2 January 2014

by wiku

Data Perangkat Windows Phone di Indonesia

AdDuplex kembali merilis laporan data untuk pasar Windows Phone sampai dengan bulan Desember 2013. Dari laporan ini ada satu grafik yang menampilkan data perangkat Windows Phone di Indonesia.

Dari laporan ini bisa dilihat bahwa Nokia Lumia 520 menjadi raja untuk perangkat Windows Phone di Indonesia dengan 39.7%. Untuk perangkat terdua terbanyak adalah Nokia Lumia 620 dengan 11.3%. Data untuk pasar Indonesia di atas menggabungkan sistem operasi Windows Phone 7 dan Windows Phone 8.

Nokia tentu saja mendominasi perangkat berbasis Windows Phone karena merek ini yang paling sering meluncurkan berbagai edisi atau tipe, mulai dari yang murah sampai dengan yang premium.

 

Info menarik: Tiga Game Klasik Windows PC Kini Tersedia di Windows Phone

 

Merek lain adalah Huawei Ascend W1 yang mampu merengkuh pangsa pasar di Indonesia dengan 1.8%, bisa jadi ini karena promo bundling dengan Smartfren yang memang cukup gencar. Sedangkan merek lain seperti HTC masuk ke ‘other’ bersama merek lain dengan pangsa pasar 5.3%.

Dalam laporannya AdDuplex juga menyebutkan bahwa faktor harga bisa menjadi faktor penting, Lumia 520 memang dijual dengan harga terjangkau untuk merengkuh pasar menengah - bawah. Meski demikian, Lumia premium pun tetap mendapat tempat di pengguna Windows Phone Indonesia.

Sebaran data yang ada di pengguna Indonesia juga hampir serupa dengan data secara global, dimana pangsa pasar terbesar untuk perangkat Windows Phone dipegang oleh Nokia Lumia 520 dengan 30.8%, disusul Nokia Lumia 920 dan Lumia 620.

 

Info menarik: Instagram Akhirnya Hadir di Windows Phone

 

Untuk perangkat berbasis hanya Windows Phone 8, selain di kuasai oleh Nokia, HTC pun mendapatkan ‘secuil’ pangsa pasar dengan dua produknya, HTC 8X dan HTC 8S.

AdDuplex mendata 2.499 perangkat Windows Phone yang menjalankan AdDuplex SDK v.2, data dikumpulkan sampai dengan tanggal 27 Desember 2013 kecuali ada keterangan tambahan. Untuk laporan lengkap Anda bisa melihatnya lewat tautan ini.

 Via: Imago.dailysocial.net.