1. Startup

Dagangan Berdayakan Ekonomi Digital Pedesaan Lewat Berdagang

Dagangan memiliki lebih dari 40 hub menghubungkan 15 ribu desa, kini telah memiliki lebih dari 17 ribu pengguna aktif

Semestinya pertumbuhan digital harus merata dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Hanya saja fakta ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Setidaknya kondisi seperti itulah yang dirasakan Ryan Manafe bersama dua temannya, Willy Chandra dan Adi Wismaya, sebelum mantap merintis startup social commerceDagangan.

Awalnya, Ryan sempat bercita-cita ingin menjadi seorang abdi negara, impian yang sama seperti teman-temannya dan kebanyakan orang Magelang. Di kota tersebut ada sekolah polisi yang selalu banjir peminat dari seluruh Indonesia. Akhirnya, impian tersebut hanya sebatas angan-angan. Ia justru mengawali kariernya bekerja di perusahaan energi terbarukan, masuk ke desa-desa yang belum dialiri listrik. Di sanalah ia bertemu Willy dan Wismaya.

“Saya lihat rupanya ketika listrik sudah nyala di desa, bukan artinya listrik jadi game changer, ekonomi di desa tersebut langsung meningkat. Ada faktor lain, yang sekalipun di daerah yang sudah berlistrik belum tentu langsung maju [ekonominya]. Ternyata masalahnya pada akses dan bentuk aksesnya itu macam-macam,” ucap Ryan kepada DailySocial.id.

Ryan melanjutkan, salah satu akses yang paling mendasar sebelum masuk ke kesehatan dan pendidikan adalah kebutuhan pokok. Mereka harus menempuh waktu yang tidak sebentar untuk belanja ke pasar yang rata-rata terletak di kota. Pun ketika ingin dijual kembali di lingkungannya, harga jualnya jadi mahal sehingga jadi sulit bersaing. Isu inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal lahirnya Dagangan pada 2019.

“Idenya simpel saja, karena di kota besar banyak startup yang lahir, namun saya merasa masalah yang tidak terlalu painful bahkan sampai dibuat app-nya. Sementara di desa tidak ada yang memerhatikan. Kami pun bersemangat untuk merintis Dagangan. Dari kami bertiga, bertambah Estrada [Andhika Estrada] dan Willy [Willy Chandra] untuk team up.”

Masing-masing co-founder memiliki latar belakang yang saling mendukung satu sama lain di Dagangan. Ryan (CEO) sebelumnya bekerja di Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP-PPP/UKP4), kemudian ikut mendirikan salah satu perusahaan tenaga surya SUN Energy. Wilson Yanaprasetya (President) pernah bekerja di perusahaan firma ekuitas swasta dan turut menjadi salah satu pendiri di Qerja.

Sementara, Willy Chandra (COO) sebelumnya bekerja di perusahaan FMCG P&G, hingga akhirnya meneruskan ke SUN Energy dan bertemu dengan Ryan. Lalu, Andhika Estrada (CTO) pernah bergabung di Agate sebagai co-founder dan Adi Wismaya (VP of Business Development) memulai kariernya di perusahaan konsultan, kemudian melanjutkan ke SUN Energy.

Solusi Dagangan

Sumber: Dagangan

Sedari awal Dagangan konsisten dengan misinya yang ingin memberdayakan ekonomi desa dengan solusi digital. Pergerakan ekonomi di daerah luar biasa besar, tapi kehidupan masyarakatnya masih sangat konvensional. Dagangan menganut konsep social commerce yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dengan layanan pengantaran di hari yang sama dan esok hari.

Yang membuat Dagangan berbeda dari platform sejenis adalah memanfaatkan model hub-and-spoke. Maksudnya ialah, Dagangan membangun pusat pengadaan kebutuhan pokok atau micro fulfillment center (hub) di kota lapis dua, tiga, dan pedesaan. Tujuannya untuk meringankan biaya logistik. Konsumen bisa memperoleh akses barang lebih mudah, produsen juga mampu menjangkau area yang sebelumnya sulit diraih akibat keterbatasan logistik.

“Dalam ilmu rantai supply chain, hub-and-spoke itu konsep distribusi yang ideal. Tapi untuk mengerjakannya dari teori tidak mudah. Masalahnya konsep distribusi di Indonesia itu eksklusif. Misal, Unilever, untuk distribusi ke jaringannya tidak bisa bawa merek lain.”

Ryan melanjutkan, karena eksklusif, distributor dari merek tersebut langsung menyalurkannya ke grosir, warung, bekerja secara sporadis. Hasilnya pun amburadul karena tidak tersistem, penetrasi produk dari merek tersebut akhirnya tidak sampai ke warung kelontong di pedesaan. Dagangan berusaha mengisi kekosongan tersebut, justru membuat sistem distribusi jadi lebih rapi dan tertata.

