24 March 2014

by Yoga Wisesa

Dua PC All-in-One Gaming MSI Kini Dipersenjatai GPU Nvidia Mobile Terbaru

Kita pikir kita sudah melihat semuanya: console game, console handheld game, notebook gaming, 'ultrabook' gaming hingga VR gaming. Tapi MSI-lah yang memiliki ide 'nyeleneh' dalam merancang dua produk PC All-in-One bertema gaming mereka. Sebagai penerus AG2712A, AiO gaming baru AG220 dan AG240 juga ditenagai kartu grafis Nvidia mobile teranyar.

Banyak orang skeptis dengan masa depan ide radikal yang MSI usung ini, namun faktanya AG2712A sempat memenangkan CES Innovation Award di tahun ini.

Hal tersebut membuktikan bukan hanya perkiraan kita yang salah, namun lini AiO gaming memang memiliki potensi dan inovasi baru yang banyak orang tidak ketahui. Saya akan mencoba bahas hal tersebut mulai dari bagian hardware terpenting lebih dahulu.

 

Info menarik: MSI Luncurkan PC Barebone Gaming Pertama Mereka, MSI Nightblade

 

Baik AG220 dan AG240 memiliki sumber tenaga yang berasal dari chip Haswell terbaru Intel. Keduanya memanfaatkan kartu grafis discreet Nvidia terbaru, GeForce GTX 860M yang sudah 'ditempa' secara khusus untuk kebutuhan gaming, ditambah fitur game networking accelerator bernama Killer yang ternyata sangat digemari oleh para atlet eSport.

Perbedaan antara kedua tipe AiO gaming MSI ini hanya terdapat pada jenis CPU yang digunakan - antara Intel COre i7-4700HQ berkecepatan 2,4GHz dan i5- 4200H dengan 2,8GHz, serta ukuran layar. AG220 memiliki layar 21,5-inci dan AG240 23,6-inci. Namun jika dilihat dari fitur dan teknologi, kedua produk ini tidak memiliki banyak perbedaan. Dan MSI masih mengusung beberapa hal yang membuat AG2712A sukses, tentunya dengan revisi terbaru.

AG220 dan AG240 merupakan PC yang sangat bersahabat dengan bola mata Anda. Mereka memiliki tiga lapisan khusus yang menjaga mata tetap nyaman di depan layar. Pertama, layar LED PC All-in-One dilengkapi dengan teknologi anti-glare dengan lapisan matte. Hal tersebut memungkinkan produk digunakan dimana saja, baik ruangan yang rendah cahaya hingga secara teori, untuk bermain game di halaman rumah.

Terdapat pula fitur anti-flicker yang khusus dikembangkan oleh MSI. Teknologi ini menstabilisasi arus listrik dan mencegah efek flicker yang biasa muncul di layar. Anti-flicker membuat konsumen tahan lebih lama di depan komputer dengan meminimalisir tingkat kelelahan di mata.

 

Info menarik: Program AMD Gaming Evolved Kembali Diperkuat Oleh Tiga Developer Ternama

 

Berbeda dengan teori lama yang menyebutkan bahwa bermain game tidak baik untuk mata, sebenarnya menikmati video game bertempo cepat dengan resolusi tinggi (1080p ke atas sangat disarankan) serta tingkat framerate 40 lebih mampu memperlampat efek penuaan pada mata. Tambahkan itu dengan fitur MSI ini, maka bermain game bukan hanya mengasyikkan tapi juga menyehatkan.

Kedua produk ini adalah AiO gaming pertama yang memanfaatkan kartu grafis GTX 860M. Walaupun MSI tidak menjelaskannya, saya menerka mereka menggunakan varian berarsitektur Maxwell yang memiliki GPU clock boost lebih tinggi dan lebih rendah kebutuhan listrik.

Fitur lain yang menjadi andalan MSI adalah Killer LAN untuk mengoptimalisasi jaringan internet secara lokal dan meminimalisir tingkat latency saat streaming data. Bukan hanya untuk game, konsumen bisa menikmati video-video di YouTube dengan lebih mulus.

Hal-hal terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah dukungan teknologi Super RAID 2 dan Plextor True Speed Performance sebagai fitur penting akses dan penyimpanan data super-cepat. Dan seperti pendahulunya, AG220 serta AG240 dibuat dengan komponen berkelas militer untuk memastikan daya tahan dan stabilitas tinggi hampir semua tempat (toilet dan kamar mandi tidak termasuk).

MSI belum mengumumkan harganya di pasar lokal, tapi Anda bisa lihat spesifikasi lengkapnya di bawah ini:

Sumber gambar header: Techpowerup.com.