15 April 2015

by Bambang Winarso

Cyanogen OS 12 Rasa "Lollipop" Resmi Diluncurkan, OnePlus One Dapat Giliran Pertama

Hubungan antara OnePlus dan Cyanogen mungkin tak semesra dulu, tapi update terbaru custom ROM Cyanogen OS 12 kini telah diluncurkan dan perangkat OnePlus One mendapatkan jatah perdana. Setelah itu baru perangkat buatan Micromax, Yureka.

Cyanogen OS 12 membawa semua hal manis – semanis permen lolipop - terutama tampilan ala Material Design yang diharapkan oleh banyak orang, di sana ada polesan elemen visual, animasi dan interaksi serta perubahan yang lebih fungsional yang dijanjikan oleh Android Lollipop.

Tampilan Cyanogen OS 12 dipastikan lebih menarik berkat adanya fitur App Themer yang terdiri dari berbagai pilihan tema. Ada tema gratis dan berbayar yang dapat dipergunakan sesuai selera pengguna. Cyanogen sudah mempersiapkan App Themer sebagai aplikasi terpisah sehingga mudah ditemukan dan dioperasikan.

Selain memanjakan mata, Cyanogen juga mulai memperkenalkan aplikasi alternatif Gmail yang didukung oleh layanan Boxer. Ini adalah layanan email resmi Cyanogen yang menawarkan beberapa keunggulan seperti integrasi banyak akun, exchange support, dan sejumlah fitur kustomisasi yang memanjakan.

Sayangnya kendati Cyanogen telah memastikan peluncuran update Cyanogen OS 12, hingga berita ini dipublikasikan belum ada detail resmi dimana pengguna dapat mengunduh versi Zip-nya. Dari pantauan TRL di situs dan forum OnePlus pun belum ada tanda-tanda pemberitahuan resmi.

Info Menarik:Drone 3D Robotics ‘Solo’ Dilengkapi Fitur Autopilot dan Kontrol Penuh Atas GoPro

Namun mengingat ini baru peluncuran resmi dari pihak Cyanogen, sangat mungkin saat ini OnePlus sedang mempersiapkan segala sesuatu sebelum membuat pengumuman secara resmi.

Dan ya, OnePlus memang mempunyai alternatif lain bagi pengguna OnePlus One yang ingin merasakan manisnya Android Lollipop yakni lewat custom ROM buatan sendiri, OxygenOS. OxygenOS sudah resmi diluncurkan pada awal April lalu.

Custom ROM buatan Oneplus ini bahkan lebih maju dari buatan Cyanogen karena sudah berbasis Android 5.0.2 Lollipop, diklaim sangat ringan dan memiliki banyak kelebihan serta integrasi layanan yang lebih baik. Tak hanya itu, OS tersebut juga dilengkapi dengan beberapa fungsi gestures, pengaturan cepat (quick setting) dan File Manager yang merupakan fitur-fitur penting di Android.

Sumber berita Cyngn.