Dari gudang Dagangan yang terletak di pedalaman akan jadi hub untuk distribusi produk-produk yang dipesan pemilik warung, agen, atau reseller. Baik di mata pemegang merek ataupun Dagangan sendiri, model bisnis seperti ini bisa dikatakan lebih nyaman bagi kedua belah pihak. Beda halnya, kalau Dagangan bermain di kota besar yang lebih rawan konflik, dikhawatirkan terjadi kanibalisasi.

“Dagangan hanya cover tier 3 dan 4 di area yang belum di-cover oleh distributor. Makanya, positioning kami lebih nyaman buat produsen lebih terbuka kepada kita.”

Adapun, untuk pengirimannya karena harus ke desa, tak banyak pihak ketiga yang masuk ke area tersebut. Alhasil, Dagangan pun bangun jaringannya secara perlahan-lahan dengan merekrut tim lokal dan terus menerus dilatih agar siap. Meski terbilang lambat, Ryan meyakini membangun bisnis berkelanjutan itu lebih penting dan tidak ada jalan pintasnya.

Konsep ini pertama kali diperkenalkan di kampung halaman Ryan, di Magelang. Ia memilih lokasi ini karena ia punya pemahaman mendalam terkait budaya dan kebiasaan masyarakat setempat. Kemudian, masuk ke Sleman, Grabag, Temanggung, Salatiga, Ambarawa. “Tapi pertumbuhan di Sleman paling cepat, makanya kami taruh kantor pusatnya di sini. Untuk area Jawa Barat, baru kita cover di Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis, kalau Jawa Timur baru di Madiun.”

Strategi yang diambil Dagangan untuk keseluruhan bisnisnya, berbeda dengan kebanyakan startup lainnya yang berfokus pada digitalisasi baru. Salah satu solusi yang ramai ditawarkan oleh startup adalah pencatatan keuangan (bookkeping). Mengenai hal tersebut, Ryan berpendapat bahwa di daerah solusi yang paling dibutuhkan saat ini adalah suplai barang kebutuhan dengan harga murah dan bervariasi, tidak melulu soal akses logistik yang sulit saja.

“Pilihan yang bervariasi, itu juga jadi isunya, selama ini pilihan belanja mereka itu-itu saja. Misal, untuk rasa mie instan saja, mereka susah mendapatkannya. Kalau di kota mungkin isunya sudah beda, barang-barang sudah terpenuhi makanya yang lain masuk ke tahap berikutnya, yakni bookkeping. Jadi mungkin ada kebutuhan itu.”

Disebutkan, Dagangan memiliki lebih dari 40 hub yang tersebar di berbagai area di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Produk dan layanan Dagangan telah menjangkau hampir 15 ribu desa di 40 kota/kabupaten. Lalu, terdapat lebih dari 4 ribu SKU dan lebih dari 17 ribu pengguna aktif dari total 100 ribu pengguna terdaftar yang memanfaatkan solusi Dagangan.

Relasi dengan BTPN Syariah

Hal menarik lainnya dari Dagangan adalah relasi yang sudah dibangun sejak awal 2020 antara perusahaan dengan BTPN Syariah, sampai akhirnya menjadi investor strategis di Dagangan melalui arm CVC-nya BTPN Syariah Ventura. Ryan menuturkan, saat itu Dagangan melakukan pilot project untuk mendukung para debitur BTPN Syariah untuk mengembangkan bisnis melalui pinjaman yang mereka terima.

More Coverage:

Dagangan menyediakan stok barang kelontong dalam bentuk paket-paket hemat yang bisa dibeli untuk nantinya dijual kembali oleh para mitra di lingkungan rumahnya. Karena berjualan barang kelontong, maka perputaran uangnya jauh lebih cepat hanya sekitar satu hingga dua hari saja. “Sebab enggak semua mitra BTPN Syariah ini punya bisnis untuk mutar uangnya. Di daerah itu bisnis yang paling gampang untuk memutar uang adalah berdagang.”

Kemitraan kedua perusahaan berlanjut ke integrasi API, aplikasi Dagangan terhubung dengan aplikasi Warung Tepat, yang ditujukan untuk agen Laku Pandai (disebut Agen Tepat). Dalam salah satu fiturnya, aplikasi ini memungkinkan agen bisa belanja produk satuan dengan harga grosir, baik untuk kebutuhan pribadi ataupun untuk dijual kembali.

“Ketika sudah masuk integrasi API artinya dua-duanya saling buka dapur. Yang menariknya, ini yang dibicarakan bukan peluang tapi yang sudah terjadi dan sedang terjadi [karena integrasi API], jadi investasi inni hanya sekadar menegaskan sekaligus mengonfirmasi saja.”

Ke depannya, bersama dengan BTPN Syariah, Dagangan akan mengeskalasi bisnis yang sudah terbukti berhasil sejak pilot project dan melipatgandakan jumlah lokasi baru ke area di mana BTPN Syariah beroperasi. Sebagai catatan, BTPN Syariah memiliki basis 6 juta nasabah yang terlayani dan 4,1 juta di antaranya adalah nasabah aktif. Nasabah kredit perbankan yang digarap ini berada di kelompok pra-sejahtera.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again