1. Startup

B Capital Umumkan Dana Kelolaan Ketiga Senilai 32 Triliun Rupiah

B2B e-commerce menjadi salah satu target utama B Capital di Asia, khususnya untuk investasinya di Indonesia

Perusahaan modal ventura multi-tahap B Capital mengumumkan penutupan dana kelolaan ketiganya (Growth Fund III) dengan komitmen modal agregat sekitar $2,1 miliar atau kurang lebih 32 triliun Rupiah. Ini menjadi prestasi lanjutan, setelah sebelumnya pada tahun 2022 lalu mereka berhasil menutup Ascent Fund II senilai $250 juta.

"Sejak awal, B Capital telah berkomitmen untuk berinvestasi di perusahaan teknologi mutakhir di seluruh dunia. Portofolio Growth Fund III mencakup perusahaan yang mengubah masing-masing industri dan menghasilkan dampak yang signifikan," kata Co-Founder & Managing Partner B Capital Eduardo Saverin.

Didirikan pada tahun 2015, B Capital dipimpin oleh Howard Morgan, Sheila Patel, Eduardo Saverin, dan Raj Ganguly. Dengan memanfaatkan pengalaman perusahaan secara global bersama tim investor dan penasihat platform yang berpengalaman, mereka berinvestasi di perusahaan teknologi mulai dari tahap awal hingga akhir, terutama di sektor enterprise solution, fintech, dan healthtech.

Tercatat saat ini B capital telah memberikan investasi kepada startup di  Afrika, Tiongkok, Eropa, India, Amerika Utara. dan tentunya Asia Tenggara.

Saat ini B capital juga telah menjalin kemitraan strategis eksklusif dengan Boston Consulting Group (BCG). Hal tersebut bisa membantu dalam hal mendapatkan wawasan strategis dan saran kepada perusahaan portofolio kami pada bidang utama bisnis startup.

"Penekanan kami pada investasi bernilai tambah, didukung oleh penasihat platform kami dan kemitraan strategis dengan BCG, memungkinkan kami untuk mempercepat pengembangan dan pertumbuhan bisnis di seluruh portofolio kami. Pendekatan ini mendorong model investasi berkinerja tinggi, yang akan terus kami terapkan pada seri Growth Fund III," kata Co-Founder & Managing Partner B Capital Raj Ganguly.

Investasi untuk Startup Indonesia

B Capital juga menempatkan Indonesia sebagai wilayah kunci dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat di Asia. Sejak awal, kawasan ini sudah menjadi target utama mereka dalam hal berinvestasi di berbagai putaran. Alasannya karena pasar B2B yang besar, kelas menengah terus berkembang menyumbang lebih dari 40% konsumsi.

More Coverage:

Selain itu mereka melihat tren peningkatan adopsi digital dan penggunaan teknologi di seluruh rantai pasokan, di antaranya pergudangan, manajemen transaksi, dan pemasaran.

B Capital berpartisipasi ke sejumlah pendanaan startup di Indonesia, diantaranya:

  • Partisipasi ke pendanaan seri B untuk Kopi Kenangan sebesar $109 juta
  • Memimpin pendanaan seri A $ 20 juta ke startup B2B e-commerce Ula
  • Partisipasi ke pendanaan seri B sebesar $53 juta ke Payfazz
  • Partisipasi pada putaran pendanaan awal senilai $ 2,8 juta diberikan kepada Finku
  • Partisipasi pada pendanaan seri C sebesar $ 70 juta ke startup Super
  • Partisipasi pada putaran pra-seri A startup konstruksi B2B Brik yang hampir mengumpulkan sekitar $12 juta.
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again