1. DScovery

Database Adalah: Pengertian, Jenis dan Manfaat untuk Bisnis

Database menjadi instrumen penting bagi programmer dalam membuat suatu aplikasi web atau perangkat keras.

Basis data atau database adalah tempat di mana kumpulan informasi disimpan secara sistematis untuk memudahkan akses dan pengelolaan.

Melalui database ini, pengguna dapat dengan mudah mencari informasi, menyimpan informasi atau membuang informasi.

Mari kita lihat artikel ini untuk memahami apa itu database!

Apa Itu Database?

Basis data adalah kumpulan informasi yang diatur dan dihubungkan dengan cara yang membuatnya mudah diakses. Basis data biasanya berada di perangkat keras komputer dan dikelola secara otomatis oleh Database Management System (DBMS).

Sederhananya, basis data atau database adalah kumpulan data atau informasi yang disimpan secara sistematis. Database memainkan peran penting dalam perangkat untuk mengumpulkan informasi, data atau file secara terintegrasi.

Misalnya, kamu tentu pernah mendengar istilah PDSS kan? Ya, Database Sekolah dan Siswa adalah database seluruh sekolah dan siswa di seluruh Indonesia.

Dalam basis data ini kamu dapat mencari informasi apa pun secara terperinci, terorganisir, dan terintegrasi. Mudah dipahami bukan?

Jenis-jenis Database

Sekarang kita telah membahas apa itu database, saatnya untuk berbicara lebih banyak tentang berbagai jenis database. Sebenarnya, database dibagi menjadi lima (5) jenis:

1. Operational Database

Operational Database adalah basis data yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data operasional secara real time.

Jenis database ini sangat fleksibel. Kamu dapat mengubah, menghapus, atau menambah informasi secara langsung dan cepat.

Perusahaan biasanya menggunakan database operasional untuk menyimpan data operasional. Seperti informasi karyawan, yang meliputi nama karyawan, informasi gaji, informasi pelanggan, dll. Contoh database fungsional:

JSON. JavaScript Object Notation (JSON) adalah format file yang menggunakan teks untuk mengirimkan data. Format ini sangat banyak digunakan oleh pengguna untuk bertukar data, misalnya untuk komunikasi cepat melalui web browser dan web server. Sinkronisasi data dapat dilakukan secara real time.

XML. Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa pemrograman markup yang berisi aturan untuk menyediakan dua jenis kode dokumen yang berbeda, yang dapat dibaca manusia dan yang dapat dibaca komputer. Pengguna juga dapat menyinkronkan data secara real time.

2. Database Warehouse

Database Warehouse adalah sistem basis data yang biasa digunakan untuk pelaporan dan analisis data. Ini adalah pusat penyimpanan data terpadu dari satu atau lebih sumber yang berbeda.

Database juga menyimpan data terkini dan historis di satu tempat, yang digunakan untuk menghasilkan laporan analitik.

Contoh database warehouse:

Microsoft SQL Server. Microsoft SQL Server adalah sistem basis data yang dikembangkan oleh Microsoft. Sebagai database server, sistem ini digunakan untuk menyimpan dan mengambil data atas permintaan aplikasi lain. Oleh karena itu, ini dapat berfungsi baik dari komputer yang sama atau dari komputer lain melalui Internet.

3. Distributed Database

Distributed Database adalah basis data di mana data disimpan di lokasi fisik yang berbeda atau tersebar tetapi dibagi dalam unit pusat. Seperti pusat data.

Database semacam itu dapat didistribusikan tidak hanya secara fisik, tetapi juga melalui jaringan komputer yang saling berhubungan.

Jenis database ini digunakan oleh perusahaan yang secara ketat mematuhi sensitivitas atau kerahasiaan data.

Contoh distributed database:

Microsoft Access (Office). Dengan database ini, pengguna dapat mengimpor data atau menghubungkannya langsung dengan data yang tersimpan di database lain. Basis data ini sangat cocok digunakan pada basis data terdistribusi karena penyimpanan file tidak memerlukan server basis data aktif dan oleh karena itu portabel (mudah dibawa-bawa).

4. Relational Database

Relational Database adalah database yang paling umum digunakan. Disebut relational karena data disimpan dalam beberapa tabel yang digabungkan untuk membentuk suatu relasi.

Jenis database ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti melacak inventaris, memproses transaksi penjualan, dan mengelola informasi pelanggan.

