Dinas Pos Perancis Mulai Kirimkan Barang Menggunakan Drone

Dinas Pos Perancis Mulai Kirimkan Barang Menggunakan Drone

Kini telah masuk tahap eksperimen dengan jadwal tetap setiap minggunya
Ilustrasi drone pengirim barang / Pixabay
Ilustrasi drone pengirim barang / Pixabay

Pengiriman barang menggunakan drone sudah bukan berupa angan-angan lagi. Belum lama ini, Amazon sudah membuktikannya dengan mengantarkan pesanan seorang konsumen di Inggris menggunakan drone. Dan ternyata bukan cuma pihak swasta yang berniat mewujudkan impian ini.

Belum lama ini, dinas pos Perancis, La Poste, mengumumkan bahwa mereka telah memulai program pengiriman barang menggunakan drone. Meski masih disebut sebagai eksperimen, program ini sudah punya jadwal tetap, yakni sekali setiap minggunya, melalui rute sepanjang kurang lebih 14,5 kilometer.

Setiap minggunya, drone akan ditugaskan untuk mengirim parsel ke sejumlah perusahaan teknologi yang tertarik untuk berpartisipasi dalam program eksperimental ini. Program ini sendiri dimulai oleh anak perusahaan La Poste, DPDgroup, yang sudah mengerjakannya bersama perusahaan drone Atechsys sejak pertengahan tahun 2014.

Drone yang digunakan merupakan sebuah hexacopter bersasis serat karbon, dengan jarak tempuh maksimum 20 km dan kecepatan maksimum 30 km/jam. Ia sanggup mengangkut beban hingga seberat 3 kilogram, dan sistem navigasinya bisa menerima sekaligus memancarkan sinyal hingga sejauh 50 km. Terdapat sebuah parasut yang ditujukan untuk pendaratan darurat.

Program ini didasari oleh keberhasilan DPDgroup menguji drone pengirim barangnya pada bulan September tahun lalu, dimana mereka sukses mengantarkan parsel seberat 1,5 kg sejauh 14 km. Harapan ke depannya program ini dapat terus dilaksanakan demi memudahkan pengiriman ke lokasi-lokasi terpencil maupun yang sulit diakses oleh kendaraan darat, semisal area pegunungan.

Sumber: Motherboard dan DPD. Gambar header: Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Misc
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…