1. Lifestyle

Aplikasi Ini Mudahkan Anda Mengedit File Audio Layaknya Memakai Microsoft Word

Dikembangkan oleh Andrew Mason, salah satu pendiri sekaligus mantan CEO Groupon

Mengedit file audio, semisal memangkas wawancara yang tadinya berdurasi satu jam menjadi hanya 30 menit, tidaklah semudah mengedit dokumen dari 1.000 kata menjadi 500 kata. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mengeditnya secara presisi, namun tidak demikian apabila Anda menggunakan aplikasi bernama Descript berikut ini.

Pengembangnya menggambarkan Descript sebagai word processor untuk audio. Menggunakan Descript, Anda bisa melihat file audio apapun dalam bentuk teks, kemudian mengeditnya layaknya sedang menggunakan Microsoft Word. Sepintas terdengar mustahil? Awalnya saya juga berkata demikian.

Jadi ketika Anda membuka file audio menggunakan Descript, aplikasi akan langsung membuatkan salinan teks alias transkripnya secara otomatis. Descript memanfaatkan teknologi Google Speech untuk menghasilkan transkrip secara cepat, namun untuk sekarang yang bisa diedit barulah audio dalam bahasa Inggris.

Setiap kata bakal disinkronisasikan dengan audionya secara otomatis oleh Descript. Jadi ketika Anda menghapus sebagian teksnya, bagian spesifik dari audionya juga akan ikut dihapus. Saat suatu kata atau frasa dalam transkrip Anda pindah posisinya, proses yang sama juga akan diterapkan secara langsung pada file audionya.

Agar hasil editannya bisa lebih presisi, Descript juga menawarkan fitur waveform editor yang bisa dioperasikan secara manual. Menghilangkan atau menambahkan jeda antara satu kata dengan yang lain juga semudah menarik dari satu titik ke yang lain.

Untuk siapa aplikasi ini? Untuk para jurnalis, podcaster atau siapapun yang perlu mengedit audio berbasis teks. Descript bahkan juga bisa dipakai hanya untuk sekadar membuat transkrip saja kalau Anda mau.

Descript dikembangkan oleh Andrew Mason, salah satu pendiri sekaligus mantan CEO Groupon. Sejak meninggalkan Groupon, Andrew banyak bereksperimen dengan teknologi audio, dan sempat merilis aplikasi bernama Detour yang menawarkan tur berbasis audio untuk beragam lokasi menarik di dunia.

Descript awalnya dikembangkan sebagai salah satu fitur untuk Detour, namun Andrew akhirnya memutuskan untuk menciptakan aplikasi sekaligus startup terpisah. Sejauh ini Descript sudah mengumpulkan pendanaan sebesar $5 juta dari investor kenamaan Andreessen Horowitz.

Descript saat ini sudah tersedia untuk platform Mac dengan biaya berlangganan sebesar $20 per bulan ($10 selama masa promosi awalnya), plus tarif transkrip terpisah sebesar $0,07 per menit. Bagi yang hanya memerlukan kemampuan transkripnya saja, aplikasinya bisa diunduh secara cuma-cuma, akan tetapi tarif transkripnya lebih mahal di angka $0,15 per menit.

Sumber: The Verge dan Descript.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again