Interview

Dukungan Alpha JWC Ventures untuk Startup Indonesia di Tahun 2022

Akan memberikan investasi kepada 8-10 startup sepanjang tahun 2022, khususnya di pendanaan awal hingga seri A

Setelah berhasil menutup dana kelolaan ketiga senilai $433 juta akhir tahun 2021 lalu, banyak rencana yang ingin dilancarkan oleh Alpha JWC Ventures. Masih fokus berikan pendanaan sekitar 80% kepada startup Indonesia, mereka ingin memberikan dukungan lebih kepada sebagian besar startup yang telah masuk dalam portofolio mereka atau melakukan follow-onfunding.

Kepada DailySocial.id, Partner Alpha JWC Ventures Eko Kurniadi mengungkapkan, dengan dana kelolaan baru ini mereka memiliki rencana memberikan investasi kepada 8-10 startup setiap tahun, khususnya di pendanaan awal hingga seri A.

"Kami baru menutup Fund III di akhir tahun 2021, namun kita sudah mulai berinvestasi sejak pertengahan tahun 2021. Alpha JWC memiliki rate of investment sangat cepat sesuai dengan ekspektasi, karena pasar saat ini sedang bagus. Di awal tahun 2022, meskipun ada sedikit situasi makro, kita melihat khususnya di early stage tidak slowing down," kata Eko.

Tercatat di tahun 2021, mereka telah memiliki 4 unicorn dalam portofolionya (Carro, Kredivo, Ajaib, Kopi Kenangan), dengan 14 centaur. Tahun lalu juga diklaim menjadi sangat penting bagi Alpha JWC, karena perusahaan telah berinvestasi dalam 29 kesepakatan (deals) dengan nilai lebih dari $80 juta; dan menyambut 18 startup baru di Asia Tenggara ke dalam portofolionya.

More Coverage:

East Ventures Umumkan Penerapan Aspek ESG dalam Berinvestasi

Perusahaan-perusahaan baru tersebut termasuk agregator e-commerce  UnaBrands; platform aftermarket otomotif online dan offline Carro; dan SaaS untuk bisnis makanan dan minuman ESB.

"Saat ini kita masih fokus kepada pendanaan awal hingga tahapan seri A. Namun jika dilihat dari makin baiknya pertumbuhan pasar saat ini, tidak menutup kemungkinan sebagai venture capital Alpha JWC dengan pendanaan yang lebih besar akan memberikan investasi hingga ke seri C," kata Eko.

Tren startup di tahun 2022

Tahun ini Alpha JWC Ventures mencatat ada beberapa kategori startup yang menjadi prioritas mereka dan diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang positif. Di antaranya adalah fintech dengan beberapa sub-kategori yakni wealth management, digital bank, dan service infrastructure seperti bank as a services.

More Coverage:

Better Bite Ventures Fokus Danai Startup di Segmen Protein Alternatif, Indonesia Masuk Target Pasar Utama

Kategori kedua adalah commerce, terutama untuk e-groceries dan quick commerce. Selain Otomotif yang juga masih menjadi perhatian Alpha JWC, platform yang menawarkan produk untuk ibu dan bayi hingga produk kecantikan juga diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang makin baik tahun ini. Termasuk di dalamnya platform D2C yang diprediksi akan melahirkan 2-3 pemain unggulan tahun ini.

Sementara untuk untuk platform segmen B2B seperti marketplace platform dan SaaS, terutama mereka yang menyasar UMKM, masih menjadi perhatian dari Alpha JWC. Termasuk di dalamnya pemain yang fokus menyelesaikan rantai pasok di industri FMCG, aquaculture, dan agriculture. Kategori terakhir yang dilihat akan terus menjadi populer sepanjang tahun adalah web 3,0 seperti blockchain, NFT, dan lainnya.

"Saya juga mulai melihat ratio model business seperti buy and build mulai diterapkan di vertikal lain contoh F&B. Menjadi ideal bagi operator jika ada brand yang bagus kemudian dibeli dan dibesarkan. Konsepnya serupa dengan ratio model," kata Eko.

Disinggung seperti apa dukungan Alpha JWC untuk startup yang masuk dalam program akselerasi dan inkubator, disebutkan oleh Eko tahun ini mereka juga akan menambah dukungan kepada program tersebut. Dilihat dari makin berkembangnya ekosistem startup saat ini, menjadikan semua pihak membantu untuk bisa tumbuh bersama.

Program akselerasi dan inkubator bisa dibilang sebagai manifestasi dari proses tersebut. Dalam hal ini Alpha JWC akan memberi dukungan dari sisi kemitraan dan melihat perusahaan yang diinkubasi lebih mendalam. Ke depannya, Alpha JWC akan fokus melanjutkan upaya membantu para founder membangun bisnis yang terukur, berkelanjutan, dan sukses pada tahun 2022.

More Coverage:

[Video] Cara Arise Dukung Startup Indonesia

"Meskipun saat ini masih dalam masa pandemi dan tantangan yang dihadapi semua startup masih sama, namun tahun ini kita akan melihat siapa dari mereka yang bisa tampil lebih unggul di tengah persaingan yang makin sengit dengan makin banyaknya kehadiran startup baru. Saat ini menjadi ajang pembuktian bagi mereka untuk bisa menjadi startup terbaik," kata Eko.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter