1. DScovery

Statistik Adalah: Memahami Pengertian, Fungsi, Metodologi dan Contoh Aplikasinya

Statistik adalah sebuah analisa yang dilakukan dengan merubah angka-angka menjadi sebuah data berupa suatu informasi tertentu. Berikut ini pengertian statistik hingga alat analisanya.

Data adalah salah satu komponen yang dapat dijumpai dimana saja, data biasanya digunakan untuk membuat suatu keputusan dan berisi mengenai fakta yang sudah divalidasi. Upaya untuk mendapatkan sebuah data salah satunya dengan menggunakan statistik

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian statistik dan bagaimana caranya dalam memperoleh data, berikut penjelasan di bawah ini.

Pengertian Statistik

Statistik adalah sekumpulan angka baik yang sudah disusun maupun yang belum tersusun dalam suatu daftar atau grafik angka. Statistik juga diartikan sebagai kumpulan cara dan aturan dalam melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis dan penafsiran data yang terdiri dari angka-angka.

Angka dalam statistik dijelaskan sebagai kumpulan angka yang menjelaskan mengenai sifat dai datau atau hasil pengamatan yang telah dilakukan. Menurut J. Supranto, statistik dalam arti luas adalah ilmu yang mempelajari mengenai pengumpulan, penyajian, analisis data dan cara membuat kesimpulan melalui hasil penelitian secara keseluruhan.

Pada intinya statistik adalah sebuah ilmu yang akan mempelajari mengenai sebuah data dalam bentuk angka untuk dikumpulkan, diolah, dianalisis, ditafsirkan dan berikan kesimpulan.

Fungsi Statistik

Statistik membutuhkan sebuah susunan angka yang akan diolah dan menjadi data, oleh sebab itu terdapat berbagai fungsi dari adanya statistik. Berikut ini beberapa fungsi statistik:

  • Bank Data

Statistik dapat berfungsi sebagai bank data, maksud dari bank data disini adalah sebagai tempat informasi dikumpulkan dan dapat digunakan jika dibutuhkan. Data yang didapatkan melalui statistik dapat digunakan sebagai suatu informasi untuk memberikan hasil penelitian yang optimal dan meningkatkan efisiensi.

  • Quality Control

Quality control adalah salah satu fungsi statistik, karena dengan data statistik seseorang akan melihat kualitas terkait suatu hal. Melalui data statistik seseorang dapat memastikan bahwa persiapan dan perancangan akan suatu hal yang sedang dilakukannya dapat memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

  • Analysis tools

Fungsi lainnya dari statistik adalah sebagai analysis tools. Karena melalui statistik seseorang, kelompok, organisasi atau bahkan perusahaan akan terbantu untuk melakukan analisis terhadap topik tertentu. Pengolahan data statistik dapat menjadi bukti valid dan fakta yang dapat dipertimbangkan dalam sebuah proses analisis.

  • Pembuat keputusan

Statistik berfungsi sebagai pembuatan keputusan, karena melalui hasil riset data statistik seseorang akan mempertimbangkan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Metodologi statistik

Untuk dapat mengolah angka-angka menjadi sebuah data dibutuhkan cara atau metode tertentu sebagai pemecahan masalah, sehingga memungkinkan kumpulan angka tersebut menjadi sebuah data Berikut ini tahapan metode statistik:

  1. Identifikasi masalah

Identifikasi masalah adalah tahapan pertama yang digunakan dalam statistik. Pada tahapan ini seseorang akan berupaya untuk memahami dan mendefinisikan masalah apa yang sedang terjadi secara jelas. Definisi masalah ini digunakan untuk membantu seseorang mengenai apa yang ingin diketahui dan apa yang ingin diukur serta bagaimana caranya.

  1. Pengumpulan data

Pengumpulan data adalah metode statistik yang digunakan untuk mendapatkan angka-angka yang nantinya akan diproses dan dianalisis. Pengumpulan data ini dibedakan menjadi dua yaitu, data internal dan data eksternal. 

Data internal adalah data yang berkaitan dengan permasalahan secara langsung, sedangkan data eksternal adalah data yang bertujuan untuk mendukung statement atau hasil riset data utama.

  1. Klasifikasi data

Metode statistik selanjutnya adalah klasifikasi data, pada tahap ini data yang telah didapatkan sebelumnya akan dikelompokan berdasarkan tujuan dan identifikasinya. Identifikasi ini biasanya ditentukan berdasarkan pertimbangan tingkat kemiripan atau persamaan tiap data.

  1. Penyajian data

Metode statistik selanjutnya adalah penyajian data, tahapan ini akan membahas mengenai data yang sudah berhasil diklasifikasikan dan akan ditampilkan dalam bentuk grafik maupun tabel. Hal ini untuk menyusun data yang telah didapatkan sehingga akan lebih mudah dibaca dan dipahami.

  1. Analisis data

Analisis data adalah tahapan metode statistik yang digunakan untuk menginterpretasikan atau mendefinisikan hasil data untuk ditarik sebagai sebuah kesimpulan.

Contoh Aplikasi statistik

Untuk dapat mendapatkan data angka dibutuhkan tools atau alat yang dapat digunakan sebagai alat bantu pengambilan data. Berikut ini contoh aplikasi statistik yang dapat kamu gunakan:

  • SPSS (Statistical Package for the Social Sciences)

More Coverage:

SPSS adalah salah satu aplikasi statistik yang paling sering digunakan terutama dalam riset kuantitatif di perguruan tinggi. SPSS adalah program aplikasi statistik yang digunakan karena memiliki kemampuan analisis statistik yang cukup tinggi melalui berbagai menu deskriptif yang mudah dipahami. 

Penggunaan aplikasi spss biasanya sering digunakan untuk mengetahui data terkait perbaikan kualitas, riset pemasaran, riset pengaruh antara variabel x dengan y dan lain sebagainya.

  • SAS (Statistical Analysis System)

SAS adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk menganalisa data statistik. Aplikasi perangkat lunak ini bekerja dengan memberikan data melalui penyusunan tabel, import data,  perhitungan rata-rata hingga gambaran grafik data. SAS lebih sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan data statistik terkait, manajemen bisnis, IT atau manajemen suatu data.

  • Eviews

Eviews adalah aplikasi statistik yang dapat digunakan, perangkat lunak ini biasanya digunakan untuk keperluan riset akademik atau pengolahan data keuangan milik perusahaan. Tidak hanya dapat digunakan sebagai alat analisis statistik, tetapi eviews juga dapat digunakan dalam ekonometrika untuk data berjenis runtun-waktu.

Melalu pengertian serta penjelasan yang telah disampaikan di atas, maka dapat diketahui bahwa statistik digunakan untuk mendapatkan sebuah data dari kumpulan angka-angka dan digunakan sebagai bahan dasar pengambilan keputusan. Semoga informasi tersebut dapat membantu mu dalam memahami statistik dan alat yang dapat digunakan untuk membantu analisis mu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again