Contoh relational database:

MySQL. MySQL merupakan salah satu database yang paling populer untuk berbagai keperluan seperti penyimpanan data, manajemen transaksi e-commerce, penyimpanan data dan database website.

PostgreSQL. PostgreSQL adalah aplikasi manajemen basis data yang dapat menangani data yang lebih kompleks. Karenanya software tunggal ini banyak digunakan di situs web, aplikasi seluler, dan aplikasi analitik.

MariaDB. MariaDB adalah sistem database sumber terbuka yang kaya fitur dan menjaga kompatibilitas dengan MySQL. Sebut saja port dan soket, definisi tabel, API dan berbagai protokol.

MongoDB. MongoDB adalah basis data NoSQL yang dapat digunakan pengembang untuk mengembangkan berbagai jenis aplikasi dan situs web yang dapat diskalakan (scalable).

Oracle Database. Dalam penggunaannya, sistem Oracle mengacu pada struktur memori sisi server sebagai area sistem global mereka. Sistem domain global dapat menyimpan cache, perintah SQL, dan data pengguna.

SAP HANA. SAP HANA berperan penting sebagai database server yang menyimpan dan mengambil data sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Basis data ini juga dapat melakukan analitik tingkat lanjut seperti analitik prediktif, pemrosesan geospasial, analitik teks, dan lainnya.

IBM DB2. IBM Db2 serbaguna dan mendukung fungsi relasional dan non-relasional seperti JSON dan XML. IBM Db2 adalah sistem yang dibangun di atas produk DB2 untuk semua sistem operasi utama.

MemSQL. MemSQL adalah sistem manajemen basis data SQL terdistribusi dalam memori. MemSQL menerjemahkan SQL ke dalam kode mesin melalui proses pembuatan kode. jalan tengah Interbase memiliki footprint minimal, hampir tidak ada persyaratan manajemen, dan arsitektur multigenerasi. Interbase dapat digunakan pada sistem operasi Windows, macOS, Linux, Solaris, iOS dan Android.

More Coverage:

Firebird. Firebird adalah sistem SQL sumber terbuka yang berjalan di Mac OS X, Windows, Linux, dan sistem operasi unik lainnya.

Manfaat Database

1. Kecepatan dan Kemudahan

Sistem database menawarkan kemungkinan untuk memilih data ke dalam kelompok yang diurutkan dengan cepat. Perangkat dengan cepat mencari informasi yang diperlukan yang ditemukan. Kecepatan juga dipengaruhi oleh jenis database yang digunakan. Setiap jenis database menawarkan fitur yang berbeda.

2. Multi User

Database menyediakan akses mudah untuk banyak pengguna sekaligus. Sistem memungkinkan lebih dari satu pengguna untuk mengakses dokumen. Ini memudahkan pengoperasian mesin dan jaringan beberapa pengguna, karena penyimpanan hanya terdiri dari satu unit yang dapat diakses secara bersamaan.

3. Keamanan Data

Sistem database dengan bahasa pemrogramannya menjadi aman. Hanya pihak berwenang yang dapat mengakses informasi melalui alat kata sandi. Kontrol ini telah diterapkan pada hampir semua sistem basis data. Dengan cara ini, keamanan data menjadi prioritas untuk layanan sistem basis data.

4. Penghematan Biaya Perangkat

Untuk perusahaan besar yang membutuhkan pendataan padat, database pusat sudah cukup. Dengan cara ini, perusahaan tidak membutuhkan ruang penyimpanan di lokasi yang berbeda. Cabang perusahaan di lokasi terpencil dapat mengakses informasi dari pusat melalui Internet.

5. Pengelolaan Data Terpusat

Database membutuhkan tidak lebih dari satu server untuk menjalankannya. Server pusat cukup untuk menyimpan data, sehingga data tersedia untuk banyak pengguna. Ini menawarkan perusahaan harga yang kompetitif untuk berinvestasi dalam penyimpanan yang sangat penting.

Misalnya, kantor pusat perusahaan tidak perlu membuat data untuk setiap kelompok kerja. Setiap departemen dapat mengumpulkan data spesifik melalui server khusus untuk membuat laporan manajer menjadi ringkas.

6. Kemudahan Penggunaan

Jika perusahaan membutuhkan aplikasi entri data baru, pengembang tidak perlu membuat ulang struktur database yang terkait dengan perusahaan. Menggunakan struktur database yang dibuat sebelumnya sudah cukup untuk mengidentifikasi aplikasi data baru.

Nah, demikianlah rangkuman mengenai database dari pengertian, jenis-jenis, hingga manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again