilan pertama yang ditampilkan sebelum beralih ke konten dan lainnya. Itulah sebabnya cover makalah salah satu bagian yang paling penting untuk ditulis, serta judul dan nama penulis. Identitas dan hal-hal lain yang diperlukan.

Fitur cover memungkinkan pembaca lain melihat karya kamu secara sekilas, tetapi juga dapat membantu kamu terlihat lebih bergaya dan profesional.

Secara umum, cover makalah merupakan etika yang tidak boleh diabaikan dalam tulisan atau karya ilmiah lainnya. Makalah tanpa sampul dianggap tidak etis, meskipun isi kertas tersebut sangat baik. Dalam kapasitas ini, penutup kertas dibuat dari kemurnian pekerjaan yang dilakukan.

Ciri Cover Makalah yang Baik

Makalah yang baik dapat dikenali dari isinya dan harus dibaca dengan cermat, tetapi sampul kertas yang baik mudah dikenali dan langsung dinilai. Ada pepatah mengatakan, "Jangan menilai buku dari sampulnya," tetapi pernyataan itu ada benarnya.

Sampul tidak bisa kita abaikan begitu saja, ada beberapa syarat agar sampul kertas dianggap baik.

Yang pertama berisi informasi penting seperti nama, nama penulis, pengenal institusi dan tahun pembuatan. Kedua, susunan yang digunakan biasanya berukuran 4x3x3x3 cm.

Ketiga, karena tugas penulisan akademik dan tugas kuliah biasanya bersifat vertikal, maka sangat jarang tugas horizontal menyertakan sampul kertas. Untuk lebih jelasnya pembahasan berikut menjelaskan fungsi dari masing-masing bagian cover makalah.

Format Bagian Cover Makalah

Judul Makalah

Judul makalah harus disajikan dalam sebuah cover. Bagian ini harus ditulis secara lengkap agar informasi tersampaikan kepada pembaca. Judul juga sebisa mungkin dibuat eye catching sehingga menarik perhatian pembaca dan dapat menggambarkan isi makalah.

Kepala dan atas adalah judul karya. Judul dapat ditempatkan di tengah sampul dan ditulis. Umumnya font yang digunakan untuk judul makalah adalah Arial, Calibri atau New Roman, dan tentunya harus menggunakan huruf kapital dan huruf tebal.

Tujuan Makalah

Tujuan makalah ditulis secara singkat agar pembaca mengetahui informasi mengenai maksud dari pembuatan makalah tersebut. Tujuan makalah ditulis Setelah judul. Pada beberapa makalah bagian Tujuan makalah ini juga bisa diletakkan pada bagian sub judul. Format penulisannya lebih kecil dari judul utama.

Contoh Tujuan Makalah: “Makalah ini disusun untuk Memenuhi Syarat Kelulusan Mata Kuliah Pengantar Ilmu Jurnalistik".

Logo Makalah

Logo yang di insert pada cover makalah biasanya yang berkaitan dengan instansi dimana penulis menimba ilmu, seperti sekolah, universitas, maupun lembaga pendidikan lainnya.

Posisi logo pada contoh cover makalah dibuat secara center (tengah) dengan Ukuran panjang maupun lebarnya pun harus presisi sehingga terlihat proporsional. hindari membuat logo atau gambar dengan ukuran yang terlalu kecil ataupun besar, umumnya logo dibuat dalam ukuran 5×5 cm.

Data penyusun

Selanjutnya adalah data atau identitas penyusun makalah arus dicantumkan. Identitas tersebut biasanya berupa nama atau nomor pokok dari pemilik identitas, selain itu siapanya bisa individu atau kelompok.

Untuk data penulis kelompok seluruhnya ditulis dengan urutan abjad. Namun bisa juga menurut nomor induk mahasiswa. Penyusunan ini bertujuan untuk membedakan dengan pemilik makalah lain.

Identitas Lembaga (Sekolah, universitas, fakultas, maupun jurusan)

Selain nama pembuatan makalah, perlu juga menuliskan nama universitas/sekolah, fakultas, jurusan sebagai lembaga yang dijadikan tempat menempuh pendidikan. Pada bagian ini ditulis di bagian bawah cover makalah.

Setelah itu diakhiri dengan tahun Pembuatan makalah. Semua bagian ini dibuat secara center (tengah) dan presisi.

Untuk contoh cover makalah yang bisa menjadi referensi bagimu, kamu bisa membacanya di link berikut ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again