Categories

Misc

Di Lintasan Punya Nike Ini, Pelari Bisa Balapan Melawan Versi Digital Diri Mereka

Konsep ini sering ditemui dalam permainan video ber-genre racing.

Yoga Wisesa - 15 May 2017

Dalam permainan video ber-genre balapan, satu fitur gameplay yang cukup sering ditemukan ialah kemampuan game mengadu pemain dengan 'hantu' atau rekaman pertandingan dari sesi sebelumnya - boleh jadi merupakan bayangan digital Anda sendiri atau orang lain. Konsep ini ternyata bisa ditemukan di dunia nyata lewat terobosan yang diperkenalkan oleh Nike.

Dibantu perusahaan periklanan Bartle Bogle Hegarty, ide tersebut Nike implementasikan pada ranah olahraga. Belum lama ini, raksasa asal Oregon itu memperkenalkan instalasi Nike Unlimited Stadium di kota Manila, Filipina. Seperti dalam video game, di sana para pelari bisa adu cepat melawan versi digital dari diri mereka. Ide di belakang inovasi unik ini sebetulnya cukup sederhana, yaitu buat mendorong kita mencetak rekor baru.

Untuk berkompetisi dengan 'hantu' tersebut, pelari perlu menempatkan sensor identifikasi frekuensi radio di sepatu sneaker. Lalu, Anda diminta berlari di lintasan agar sistem bisa melakukan perekaman sekaligus menentukan waktu putaran tercepat. Di sesi selanjutnya, Nike Unlimited Stadium siap menampilkan avatar atau versi digital diri di rangkaian layar LED yang diposisikan di sekitar arena.

Nike Unlimited Stadium menyajikan lintasan sepanjang 200-meter yang didirikan di satu blok kota Manila. Bangunan ini merupakan kreasi dari divisi Singapura Bartle Bogle Hegarty, sengaja didesain agar menyerupai bentuk sol sepatu lari Nike Lunar Epic. Selain layar LED, lintasan juga dihias oleh warna-warni lampu. Karena sistem yang kompleks, Nike Unlimited Stadium hanya menunjang maksimal 30 orang pelari di satu sesi balapan.

Stadion ini bukanlah karya unik pertama Bartle Bogle Hegarty di ranah olahraga lari. Perusahaan ini cukup sering membangun instalasi-instalasi canggih untuk Nike. Satu contohnya saat Nike melangsungkan event  balap lari di Jakarta pada tahun 2015. Waktu itu, BBH 'meretas' bangunan untuk menampilkan data real-time pelari (misalnya kecepatan) dan memposisikannya di sisi terluar gedung.

Lalu buat membantu promosi sepatu Nike Hypervenom, Bartle Bogle Hegarty Asia Pasifik memberikan kesempatan bagi penduduk Bangkok berpartisipasi dalam pertandingan sepak bola virtual, di mana mereka ditantang untuk mengindari pemain bertahan digital - mendorong mereka mengeluarkan seluruh kemampuan menggocek dan menendang dengan akurat.

Belum ada informasi sampai kapan Nike Unlimited Stadium Manila ini berdiri dan apakah instalasi serupa juga akan dibangun di kota-kota lain.

Nike – Unlimited Stadium from ZAM on Vimeo.

Via Digital Trends. Sumber: Bartle Bogle Hegarty.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter