Categories

Berita

Developer Meetup Surabaya, Berikan Wawasaan Mendalam Seputar Tools Pengembangan dari Facebook

Facebook Developer Tools diharapkan mampu memberikan kepada developer opsi yang lebih banyak untuk meningkatkan kapabilitas produk inovasinya

Randi Eka - 11 August 2016

Facebook Developer Meetup kedua dilaksanakan di Surabaya, tepatnya di Forward Factory pada tanggal 11 Agustus 2016. Acara yang mengulas seputar developer tools yang dimiliki Facebook ini, ingin memberikan insight bagi para peserta sehingga memacu kreativitas dan ide-ide pengembangan aplikasi modern. Sebagai pemateri, hadir tim dari Facebook yang membawakan pemaparan seputar berbagai layanan Facebook untuk pengembang, serta tim dari DailySocial yang menampilkan demo hasil pengembangan aplikasi melalui Facebook Developer tools.

Dalam presentasinya, Alice Wei selaku Product Partnership Facebook, menyampaikan tentang berbagai alat pengembangan yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan menumbuhkan traksi aplikasi melalui kanal sosial. Dengan kekayaan pengguna dan platform yang dimiliki Facebook, Alice menjelaskan bahwa di dalamnya terdapat potensi yang dapat menguntungkan para developer lokal. Dicontohkan pemanfaatan Account Kit, yang memudahkan pengembang menghadirkan autentikasi SMS (yang nyaman untuk pengguna) guna memberikan rasa aman untuk perlindungan akun di layanan yang disinggahi.

"Saya sehari-hari bekerja mengembangkan game. Beberapa fitur Facebook yang pernah saya integrasikan di antaranya Facebook Login dan Social Feed. Kebutuhan lainnya dari penggunaan Facebook untuk pemasaran. Acara ini memberikan banyak wawasan seputar hal baru di Facebook Developer. FBStart adalah yang ingin saya eksplorasi sepulang dari sini," ujar Januar, Game Developer dari IplayAllDay Studio.

Parner Engineer Facebook Indonesia Ziyad Bazed turut menyampaikan materi menarik seputar Messenger Platform. Kini fitur tersebut memungkinkan developer untuk membuat bot yang dapat menjawab secara otomatis kebutuhan pengguna. Secara teknis implementasinya dijelaskan secara rinci. Dan benar saja, fitur ini lagi-lagi mendapatkan antusias luar biasa dari para peserta. Terlebih saat Yosef Sugiharto dari DailySocial mempresentasikan proyek Minerva yang sedang dikembangkan DailySocial, yakni Messenger Bot yang menjadi asisten pembaca DailySocial.

Banyak hal yang telah disampaikan ke acara ini. Diharapkan mampu menjadi bekal para pengembang untuk dapat memperluas cakupan layanannya. Tak hanya itu, turut disampaikan pula seputar ajakan kompetisi Facebook Hackathon yang menantang para developer lokal untuk berkreasi menggunakan Developer Tools yang telah dipresentasikan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter