8 July 2014

by Yoga Wisesa

DataTraveler microDuo 3.0, Penyimpanan Eksternal Tambahan untuk Device Android Anda

Biasanya kabel data dan microSD merupakan medium utama kita dalam transfer dan backupfile dari perangkat Android ke PC. Metode lain seperti layanan integrasi cloud yang ada di Android memang menjanjikan, tapi tidak sepenuhnya praktis. Seandainya saja ada sebuah alat penyimpanan data fleksibel, seperti thumb drive untuk PC, tapi dibuat agar mendukung Android...

Berita baik, Kingston telah mengabulkan permintaan Anda. Produsen komponen memori asal Amerika Serikat ini mengenalkan DataTraveler microDuo 3.0. Seperti hard disk eksternal atau flash drive pada PC, DataTraveler microDuo 3.0 memungkinkan Anda menyimpan atau mentransfer file-file besar, seperti foto dalam jumlah banyak, video serta musik.

Bukan hanya menjadi medium penyimpanan tambahan yang praktis, DataTraveler microDuo 3.0 juga sangat berguna saat Anda memutuskan untuk melakukan factory reset pada perangkat Android tanpa harus repot-repot menyalakan PC, menyambungkan kabel data, ataupun mengeluarkan microSD.

 

Info menarik: Seagate Kembali Rilis Eksternal Hard Drive Model Wireless Plus, Kini Berkapasitas 500GB dan 2TB

 

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ES File Explorer di Google Play, dan pastikan perangkat Android tersebut sudah tersertifikasi sebagai device dengan USB On-The-Go. DataTraveler microDuo 3.0 memungkinkan proses transfer data yang mudah untuk tiga platform berbeda: komputer, smartphone dan tablet.

Dalam penggunaannya, Anda hanya perlu mencolokkan DataTraveler microDuo 3.0 ke slot yang tersedia, seperti thumb drive berbasis USB biasa. Ukurannya juga sangat mungil, dengan dimensi 27,63x16,46x8,56 milimeter, Anda bisa menyimpannya di saku. Lalu seberapa besar kapasitasnya? Kingston menawarkan varian 16GB, 32GB dan 64GB.

Seperti produk besutan Kingston lain, DataTraveler microDuo 3.0 juga cukup 'tahan banting'. Ia dapat digunakan dalam suhu 0° hingga 60° Celcius, walaupun penyimpanan tambahan mungil ini tidak tahan air. Kingston juga memberikan pengguna garansi selama lima tahun, ditambah dukungan teknis secara cuma-cuma.

 

Info menarik: Hard Disk Khusus Surveillance Terbaru Seagate Sudah Mulai Tersedia di Indonesia

 

Dengan memanfaatkan konektivitas USB 3.0, DataTraveler microDuo 3.0 memiliki kecepatan baca sebesar 70 megabyte per detik, dan kecepatan tulis 10 megabyte per detik. Untuk varian 32 dan 64 gigabyte-nya, kecepatan tulis mencapai 15 megabyte per detik. Perangkat penyimpanan ini mendukung sistem operasi Windows 8.1, Windows 8, Windows 8 RT, Windows 7, Windows Vista setelah update Service Pack, Mac OS X v.10.6 dan Linux v. 2.6.

DataTraveler microDuo 3.0 dapat digunakan ke bermacam-macam perangkat Android seperti Acer, Asus, BlackBerry Z30, Fujitsu, Huawei, HTC, Lenovo A3000, LG G2, Motorola Droid Razr HD, berbagai jenis device Samsung, Sony hingga Xiaomi - semua yang berjalan dengan versi OS 4.0 atau yang lebih baru. Anda bisa lihat daftar lengkapnya melalui link ini.

Walaupun DataTraveler microDuo 3.0 sudah diluncurkan secara resmi di Indonesia, belum ada informasi lebih lanjut soal harganya. Sebagai pedoman, tipe USB 2.0 yang sudah diluncurkan sebelumnya dibanderol dengan harga kurang lebih antara Rp 200-350 ribuan.