1. DScovery

Daftar Riwayat Hidup: Pengertian, Format, Isi, dan Jenisnya

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui pengertian, isi, dan jenis dari daftar riwayat hidup.

Daftar riwayat hidup merupakan alat pemasaran untuk diri kamu sendiri yang menyoroti kualifikasi dan pencapaian kamu kepada calon pemberi kerja.

Sangat penting untuk menjaga agar dokumen ini selalu terbarui dan akurat, dan untuk meninjaunya secara teratur untuk memastikan bahwa dapat menampilkan kamu dengan sebaik mungkin.

Utamakan untuk memilih jenis daftar riwayat hidup yang paling sesuai dengan keahlian dan pengalaman kamu, dan paling relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar untuk meningkatkan peluang kamu untuk dipilih untuk wawancara atau tawaran pekerjaan.

Pengertian Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup, atau umumnya dikenal dengan Curriculum Vitae (CV), adalah dokumen yang merinci latar belakang profesional dan pendidikan kamu. 

Dokumen ini berisi ringkasan dari pengalaman kerja, keterampilan, pendidikan, prestasi, dan biasanya digunakan saat melamar posisi akademik, posisi penelitian, atau industri tertentu. 

Isi dari dokumen ini harus disesuaikan dengan pekerjaan spesifik yang kamu lamar, menekankan keterampilan dan pengalaman yang paling relevan dengan posisi itu.

Fungsi utamanya adalah untuk memberikan ringkasan latar belakang profesional dan pendidikan kamu kepada calon pemberi kerja atau institusi akademik. Ini adalah cara untuk memamerkan keterampilan, pendidikan, pengalaman kerja, dan prestasi kamu dengan cara yang jelas dan ringkas.

Isi Daftar Riwayat Hidup

Saat menulis CV, penting untuk diingat bahwa CV harus jelas, ringkas, dan mudah dibaca. Berikut ini adalah isi dari daftar riwayat hidup yang benar:

  • Informasi Pribadi: Berisi nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email kamu.
  • Ringkasan: Pernyataan singkat yang merangkum pengalaman dan kualifikasi profesional kamu.
  • Pendidikan: Bagian ini mencantumkan latar belakang pendidikan kamu, termasuk institusi yang kamu hadiri dan gelar yang kamu peroleh.
  • Pengalaman Kerja: Daftar terperinci tentang riwayat pekerjaan kamu, termasuk jabatan, tanggal kerja, deskripsi tugas, dan pencapaian kamu.
  • Keterampilan: Daftar keterampilan yang relevan, seperti keterampilan komputer, kemahiran bahasa, dan kualifikasi lainnya.
  • Penghargaan: Daftar penghargaan yang telah kamu terima untuk pekerjaan atau prestasi akademik kamu.
  • Organisasi: Jika kamu tergabung dalam organisasi profesional mana pun, cantumkan di bagian ini.

Jenis Daftar Riwayat Hidup

Ada dua jenis utama daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV):

CV Kronologis

CV kronologis mencantumkan pengalaman kerja dan pendidikan kamu dalam urutan kronologis terbalik, dengan pengalaman terbaru kamu dicantumkan terlebih dahulu. 

Jenis CV ini biasa digunakan di industri yang mengutamakan pengalaman kerja, seperti bisnis atau keuangan.

CV Fungsional

CV fungsional berfokus pada keterampilan dan pencapaian kamu, bukan riwayat pekerjaan kamu. Ini menyoroti keterampilan dan pencapaian kamu dan mengelompokkannya ke dalam kategori, seperti keterampilan komunikasi atau keterampilan manajemen proyek. 

Jenis CV ini biasa digunakan oleh mereka yang sedang berganti karir, memiliki celah dalam riwayat pekerjaannya, atau memiliki keahlian yang beragam.

Beberapa orang juga menggunakan kombinasi keduanya yang dikenal dengan CV kombinasi atau hybrid. Jenis CV ini mencakup elemen CV kronologis dan fungsional, menyoroti pengalaman kerja dan keterampilan kamu.

Demikianlah penjelasan mengenai daftar riwayat hidup, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again