Categories

Gadget

Driver Resmi Xbox One Controller Untuk Windows PC Sudah Tersedia

Yoga Wisesa - 9 June 2014

Minggu lalu, para pengguna PC bisa tersenyum girang. Setelah beberapa bulan silam seorang pengguna YouTube berhasil mengoprek controller Xbox One agar bisa digunakan di PC, akhirnya Microsoft merilis sebuah hal yang telah mereka janjikan semenjak bulan Agustus tahun lalu: driver resmi untuk controller Xbox One sehingga bisa berjalan optimal di PC berbasis Windows.

Kabar ini diumumkan oleh Larry Hryb alias Major Nelson dari situs pribadinya. Ia mengungkapkan, “Mulai hari ini, driver controller Xbox One untuk PC sudah tersedia untuk di-download, menyajikan kualitas yang lebih baik dalam menggunakannya. Kami berencana untuk merilis driver ini sebagai bagian dari update Windows dalam waktu dekat; namun hari ini saya bahagia untuk menawarkan akses dini para PC gamer yang mampir di MajorNelson.com.”

Menurut banyak orang, controller Xbox 360 merupakan controller paling fleksibel dan paling nyaman dibandingkan rancangan gamepad lain. Dengan alasan itu, controller Xbox One akhirnya diluncurkan dengan rancangan yang tidak terlalu jauh berbeda dengan sang pendahulu. Nyatanya, terdapat 40 lebih perubahan yang Microsoft berikan dalam gamepad terbaru mereka.

Microsoft telah memperbaiki bagian D-pad hingga lebih nyaman, mendesain ulang ruang baterai, rancangan yang lebih ergonomix, tanpa ada baut yang terlihat hingga stik analog yang nyaman dan intuitif. Driver Windows PC ini akan memungkinkan controller Xbox One dapat digunakan untuk memainkan game yang mendukungnya.

 

Info menarik: Game Android Pilihan 26 – 31 Mei 2014

 

Yang Anda perlu lakukan hanyalah mengunduh serta menginstal driver ke PC dan menyambungkan controller tersebut ke komputer dengan kabel micro USB. Dengan begitu, controller dapat langsung bisa digunakan.

Menurut mereka yang sudah menjajalnya, sedikit kekurangan pada controller Xbox One adalah baru sedikit permainan yang secara resmi mendukungnya. Itu berarti fitur haptic feedback hanya bisa dirasakan pada game multi-platform modern seperti Titanfall. Karena pada dasarnya, game-lah yang harus memerintahkan motor untuk berputar. Saat ini hampir semua game membaca controller Xbox One sebagai gamepad Xbox 360. Dan sejauh ini pula, Microsoft belum menyediakan dongle wireless. Sehingga Anda tetap harus menggunakan kabel untuk menyambungkannya ke komputer.

“Kami tahu banyak dari para fans yang menginginkan kompatibilitas PC, kami tahu mereka ingin bisa menggunakan controller Xbox One untuk mengakses game dan aplikasi yang mendukung controller Xbox 360,” lanjut Major Nelson.

Xbox One Wireless Controller sudah tersedia di toko-toko retail lokal. Harganya berkisar antara Rp 770 ribu hingga Rp 800 ribuan. Untuk driver-nya sendiri bisa langsung Anda unduh di sini: OS versi x86 dan x64.

Sumber: MajorNelson.com. Gambar header: Xbox.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter