5 January 2016

by Glenn Kaonang

DJI Kembali Perkenalkan Drone Baru, DJI Phantom 3 4K

Hadirkan kemampuan merekam video 4K dalam harga yang lebih terjangkau

Sejauh ini lini drone DJI Phantom 3 terdiri dari 3 model: Phantom 3 Professional, Phantom 3 Advanced dan Phantom 3 Standard. Ketiganya menawarkan kemampuan yang berbeda tergantung budget konsumen; model Professional bisa merekam video 4K, model Advanced sama persis hanya opsi perekamannya terbatas pada 2,7K, sedangkan model Standard yang paling murah masih mirip tapi tidak dibekali teknologi transmisi sinyal Lightbridge yang punya jangkauan amat jauh.

Di tahun yang baru ini, DJI kembali memperkenalkan model baru dari lini Phantom 3, yakni DJI Phantom 3 4K. Sesuai namanya, drone ini sanggup merekam video dalam resolusi 4K. Penggunaan sensor Exmor buatan Sony memastikan kualitas gambarnya konsisten, sedangkan keberadaan gimbal 3-axis yang sudah menjadi senjata andalan DJI sejak Phantom 2 Vision+ memastikan video tetap stabil dalam kondisi apapun.

Dari segi navigasi, ia juga identik dengan model Professional dan Advanced. Utamanya adalah kehadiran sensor ultrasonik yang akan sangat membantu ketika ia harus terbang di dalam ruangan – model Standard tidak dilengkapi fitur ini. Mode penerbangan otomatis pun juga tersedia, malahan daya tahan baterainya sedikit lebih baik di angka 25 menit.

Lalu apa yang membedakan Phantom 3 4K dari Phantom 3 Professional? Jawabannya lagi-lagi adalah teknologi Lightbridge. Phantom 3 4K memanfaatkan koneksi Wi-Fi standar untuk meneruskan data menuju smartphone atau tablet.

Hal ini berarti ia cuma bisa meneruskan video yang tengah direkam dalam resolusi 480p 30 fps, dengan jangkauan sekitar 1,2 km. Bandingkan dengan teknologi Lightbridge milik model Professional dan Advanced yang sanggup meneruskan video 720p dari jarak 2 km.

Terlepas dari itu, DJI Phantom 3 4K masih akan sangat menarik di mata konsumen yang mendambakan opsi perekaman 4K, tapi budget-nya cukup terbatas. Banderol harga resmi yang ditetapkan adalah $999, menjadikannya $200 lebih mahal daripada Phantom 3 Standard – tapi sebagai gantinya Anda mendapat kemampuan merekam video 4K serta ketangkasan mengudara di dalam ruangan.

Kendati demikian, kehadiran Phantom 3 4K ini menurut saya justru bisa membuat konsumen makin kebingungan memilih. Mengapa? Karena Phantom 3 Advanced juga dihargai $999, yang berarti pengguna harus memilih antara mengorbankan kemampuan 4K (Phantom 3 Advanced), atau teknologi Lightbridge (Phantom 3 4K).

Sumber: B&H Photo Video dan DJI.