1. DScovery

Daftar Pustaka: Pengertian, Fungsi dan Teknik Penulisannya

Daftar pustaka adalah salah satu bagian penting dalam karya tulis ilmiah.

Daftar pustaka merupakan salah satu bagian yang harus dicantumkan dalam penulisan karya tulis ilmiah. Bagian ini biasanya berisi daftar referensi yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah tersebut.

Lantas, apa itu daftar pustaka dan mengapa hal ini penting untuk dicantumkan? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini!

Apa Itu Daftar Pustaka?

Daftar pustaka adalah daftar sumber bacaan yang digunakan referensi dalam suatu karya tulis ilmiah. Sumber bacaan tersebut dapat berupa buku, jurnal, artikel, maupun berita.

Umumnya, daftar pustaka terletak pada bagian akhir karya ilmiah. Cara penyusunannya pun tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikan kaidah penyusunannya.

Fungsi Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan salah satu bagian yang harus ada dalam penulisan karya tulis ilmiah karena memiliki fungsi penting. Berikut adalah beberapa fungsi daftar pustaka.

Menghindari Plagiarisme

Daftar pustaka memiliki fungsi utama untuk menghindari plagiarisme. Pasalnya, dengan menulis sumber referensi yang digunakan, berarti penulis sudah menyatakan bahwa kutipan yang diambil berasal dari sumber yang jelas dan bukan hasil plagiasi.

Memperkuat Argumen Penulis

Dalam penulisan karya ilmiah, setiap argumen yang ditulis oleh penulis harus disertai dengan bukti atau dikuatkan dengan pernyataan dari para ahli. Bukti-bukti tersebut harus jelas sumbernya dan dituliskan dalam daftar pustaka.

Sebagai Bentuk Penghargaan bagi Penulis Asli

Daftar pustaka juga berfungsi sebagai bentuk penghargaan bagi penulis asli buku, artikel, maupun jurnal yang digunakan sebagai referensi dalam karya ilmiah. Caranya adalah dengan sumber referensi serta nama penulisnya.

Membantu Pembaca

Terakhir, daftar pustaka juga berfungsi untuk membantu pembaca dalam mengetahui sumber referensi yang digunakan. Dengan begitu, pembaca tidak akan kesulitan jika ingin membacanya.

Unsur-Unsur Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka yang benar harus memenuhi beberapa unsur berikut.

Nama Penulis

Nama penulis adalah unsur pertama yang haru dipenuhi dalam penulisan daftar pustaka. Nama penulis harus diurutkan sesuai urutan alfabet.

Ketentuan penulisannya, nama belakang penulis harus diletakkan di depan, lalu dilanjutkan dengan penulisan nama depan dan dipisahkan dengan tanda koma (,).

Apabila sebuah buku ditulis dengan lebih dari dua penulis, maka ketentuannya adalah nama penulis pertama ditulis dengan format tersebut, lalu dilanjutkan nama penulis kedua dan ketiga. Jika penulis lebih dari tiga, maka setelah nama penulis pertama ditambahkan dengan singkatan ‘dkk’.

Contoh:

Ferguson, James*.* atau Ferguson, James dkk.

Apabila sumber referensi yang digunakan tidak diketahui nama pengarangnya, maka kamu bisa menulis langsung dimulai dari judul buku disusul dengan tahun terbit.

Tahun Terbit

Unsur kedua yang harus ditulis setelah nama penulis adalah tahun terbit. Dalam penulisannya, tahun terbit bisa ditulis dengan atau tanpa tanda kurung, tergantung dari style penulisan yang kamu gunakan. Setelah itu diakhiri dengan tanda baca titik.

Contoh:

Ferguson, James. (1990).

Judul Bacaan

Dalam penulisan judul bacaan harus ditulis secara miring.

Contoh:

Ferguson, James. (1990). The Anti-Politics Machine.

Dalam penulisan judul bacaan yang bersumber dari jurnal, judul jurnal harus ditulis dan disusul dengan halaman.

Contoh:

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal pendidikan dan kebudayaan16 (3), 229-238.

Tempat Terbit

Setelah judul referensi, unsur selanjutnya yang perlu ditulis adalah tempat penerbitan buku. Dalam penulisannya, kota tempat terbit ditulis dengan menambahkan tanda titik dua sebelum nama penerbit.

Contoh:

Ferguson, James. (1990). The Anti-Politics Machine. New York:

Nama Penerbit

Unsur yang terakhir adalah nama penerbit yang menerbitkan buku tersebut.

Contoh:

Ferguson, James. (1990). The Anti-Politics Machine. New York: Cambridge University Press.

Nah, demikian penjelasan lengkap mengenai daftar pustaka. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasanmu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again