1. Lifestyle

Developer Slightly Mad Studios Rangkul Bandai Namco untuk Bantu Publikasi Project CARS

Project CARS atau Community Assisted Racing Simulator adalah sebuah permainan simulasi balap yang melewati masa pengembangan paling unik. Seluruh dana pembuatan ditalangi oleh developer dan juga komunitas pecinta racing. Walaupun menjadi proyek independen yang sukses, mereka harus tetap memikirkan proses publikasi dan distribusi.

Berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 5 juta dengan merangkul komunitas berisi 85.000 pemain yang setia, developer Slightly Mad Studios akhirnya menjadwalkan agar Project Cars bisa dirilis secara umum pada bulan November depan. Sang developer memiliki harapan yang besar, mereka ingin permainan simulasi balapan yang menawarkan tingkat realisme tinggi ini membuatnya berbeda dengan beberapa game dengan pendekatan serupa.

Walaupun dibuat secara independen, sangat tak mungkin bagi Slightly Mad Studios untuk merilis CARS tanpa bantuan. Terdengar kabar bahwa mereka melakukan persetujuan dengan Bandai Namco untuk membantu sang studio merilis Project CARS di platform PC, Xbox One, PlayStation 4 dan Wii U.

 

Info menarik: Dari Trailer Terbarunya, Project CARS Adalah Game Racing Bergrafis Terbaik di Bumi

 

Andy Tudor sebagai representasi dari Slightly Mad menceritakan beberapa hal yang membuatnya sangat bangga pada Project CARS, "Kami memutuskan agar khalayak bisa melihat pengembangan game ini secara transparan semenjak tiga tahun lalu. Kini terdapat ribuan video di YouTube dengan permain dari berbagai kalangan - baik gamer maupun pengemudi profesional."

"Ada sebanyak ratusan ribu screenshot [Project CARS] yang beredar di internet, kami telah diliput oleh ratusan majalah dan website, gamer membicarakan permainan kami di forum dan sosial media, kami juga berkesempatan hadir dalam pameran dan konfrensi besar," tuturnya. "Hingga kini kami belum mengeluarkan sepeser uang pun untuk proses pemasaran."

Menurutnya, berita apapun yang Anda dapatkan tentang Project CARS sejauh ini datang dari sesama gamer yang telah memainkannya, atau langsung dari tim pengembang. Tidak ada 'tim manajemen' yang yang mengelola publikasinya.

 

Info menarik: Project CARS Adalah Game Pertama yang Mendukung Project Morpheus Sony

 

Slightly Mad Studios mengerti bahwa mereka tidak memiliki tim khusus ataupun modal yang besar untuk pemasaran seperti publisher multinasional, tapi mereka memiliki reputasi terpercaya. "Project CARS adalah puncak dari seluruh pengalaman dan kemampuan kami sebagai sebuah tim," ungkap Tudor dengan puas.

Walau begitu, tetap saja mereka membutuhkan platform distribusi yang handal agar karya digital yang Slightly Mad banggakan bisa sampai ke tangan konsumen di seluruh dunia. Bergandengan tangan dengan Bandai Namco adalah salah satu jalan untuk menuju ke sana, apalagi perusahaan asal Jepang ini mempunyai banyak pengalaman dalam proses publikasi video game.

Pertanyaannya adalah, apakah Bandai Namco akan menjadi satu-satunya publisher Project CARS? Sepertinya besar kemungkinan bahwa Slightly Mad Studios juga akan memanfaatkan Steam sebagai platform distribusi digital.

Bisa jadi, Bandai Namco hanya akan bertanggung jawab pada produksi dan distribusi kopi fisik saja - seperti yang diterapkan oleh CD Projekt Red saat merilis The Witcher 2: Assassins of Kings buatan mereka.

Sumber: Ubergizmo & Gamasutra. Gambar header: WMDPortal.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again