3 February 2015

by Glenn Kaonang

Egoista, Mobil Balap Ramah Lingkungan

Mobil listrik dan mobil hybrid menjadi tren karena segudang manfaat yang sanggup diberikan. Salah satunya adalah efisiensi energi, dimana mobil-mobil ini biasanya mampu menempuh ratusan kilometer dengan hanya ditenagai oleh energi listrik saja.

Manfaat lain dari mobil listrik dan mobil hybrid menyangkut kelestarian Bumi, dimana emisi CO² yang dihasilkan sangat rendah atau hampir tidak ada sama sekali. Efisien dan ramah lingkungan, wajar jika teknologi ini menjadi prioritas industri otomotif.

Dalam perkembangannya, tidak jarang mobil ramah lingkungan ini dicela akibat performanya yang tergolong ‘memble’. Sejatinya sudah ada beberapa mobil ramah lingkungan yang mampu berlari kencang – Porsche 918 Spyder (hybrid) dan Tesla Model S (listrik) – akan tetapi belum ada yang benar-benar dirancang sebagai mobil balap ramah lingkungan.

Sebuah tim penggiat otomotif asal Itali ingin merealisasikan ide gila tersebut, yakni menciptakan mobil ramah lingkungan yang benar-benar didesain untuk para pencintra adrenalin. Melalui situs crowdfunding Indiegogo, Egoista Motors pun lahir.

 

Info menarik: Renovo Coupe, Mobil Muscle Full Elektrik Berbekal Chip Nvidia

 

Produk pertama Egoista Motors adalah EM01 Stradale, yang merupakan mobil bergaya Formula 1 yang ramah lingkungan, terjangkau dan yang paling penting, legal untuk dikemudikan di jalanan. Sesuai namanya, mobil ini memang ditujukan bagi mereka yang berjiwa egois sehingga kapasitas penumpangnya pun hanya satu. Lebih penting lagi, mereka haruslah bersikap cuek ketika tampil sangat berbeda dengan mengemudikan mobil ini di jalanan.

EM01 Stradale hadir dalam dua varian: full elektrik atau hybrid. Varian elektrik adalah opsi yang paling ‘hijau’. Varian ini sama sekali tidak menghasilkan emisi CO² dan tidak bising. Jarak tempuhnya mencapai 300 km untuk satu kali charge.

Varian hybrid-nya sebenarnya tidak kalah ‘hijau’ ketimbang varian elektriknya. Emisi CO² yang dihasilkan masih tergolong rendah, tetapi ia mampu memberikan raungan mesin yang ‘merdu’ bagi mereka yang gemar mengebut. Varian ini menggunakan mesin motor dan motor elektrik sebagai penghasil dayanya. Tambahan mesin motor ini juga berjasa atas jarak tempuh ekstranya yang mencapai 450 km.

 

Info menarik: Elio, Mobil Roda Tiga yang Amat Efisien dan Berharga Terjangkau

 

Performa EM01 Stradale sendiri tergolong ‘mengerikan’ jika dibandingkan dengan mobil-mobil konvensional. Akselerasi 0–100 km/jam dapat ditempuhnya hanya dalam waktu 3 detik, dan kecepatan maksimumnya bisa mencapai lebih dari 300 km/jam.

Lalu bagaimana dengan harganya yang saya bilang terjangkau? Anda hanya memerlukan $10.000 untuk varian elektrik, sedangkan varian hybrid-nya dihargai $15.000. Murah sekali? Karena Anda harus merakitnya sendiri, jadi Egoista Motors hanya akan mengirimkan komponen-komponennya.

Jika Anda menginginkan versi jadinya untuk langsung digeber di jalanan, Anda perlu menyediakan $20.000 untuk varian elektriknya, dan $25.000 untuk varian hybrid-nya. EM01 Stradale akan dirakit dan diproduksi langsung di negara asalnya.

Jadi, sudah siapkah Anda mengebut tapi tidak merusak Bumi? Jika iya, saran saya: jangan bawa mobil ini ke kota Jakarta. Yang akan terjadi hanyalah Anda berusaha menyelamatkan Bumi dengan kecepatan rata-rata 10 km/jam akibat terjebak macet.