23 April 2015

by Glenn Kaonang

CyberPowerPC Trinity Adalah Gaming PC Berwujud Imperial Shuttle

Apa yang terjadi ketika pabrikan gaming PC dimotori oleh cendekiawan penggemar berat Star Wars? Saya tidak tahu pasti, namun saya cukup yakin CyberPowerPC merupakan salah satu perusahaan tersebut.

Bagaimana tidak, gaming PC terbarunya memiliki wujud yang mirip dengan pesawat Imperial Shuttle yang telah muncul dalam beberapa film Star Wars. Dinamai Trinity, gaming PC ini tidak cuma dirancang untuk pamer penampilan saja, tetapi juga untuk memaksimalkan fungsionalitasnya.

Tentu saja, desain tiga ‘sirip’ ini tampak mengesankan di mata. Masing-masing ‘sirip’-nya berbobot sekitar 4,5 kg, mengindikasikan bahwa dirinya kokoh dan tidak ringkih seperti pesawat Imperial Shuttle pada film.

CyberPowerPC Trinity membagi komponen-komponen miliknya ke tiga ‘sirip’ tersebut. Hal ini ditujukan untuk memaksimalkan sistem pendinginan, dimana setiap komponen yang menghasilkan panas sangat besar ditempatkan secara terpisah. Pada bagian tengahnya, tampak batang heksagonal yang menghubungkan ketiga ‘sirip’ tersebut, sekaligus sebagai wadah untuk menyembunyikan kabel.

Info menarik: All-New Hercules Ialah Visi Xenom Akan ‘Desktop Gaming’ Masa Depan

‘Sirip’ yang pertama dinamai “Performance Blade”. Bagian ini merupakan rumah dari kartu grafis, dan ia siap menampung kartu grafis high-end yang berbodi panjang sekalipun. Terdapat ruang kosong untuk menempatkan sejumlah SSD jika Anda benar-benar haus akan kapasitas penyimpanan, dan di depannya terpasang 2 port USB 3.0 dan jackheadphone serta mikrofon.

Namun media penyimpanan utamanya tersimpan di dalam “Storage Blade”. Bagian ini bisa mengakomodasi 3 unit SSD dan 2 unit HDD, plus optical drive yang berwujud ramping jika diperlukan. Di belakangnya adalah ruang untuk satu unit power supply berukuran standar.

‘Sirip’ yang terakhir, yakni “CPU Blade”, adalah tempat motherboard mini-ITX beserta seluruh isinya – prosesor, RAM – bernaung. Anda juga bisa memasangkan sistem liquid cooling berukuran 120 mm pada bodi Trinity sehingga Anda tak perlu khawatir prosesornya kepanasan.

Info menarik: [Review] Notebook Gaming Asus Republic of Gamers G550JK

CyberPowerPC Trinity ditawarkan dalam tiga varian dengan konfigurasi yang berbeda. Varian paling murahnya dihargai $955, mengemas prosesor AMD A10–7700K, kartu grafis Nvidia GeForce GTX 750Ti, RAM 8 GB DDR3 dan penyimpanan SSD 120 GB plus HDD 1 TB.

Sedangkan untuk varian termahalnya, Anda perlu menyiapkan dana sebesar $1.795. Varian ini mengusung spesifikasi yang amat beringas, di antaranya Intel Core i7–5820K, Nvidia GeForce GTX 970, RAM 16 GB DDR4 dan kombinasi SSD 240 GB + HDD 2 TB.

Tidak peduli apakah Anda penggemar Star Wars atau bukan, saya jamin semua PC gamer akan tergoda melihatnya. Saatnya menabung untuk memainkan Star Wars: Battlefront di gaming PC istimewa ini…

Sumber: CyberPowerPC via UberGizmo.