1. Startup

Dua Startup Asal Indonesia Terpilih Mengikuti Ajang Founder Institute Graduate Award

Jaringan accelerator startup global, Founder Institute secara resmi mengumumkan sejumlah startup yang berhasil masuk ke dalam nominasi penghargaan tahunan Founder Institute Graduate Awards (FIGA). Dalam ajang penghargaan ini, dua startup asal Indonesia berhasil masuk menjadi nominee dan mewakili nama Indonesia dalam bersaing dengan banyak startup di dunia.

Ajang penghargaan FIGA sendiri merupakan suatu bentuk inisiatif dari Founder Institute dalam memberikan apresiasi tertinggi bagi banyak insan startup dunia yang dinilai memiliki kinerja terbaik sepanjang tahun 2013 kemarin. Penghargaan ini secara konsisten diadakan tiap tahun dengan proses seleksi yang cukup ketat dari ribuan startup yang terdaftar sebagai startup binaan Founder Institute di setiap negara.

Melalui halaman pengumuman daftar nominasi lengkap yang dirilis, terdapat sebanyak 87 startup berhasil masuk dalam 11 kategori penghargaan yang beragam mulai dari kategori keseluruhan, kategori terbaik per regional, hingga kategori CEO wanita terbaik. Tahun ini, Founder Institute mengklaim telah melakukan seleksi di lebih dari 1.000 startup yang tersebar di seluruh jaringan inkubator Founder Institute di seluruh dunia, termasuk Indonesia dengan Jakarta Founder Institute (JKTFI).

Siapakah dua startup yang dimaksud? Adalah TravelCar dan Pouch yang dianggap layak masuk dalam nominasi ajang FIGA tahun ini. Baik TravelCar dan Pouch keduanya sama-sama masuk ke dalam kategori nominasi startup terbaik dalam regional Asia.

Bersaing dengan lima startup lainnya dalam kategori startup terbaik se-Asia, TravelCar dan Pouch memiliki potensi yang tak kalah dengan para pesaingnya. TravelCar yang merupakan startup lulusan JKTFI di tahun 2013 ialah satu-satunya startup dalam kategori tersebut yang fokus melayani jasa sewa mobil secara interaktif dan memiliki model bisnis yang jelas dan berpotensi.

Begitu pula halnya dengan Pouch, startup yang memiliki produk aplikasi ini mengusung layanan stamp voucher atau bisa disebut kartu loyalti digital dalam bentuk QR Code yang dapat digunakan layaknya layanan daily deals di berbagai merchant. Dengan masuk ke bisnis online retail, Pouch juga memiliki model bisnis yang menjanjikan.

Dalam ajang penghargaan FIGA, selain penilaian yang dilakukan oleh tim Founder Institute, para nominee juga wajib mengumpulkan suara sebanyak mungkin untuk nantinya dapat dijadikan basis penilaian lebih lanjut. Untuk mendukung TravelCar dan Pouch, Anda bisa mengirimkan tweet dukungan yang dapat dilakukan langsung di halaman ini.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again